Menangis adalah salah satu hal yang wajar terjadi pada manusia. Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk meluapkan emosinya, termasuk menangis. Seseorang yang menangis tentu disebabkan karena ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicunya. Tetapi, tidak jarang juga seseorang sering menangis tanpa sebab tertentu dan tangisan tersebut tidak bisa dikontrol. Kira-kira apa saja hal yang menyebabkan seseorang menjadi menangis tanpa alasan? Dan apakah kondisi ini bisa dikontrol? Yuk cari tahu jawabannya di penjelasan berikut ini!

Baca juga: Ketahui 7 Fakta Menarik Tentang Lucid Dreams

Penyebab Sering Menangis Tanpa Sebab 

Setiap individu yang sering menangis tanpa sebab tentu bisa dipicu oleh hal-hal yang berbeda. Berikut ini diantaranya: 

1. Hormon

Penyebab sering menangis tanpa sebab yang pertama yaitu karena hormon. Jika dibandingkan, wanita lebih sering daripada pria. Hal ini disebabkan karena hormon testosteron pria yang lebih tinggi mampu mencegahnya untuk menangis. Sedangkan wanita memiliki hormon prolaktin yang lebih tinggi yang mana dapat menyebabkan tangisan. 

2. Kelelahan

Kelelahan merupakan penyebab lain kenapa Moms sering menangis tanpa sebab. Jika Moms terus-terusan menangis dan kurang tidur, segeralah beristirahat. Perlu diingat, durasi tidur orang dewasa yaitu selama 7-9 jam per harinya. Jadi, tidur bisa jadi solusi dari kondisi Moms yang terus menangis tanpa alasan tertentu. 

3. Hamil

Moms yang sedang hamil mungkin sering menangis tanpa sebab. Ini merupakan kondisi yang normal untuk dialami. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya, diantaranya: 

  • Hormon yang berubah secara signifikan
  • Lelah karena terjadinya perubahan fisik 
  • Merasa cemas dengan persiapan melahirkan
  • Mengalami periode depresi 

Pastikan Moms mencukupi kebutuhan tidur selama 7-9 jam per harinya selama masa kehamilan. Selain itu, jangan lupa untuk menceritakan soal apa yang Moms rasakan selama hamil kepada pasangan, orang tua, atau teman terdekat. 

4. Stres dan Cemas

Jika stres terjadi terus-terusan, kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala dari gangguan kecemasan. Rasa cemas ini akan membuat Moms yang menderita akan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Menurut sebuah riset, orang yang mempunyai kecemasan berlebih akan menangis untuk membantu dirinya. Namun, tangisan tersebut bisa saja tidak terkontrol. 

Perlu diketahui bahwa kondisi ini hanya dapat didiagnosa oleh psikiater. Jadi, sebaiknya cari bantuan profesional jika Moms merasa rasa cemas sudah tidak bisa dikontrol. 

5. Gangguan Bipolar

Penyebab sering menangis tanpa sebab yang selanjutnya yaitu karena menderita gangguan bipolar. Gangguan bipolar bisa ditandai dengan perubahan mood seseorang secara ekstrim. Seseorang yang menderita gangguan bipolar bisa merasa bahagia, lalu menjadi sangat sedih setelahnya. Kondisi ini juga dapat menyebabkan seseorang menjadi menangis tidak terkontrol. 

6. Depresi

Yang terakhir yaitu depresi. Depresi adalah masalah kesehatan mental yang ditandai dengan kelelahan, merasa sedih, hingga marah berlebihan. Orang yang menderita depresi akan merasakan kesedihan yang tidak dapat dijelaskan. 

Kondisi ini bisa menjadi penyebab seseorang sering menangis tanpa sebab. Gejala depresi lainnya yaitu seseorang akan mengalami perubahan pola tidurSer, kehilangan minat untuk melakukan aktivitas, hingga muncul keinginan untuk bunuh diri. Sama halnya dengan gangguan kecemasan dan gangguan bipolar, depresi hanya bisa didiagnosa oleh dokter. Apabila Moms mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya cari bantuan profesional agar bisa ditangani secara cepat. 

Baca juga: Alter Ego adalah Kepribadian yang Memiliki Manfaat, Benar atau Tidak?

Apakah Bisa Dikontrol? 

Tentu ada momen dimana Moms ingin mengontrol tangisan yang terjadi tanpa sebab itu. Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengontrol tangisan tanpa sebab, diantaranya: 

  • Merilekskan otot tenggorokan dan wajah
  • Mengatur napas
  • Mencoba tersenyum untuk mempengaruhi emosi dan perhatian tubuh
  • Minum air 
  • Memikirkan hal-hal yang menyenangkan 
  • Memandang hal-hal yang dapat menenangkan hati 
  • Mendorong lidah ke langit-langit mulut 

Jika Moms sering menangis tanpa sebab dan kondisi ini sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, sebaiknya temui dokter ahli jiwa untuk menghindari self-diagnosis. Moms dapat mendapatkan penanganan terapi sesuai dengan masalah yang sedang diderita. 

Itulah penjelasan mengenai menangis tanpa sebab serta gejala dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Menahan Emosi yang Bisa Moms Lakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like