Para orangtua yang senang tampil stylish, umumnya juga menerapkan hal yang sama pada anak. Pertimbangan penting dalam memilih pakaian anak yaitu model dan warna. Sedangkan, beberapa orangtua lain, bersikap lebih santai dalam memilih baju anak, bagi mereka yang penting kenyamanan. Bahkan, cenderung bingung apabila harus mix and match pakaian yang cocok untuk usia dan gaya anak. Lalu, apa saja tips mix and match baju anak? Simak penjelasan berikut.

Tips Mix and Match Baju Anak

Pilih pakaian yang nyaman

Tips mix and match baju anak yang pertama yaitu Moms dapat memilih pakaian yang nyaman. Di usia anak-anak yang masih sangat aktif bergerak, pemilihan bahan yang tepat untuk dikenakan merupakan faktor utama agar mereka tetap nyaman selama seharian. Moms dapat memilih baju yang tidak terlalu ketat, agar anak dapat lebih bebas bergerak, bebas berekspresi, dan tidak mudah berkeringat. 

Pilih warna yang ceria 

Tips mix and match selanjutnya yaitu Moms dapat bereksperimen dengan berbagai pilihan warna. Meski terdapat perbedaan dalam gaya baju anak perempuan dan laki-laki, Moms tidak perlu terpaku dengan warna yang terkait gender, seperti merah muda untuk anak perempuan atau biru untuk anak laki-laki. Anak-anak bebas memilih warna yang mereka sukai, akan tetapi pastikan memilih warna yang sesuai dengan warna kulit anak, agar tampak lebih segar.

Monochromatic style dapat menjadi pilihan. Monokrom tidak selalu harus warna hitam atau abu-abu. Monochromatic style merupakan penggunaan warna dengan tone yang sama, jadi bukan hanya warna gelap tetapi juga bisa warna terang dan soft, seperti warna salem, biru, hijau, merah muda, kuning dan sebagainya.

Sesuaikan pakaian dengan acara

Untuk bepergian santai seperti playdate atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, anak laki-laki dapat menggunakan celana pendek dipadukan dengan polo shirt atau dengan kaos yang dirangkap dengan kemeja. Sedangkan untuk anak perempuan, Moms dapat memilih mini dress yang dipadukan dengan denim atau menggunakan jumpsuit dengan detail yang cantik. Untuk acara yang lebih formal, anak laki-laki dapat menggunakan kemeja lengan panjang atau pendek yang dipadukan dengan vest dan celana panjang. Untuk anak perempuan Moms bisa memilih tanktop atau cardigan yang ditumpuk dengan dress renda atau tutu.

Ajak anak ikut memilih baju sesuai keinginannya

Tips selanjutnya yaitu biasakan ajak anak untuk turut serta dalam mix and match pakaian yang akan mereka kenakan. Dengan begitu, orangtua mengetahui apa yang anak sukai dan tidak sukai. Kegiatan ini juga dapat menjalin kedekatan antara anak dan orangtua. 

Menambahkan aksesoris sebagai pelengkap

Tips terakhir untuk mix and match baju anak yaitu dengan menambahkan aksesoris. Aksesoris dapat menjadi pelengkap atau pemanis yang dapat memaksimalkan penampilan anak. Untuk menunjang penampilan anak, tambahkan aksesoris pemanis seperti jepitan rambut, bando, bandana, gelang, topi atau bow tie.

Nah, itulah beberapa tips mix and match baju anak yang dapat Moms coba. Selamat mencoba ya, Moms!

Baca Juga: Mengisi Waktu Luang Anak dengan Cara Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like