Gangguan tidur di malam hari atau yang sering disebut sebagai insomnia dapat sangat mengganggu. Karena, tidur adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi. Moms akan  memiliki waktu tidur yang kurang serta tidak berkualitas apabila mengalami insomnia. Bahkan, insomnia juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, lho. Maka dari itu, ada beberapa cara untuk mengatasi insomnia yang bisa Moms terapkan agar mendapatkan waktu tidur yang cukup lagi. Penasaran apa saja cara-caranya? Simak penjelasan berikut ini. 

Bagaimana cara mengatasi insomnia?

Ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan terjadinya insomnia. Mulai dari gaya hidup, kenyamanan ruangan, efek samping obat, hingga gangguan psikologi. Penting bagi Moms untuk mengetahui apa yang menyebabkan Moms mengalami insomnia. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah insomnia, diantaranya: 

  • Menerapkan gaya hidup sehat

Salah satu faktor penyebab terjadinya insomnia yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Kurang bergerak, kebiasaan merokok, mengonsumsi kafein secara berlebihan serta mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan resiko terserang insomnia, lho. Nah, untuk mengatasi insomnia, usahakan untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, serta berhenti merokok. 

  • Mengatur jadwal tidur 

Cara sederhana untuk mengatasi insomnia yaitu dengan mengatur jadwal tidur. Hal ini dikarenakan waktu tidur yang sering berubah atau tidak tetap akan menjadi penyebab insomnia dan mengganggu ritme sirkadian yang mana berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Selain itu, mengatur jadwal tidur juga dapat mempengaruhi siklus tidur serta bangun di pagi hari. 

  • Membuat suasana kamar menjadi nyaman 

Bisa jadi salah satu penyebab Moms susah tidur yaitu karena suasana kamar yang kurang nyaman. Untuk mengatasi insomnia akibat penyebab yang satu ini, Moms bisa mencoba untuk mengubah tata ruang kamar, mengatur suhu kamar, atau mengganti lampu agar menjadi redup. 

  • Mengonsumsi makanan sehat 

Jika Moms mengalami insomnia, hindarilah mengonsumsi minuman atau makanan yang berkafein sebelum tidur. Karena, mengonsumsi minuman atau makanan dengan kandungan kafein sebanyak 400 miligram saat enam jam sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur Moms. Selain itu, hindari juga meminum alkohol.

  • Rutin olahraga 

Rutin melakukan aktivitas fisik sehari-hari atau berolahraga bukan hanya memberi manfaat untuk kesehatan tubuh saja, namun juga dapat mengatur suasana hati, memberi energi yang lebih, mengurangi berat badan, dan juga membuat tidur Moms menjadi lebih berkualitas. 

  • Minum segelas susu hangat 

Insomnia dapat terjadi karena gangguan pada melatonin yang merupakan hormon yang berperan untuk mengatur pola tidur dan bangun tubuh. Apabila Moms susah tidur, cara mengatasi insomnia bisa dengan meminum segelas susu hangat menjelang waktu tidur. Karena, susu mengandung kalsium yang dapat membantu otak dalam memproduksi hormon melatonin sehingga insomnia pun dapat teratasi. 

Tetapi, jika masalah insomnia sudah mulai mengganggu aktivitas sehari-hari dan tidak kunjung membaik walaupun sudah mencoba beberapa cara di atas, segera periksakan kondisi ini ke dokter agar tahu penyebab pasti dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Pola Tidur Kacau? Begini Cara Memperbaiki Pola Tidur Secara Efektif

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like