Buah plum merupakan salah satu makanan superfood. Keluarga Rosaceae mencakup buah persik, aprikot, nectarine, termasuk juga buah plum. Apa saja manfaat yang terkandung dalam buah plum? Berikut penjelasannya.

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah plum dikenal kemampuannya untuk mencegah sembelit. Serat buah plum mampu memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga dapat mengurangi resiko kanker usus besar dan wasir.

Lalu, serat plum yang tidak larut, bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya. Bakteri baik yang terdapat dalam usus menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut asam butirat.

Asam butirat memiliki fungsi yaitu sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya.

Bakteri baik dalam usus menciptakan dua asam lemak rantai pendek lainnya, asam propionat dan asetat, yang berfungsi sebagai bahan bakar oleh sel-sel hati dan otot. Bakteri ini juga melawan bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk ke dalam jenis serat tidak larut. Bukti medis selama ini melaporkan bahwa asam propionat bersifat penurun kolesterol. Dalam penelitian hewan, asam propionat telah terbukti menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol oleh hati.

Dengan menurunkan aktivitas enzim ini, asam propionat mampu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu merupakan senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh hati dari kolesterol.

Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat plum, hati harus menghasilkani asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar. Serat larut juga dapat mengurangi jumlah kolesterol yang dihasilkan oleh hati.

Memiliki kandungan antioksidan tinggi

Manfaat buah plum lainnya yaitu, buah plum memiliki kandungan fitonutrien unik yang disebut asam neochlorogenic dan chlorogenic. Kedua zat ini tergolong sebagai fenol. Fenol merupakan salah satu jenis antioksidan yang terbukti ampuh menetralkan radikal bebas berbahaya yang disebut radikal anion superoksida.

Fenol juga terbukti membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak. Sel-sel tubuh, termasuk sel otak dan molekul seperti kolesterol sebagian besar tersusun dari lemak, sehingga penting untuk mencegah kerusakan radikal bebas pada lemak.

Memelihara kesehatan jantung

Plum merupakan sumber kalium yang baik, elektrolit yang membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke.

Tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, oleh karena itu dengan rutin mengonsumsi plum atau versi jusnya dapat membantu Moms dalam mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh. Kemudian, zat pewarna alami buah plum, antosianin, mampu menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

Mencegah anemia

Sesak napas, mudah tersinggung, kulit pucat, dan kelelahan merupakan gejala anemia ringan. Anemia terjadi apabila tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat, tubuh membutuhkan cukup asupan zat besi.

Plum merupakan sumber zat besi yang hebat dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Dua ratus lima puluh gram buah plum memiliki kandungan 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi tubuh.

Mengobati osteoporosis

Buah plum kering merupakan sumber yang penting dari mineral boron, yang dapat membantu membangun tulang serta otot yang kuat. Boron juga mampu membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot.

Plum bahkan dipercaya berpotensi sebagai pengobatan osteoporosis. Plum kering dapat mencegah hilangnya massa tulang pada wanita pascamenopause yang rentan osteoporosis. Manfaat buah plum bagi kesehatan tulang juga termasuk melawan proses hilangnya kepadatan tulang yang disebabkan akibat radiasi pada sumsum tulang.

Manfaat buah plum selanjutnya yaitu buah ini termasuk makanan yang mempunyai tingkat indeks glikemik rendah. Yang berarti, makanan-makanan ini memiliki manfaat yang dapat membantu Moms mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko terhadap diabetes tipe 2.

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), termasuk emfisema, adalah jenis penyakit kronis yang dapat menyebabkan masalah pernapasan. Terdapat banyak penyebab PPOK, akan tetapi merokok sampai saat ini merupakan hal utama penyebab langsung dari kedua penyakit ini.

Sebuah studi menyatakan bahwa makanan mengandung polifenol, termasuk antioksidan, dapat mengurangi risiko PPOK. Plum mengandung antioksidan tinggi, yang dapat melawan kerusakan akibat merokok dengan menetralkan stres oksidasi.

Hal ini dapat membantu mengurangi kemungkinan emfisema, PPOK, dan kanker paru-paru, meskipun tidak ada penelitian yang secara khusus mengamati plum untuk kesehatan paru-paru.

Kanker usus besar seringkali sulit dideteksi, tapi perkembangannya bisa sangat ganas. Makan makanan tinggi antioksidan dipercaya dapat membantu menekan resiko Moms terhadap kanker ini. Memakan buah plum kering meningkatkan populasi bakteri baik di usus besar. Hal ini, pada gilirannya, dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

Meningkatkan ketajaman otak

Selain berperan memerangi radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu kanker, antioksidan penting dari buah plum dapat mencegah pikun karena membantu menetralisir radikal bebas yang merusak sel otak. Makan 3-4 buah dalam sehari secara rutin guna meraih manfaat buah plum yang satu ini.

Manfaat buah plum yaitu untuk mengatur berat badan. Plum memiliki kandungan serat banyak dan indeks glikemiknya rendah. Padatnya serat buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat Moms merasa kenyang lebih lama.

Plum memiliki kandungan sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan lambat dalam tubuh.

Kebanyakan makan buah plum

Konsumsi buah plum secra berlebih dapat menyebabkan perut kembung juga sembelit. Asupan serat berlebihan juga dapat menyebabkan diare. So, jika Moms tertarik untuk coba konsumsi buah plum jangan terlalu banyak ya!

Baca Juga: Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like