Moms sering merasakan cemas yang berlebihan? Cemas merupakan bentuk dari suatu emosi yang dimana ditandai dengan perasaan yang tak menyenangkan karena batin yang kacau. Sedangkan depresi merupakan kondisi kronis dimana seseorang akan terus merasa putus asa atau sedih.

Orang yang mengalami depresi biasanya menderita cemas yang berlebihan. Nah, hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apabila mengalami kondisi seperti ini, Moms harus memutar otak bagaimana cara mengatasinya. Moms bisa menyimak penjelasan tips hilangkan rasa cemas yang berlebihan berikut ini.

Beberapa tips hilangkan rasa cemas 

1. Kembali ke lingkungan

Seseorang yang sedang mengalami cemas berlebihan biasanya akan menarik dirinya dari lingkungan sekitar. Padahal, salah satu tips hilangkan rasa cemas dan depresi justru dengan dukungan orang-orang terdekat Moms.

Apabila Moms sedang mengalami cemas berlebihan atau depresi, coba ungkapkanlah apa yang Moms rasakan ke lingkungan sekitar dan juga tetap menjalin hubungan dengan orang di lingkungan sekitar. Karena mengisolasi diri bukanlah suatu cara untuk keluar dari masalah yang sedang Moms alami.

2. Lakukan apa yang Moms sukai

Salah satu tips hilangkan rasa cemas yang lainnya yaitu dengan melakukan hal yang Moms sukai misalnya seperti jalan-jalan, bernyanyi, nonton film, dll. Tetaplah berusaha mendorong diri untuk selalu aktif melakukan kegiatan yang Moms sukai.

3. Lakukan kegiatan baru

Selain melakukan kegiatan yang Moms sukai, melakukan kegiatan baru juga bisa menjadi tips hilangkan rasa cemas. Karena saat Moms menantang diri sendiri untuk melakukan suatu hal yang baru, tanpa disadari tubuh akan memproduksi hormon dopamin yang dimana berhubungan dengan rasa bahagia.

4. Keluar rumah agar terpapar oleh sinar matahari

Kurangnya paparan sinar matahari tanpa disadari dapat membuat Moms depresi dan memperburuk rasa cemas yang berlebihan. Dengan keluar dari rumah agar terkena paparan sinar matahari, bisa menjadi tips hilangkan rasa cemas.

Keluarlah setidaknya selama 15 menit sehari. Sinar matahari dipercaya dapat meningkatkan hormon bahagia serotonin sehingga mood Moms akan menjadi baik.

5. Rutin berolahraga 

Rutin berolahraga mampu menghilangkan gejala depresi. Karena berolahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang akan mengurangi rasa sakit serta menimbulkan perasaan senang dan tenang. Moms tidak perlu berlebihan saat berolahraga demi mendapatkan efeknya. Cukup rutin berolahraga ringan seperti jalan kaki selama 10 menit.

6. Konsumsi makanan yang sehat

Tanpa disadari, mengonsumsi makanan sehat ternyata bisa menjadi tips hilangkan rasa cemas. Makanan yang Moms konsumsi akan berdampak pada perasaan, maka tidak heran kalau Moms merasa lelah atau kesal saat telat makan.

Untuk mengatasi rasa cemas atau depresi ini, Moms bisa meminimalkan asupan karbohidrat dan gula, tapi dianjurkan untuk meningkatkan asupan vitamin B. Karena, kekurangan vitamin B seperti B12 dan asam folat mampu memicu depresi. Makanan yang bisa mengatasi depresi yaitu makanan dengan kandungan omega-3 seperti salmon.

7. Mendapat tidur yang cukup

Sulit untuk tidur bisa menjadi salah satu gejala depresi, lho. Nah, salah satu tips hilangkan cemas dan depresi yang Moms harus lakukan yaitu dengan mengubah pola tidur. Moms bisa memulai tidur yang cukup setidaknya 7 jam sehari. Selain itu, singkirkan juga hal yang dapat mengganggu kualitas tidur.

8. Berpikir positif

Berpikir negatif tentang diri sendiri ataupun lingkungan sekitar merupakan satu hal yang akan membuat rasa cemas Moms memburuk. Maka, cobalah untuk berpikir positif guna mengatasi rasa cemas dan depresi yang Moms alami.

Apabila tips-tips di atas tidak membantu Moms untuk merasa lebih baik, maka konsultasikan dengan dokter agar mendapat diagnosis serta bantuan medis demi kesembuhan Moms.

Baca juga: Berbagai Cara Mengatasi Penyebab Rasa Malas

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like