Terdapat banyak bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil yang dapat Moms mulai. Perkembangan zaman saat ini tidak menutup kemungkinan para ibu untuk melanjutkan mimpi-mimpinya bahkan dari rumah. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para ibu, khususnya untuk mereka yang ingin mengembangkan jiwa entrepreneur, adalah dengan membangun bisnis. Apa saja usaha yang dapat Moms coba sebagai ibu rumah tangga?

Penulis lepas

Pada zaman yang serba digital, penulis memiliki peran yang sangat penting. Tidak perlu heran, Moms dapat melihat setiap website, aplikasi, bahkan hingga konten media sosial yang Moms buka, semuanya pasti membutuhkan konten tulisan.

Sama halnya dengan berbicara, menulis juga bukanlah kemampuan yang belum tentu dimiliki oleh semua orang, sehingga apabila Moms termasuk orang-orang yang memiliki kemampuan ini, pastikan untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Terlebih apabila Moms mempunyai kemampuan menulis konten iklan. Selain memberikan penjelasan yang komprehensif dalam sebuah tulisan, Moms juga harus memiliki kemampuan untuk memperkenalkan sebuah produk dan mengajak orang-orang untuk membeli produk yang Moms tawarkan.

Apabila kemampuan seperti ini sudah Moms kuasai, tawarkan jasa Moms pada situs-situs freelance. Perkaya portofolio kemudian bersiaplah untuk menerima banyak tawaran untuk menulis konten bahkan dari rumah.

Kerajinan tangan

Bagi Moms yang memiliki kemampuan untuk mengolah barang-barang menjadi kerajinan tangan berkualitas dan bernilai tinggi, Moms memiliki peluang besar untuk menjadikan kemampuan ini menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan besar.

Kerajinan tangan yang banyak mendapat permintaan dari pasar dapat berupa souvenir wisuda, penghantar seserahan pernikahan, bahkan hingga pembuatan hampers untuk parcel di hari-hari spesial.

Modal utama dalam usaha sampingan ibu rumah tangga ini yaitu kreativitas yang Moms punya dan akan terus berkembang seiring dengan semakin meningkatnya permintaan klien.

Katering

Bagi Moms yang hobi memasak, hal ini dapat menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis di bidang kuliner. 

Apabila Moms berniat berbisnis di bidang kuliner, Moms dapat memulainya dengan membuka jasa katering, mulai dari makanan berat untuk kebutuhan prasmanan, paket nasi boks, pesanan kue kering atau kue basah untuk kebutuhan arisan atau bisa juga jasa katering makanan khas suatu tempat seperti nasi kebuli dan lain sebagainya.

Selain tidak memerlukan biaya tambahan untuk menyewa tempat seperti membuat sebuah restoran, Moms dapat menggunakan dapur pribadi terlebih dahulu dan memanfaatkan jaringan yang Moms punya seperti dari teman arisan, grup perkumpulan komplek.

Tentunya Moms juga dapat menggunakan media sosial untuk memasarkan jasa katering ini, akan tetapi perlu diingat bahwa relasi-relasi yang sebelumnya sudah disebutkan juga berperan penting untuk mempromosikan jasa Moms secara word of mouth.

Baca juga: Persiapan Sebelum Menikah yang Perlu diperhatikan

Dropshipper

Kehadiran e-commerce tentu memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis dari rumah bahkan hanya dengan modal smartphone.

Hal ini juga yang dapat Moms lakukan dengan menjadi dropshipper atau penyalur barang dari distributor ke tangan konsumen.

Caranya cukup sederhana, Moms dapat melihat trend barang apa saja yang sedang digandrungi oleh banyak orang kemudian tawarkan barang-barang tersebut kepada orang-orang di sekitar Moms. 

Moms juga tidak perlu khawatir, seorang dropshipper umumnya juga akan mengambil barang dengan jumlah yang besar sehingga dapat dipastikan harga barang menjadi lebih murah apabila dibandingkan dengan harga normal yang ada di pasar sehingga Moms tidak perlu bingung dalam mengambil margin harga agar tetap sesuai dengan para pelanggan.

Moms dapat memanfaatkan media sosial atau toko online di e-commerce untuk memasarkan barang-barang. Selain lebih mudah, hal ini juga memungkinkan Moms menjangkau cakupan konsumen yang lebih luas. Usaha ibu rumah tangga yang satu ini patut untuk Moms coba!

Fashion hijab

Fashion merupakan salah satu sektor yang terus berkembang dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Kondisi ini tentu memberikan peluang khususnya bagi para Moms yang berniat untuk memulai bisnis di rumah.

Salah satu tren fashion yang banyak disoroti beberapa tahun terakhir yaitu fashion hijab. Berkat popularitasnya yang terus meningkat di kalangan ibu rumah tangga, tak heran apabila bisnis ini dianggap cocok sebagai bisnis untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil.

Akan tetapi, sebelum memulainya, penting bagi Moms untuk melakukan riset tentang preferensi masyarakat dalam memilih hijab serta pakaian yang mendukung gaya busananya.

Sebagai permulaan, mungkin Moms bisa mulai menawarkannya kepada rekan arisan maupun orang tua dari teman anak Moms.

Tanaman

Satu tahun belakangan gaya hidup minimalis sedang banyak dibahas dalam berbagai forum maupun di media sosial. Salah satu elemen penting yang sering disebut dalam forum-forum tersebut yaitu keberadaan tanaman di dalam rumah untuk membuat rumah menjadi lebih segar dan nyaman untuk ditinggali.

Sejak saat itu, mulai bermunculan baik online maupun offline store yang menjajakan tanaman hias dari yang klasik seperti lidah buaya hingga yang saat ini sedaang populer yaitu monstera.

Apabila diurus dengan telaten, tidak hanya pesanan tanaman secara eceran saja, Moms juga dapat memperoleh tawaran partai besar seperti kebutuhan dekorasi untuk restoran atau penginapan. Usaha ibu rumah tangga yang satu ini cukup menjanjikan ya, Moms.

Itulah beberapa usaha ibu rumah tangga yang dapat Moms coba. Selain dapat mengisi waktu luang, usaha usaha ini juga memiliki peluang untuk memperoleh keuntungan yang lumayan. So, selamat mencoba Moms!

Baca Juga: Usaha Makanan Rumahan Kekinian yang Bisa Moms Coba

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like