Akhir-akhir ini, Coronavirus sudah menyerang banyak orang di berbagai negara bahkan sampai menelan korban jiwa. Infeksi COVID-19 ini terjadi pertama kali di kota Wuhan, China dan sudah menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Agar terhindar dari infeksi virus ini, ada beberapa cara yang wajib dilakukan untuk mencegah virus Corona. Berikut ini cara-cara serta penjelasannya. 

Beberapa langkah untuk mencegah virus Corona 

Sampai saat ini, belum terdapat pengobatan yang mampu menyembuhkan infeksi virus Corona. Maka dari itu, WHO menghimbau masyarakat untuk tidak menganggap sepele penyakit ini dan selalu melakukan tindakan pencegahan. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Mencuci tangan dengan benar

Cara mencegah virus Corona yang pertama yaitu mencuci tangan dengan benar. Saat mencuci tangan, lakukan setidaknya selama 20 detik. Selain itu, pastikan seluruh bagian tangan termasuk sela-sela jari, kuku, pergelangan tangan, dan punggung tangan dicuci hingga bersih dengan sabun. 

Apabila Moms sulit untuk menemukan air, Moms bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60% agar dapat lebih efektif untuk membasmi kuman. 

Cucilah tangan dengan teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah membuang sampah, setelah menggunakan toilet, sebelum menyusui bayi, dan setelah bersin atau batuk. 

2. Menggunakan masker

Menggunakan masker juga merupakan cara untuk mencegah virus Corona. Cara menggunakan masker yang benar yaitu sisi berwarna harus berada di luar, dan sisi berwarna putih berada di dalam. Gunakan masker hingga menutupi hidung dan dagu.

Dan saat melepaskan masker, hindari menyentuh bagian depan masker karena penuh dengan kuman. Jangan lupa untuk mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelah melepas masker, ya. 

3. Menjaga daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh menjadi salah satu cara untuk mencegah virus Corona. Dalam menjaga daya tahan tubuh, Moms disarankan untuk mengonsumsi makanan yang sehat serta berprotein. Konsumsi suplemen yang sesuai dengan anjuran dokter juga bisa membantu Moms menjaga daya tahan tubuh. 

Pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak mengonsumsi minuman alkohol dan tidak merokok juga dapat membantu Moms dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

4. Menerapkan physical distancing serta isolasi mandiri

Physical distancing merupakan langkah penting lainnya yang harus dilakukan untuk memutus penyebaran virus Corona. Ini bisa dilakukan dengan tidak bepergian keluar rumah, kecuali jika ada keperluan mendesak seperti berobat dan membeli bahan makanan, dan juga menjaga jarak satu sama lain minimal 1 meter. 

Selain itu, isolasi mandiri juga dianjurkan bagi orang yang beresiko tinggi terkena infeksi virus, seperti orang yang memiliki penyakit bawaan seperti diabetes dan hipertensi serta orang lanjut usia.

5. Membersihkan rumah dan rutin melakukan desinfeksi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mencegah virus Corona yaitu dengan menjaga kebersihan rumah. Hal ini dilakukan karena virus Corona terbukti mampu bertahan hidup selama berjam-jam di permukaan benda. 

Maka dari itu, penting bagi Moms untuk rutin membersihkan rumah dan melakukan desinfeksi menyeluruh pada perabotan dan peralatan rumah. 

Baca juga: Penting Diketahui! Inilah Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like