Pola tidur yang berantakan akan mempengaruhi aktivitas Moms sehari-hari. Merasa lemas atau sulit untuk berkonsentrasi merupakan salah satu hal yang mungkin akan terjadi. Jika Moms merasa terganggu dengan kondisi ini, ketahui beberapa cara memperbaiki pola tidur berikut ini. 

Berikut cara memperbaiki pola tidur 

1. Buat jam tidur menjadi lebih rutin 

Cara memperbaiki pola tidur yang pertama yaitu dengan menyamakan jam tidur. Pada awalnya hal ini akan terasa sulit, tetapi setelah beberapa hari Moms pasti bisa menyesuaikan diri. Terlebih lagi Moms harus berusaha mendapatkan waktu tidur selama 7-8 jam setiap hari. 

Ada dua hal yang akan dirasakan. Yang pertama, Moms akan merasa kesulitan untuk menyamakan waktu tidur. Yang kedua, Moms kesulitan untuk mengatur waktu tidur menjadi 7-8 jam setiap harinya karena sudah terbiasa dengan waktu tidur yang sedikit. 

2. Hindari tidur siang  

Menghindari tidur siang merupakan cara memperbaiki pola tidur yang selanjutnya. Saat memutuskan untuk tidur siang, khususnya dalam waktu yang lama, dapat dipastikan Moms akan kesusahan untuk tidur malam harinya. 

Hal ini sekilas memang terlihat sepele, tetapi tanpa disadari ternyata dapat merusak pola tidur, lho. Maka dari itu, jika Moms tidak ingin memiliki pola tidur yang berantakan, sebaiknya hindari tidur siang kalau tidak biasa. Namun apabila benar-benar butuh, tidurlah sebentar saja. 

3. Tidur dengan kondisi gelap 

Moms juga bisa mencoba tidur dengan kondisi yang gelap. Cara memperbaiki pola tidur yang satu ini akan berpengaruh jika Moms terbiasa tidur dengan lampu yang menyala. Ternyata, cahaya lampu kamar juga mempengaruhi kualitas tidur, lho. 

Dengan adanya cahaya lampu, beberapa organ terutama otot dan saraf tidak dapat beristirahat secara maksimal. Moms bisa saja jadi lebih sering terbangun di malam hari yang dimana hal ini akan mempengaruhi pola tidur sehari-hari. 

4. Jauhkan alarm

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan rutin yaitu memasang alarm. Tidak sedikit orang yang tidak bisa bangun tanpa memasang alarm. Alarm seringkali disimpan di dekat kita dan mungkin tidak jarang juga Moms ingin menambah sedikit waktu tidur dengan menekan tombol snooze saat alarm berbunyi. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya jauhkan alarm dari tempat Moms tidur. Ini bisa menjadi salah satu cara memperbaiki pola tidur yang efektif dan mudah. 

5. Membatasi kafein 

Minum kopi di pagi hari akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Namun, untuk memperbaiki pola tidur, hindari konsumsi kopi, soda, ataupun pangan lain yang mengandung kafein setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur. 

Itu dia beberapa cara memperbaiki pola tidur yang mudah serta efektif. Apabila ingin pola tidur yang normal, lakukanlah cara-cara tersebut ya!

Baca juga: Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Lucid Dreams

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like