Protein nabati dapat membantu Moms dalam memenuhi kebutuhan protein harian. Protein sendiri berfungsi untuk menjaga kesehatan otak, tulang, kuku, gigi, serta dapat membantu Moms dalam membangun otot tubuh. Ada beberapa sayuran tinggi protein yang bisa Moms konsumsi sehari-hari. Berikut ini diantaranya. 

Konsumsi sayuran tinggi protein berikut ini 

1. Jagung manis

Sayuran tinggi protein yang pertama yaitu jagung manis. Sayuran berbentuk biji kuning renyah dengan rasa manis ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain kaya akan serat, biji jagung juga memberikan asupan protein harian. Di setiap 100 gram jagung manis, terdapat 3,3 gram protein. 

Moms bisa mengolah jagung menjadi sup, bubur, ditumis dengan sayuran lainnya, serta menjadi campuran salad. Jagung manis yang dikukus juga bisa menjadi camilan manis yang enak. 

2. Bok choy

Bok choy merupakan salah satu sayuran tinggi protein. Sayuran ini memiliki rasa yang sedikit pahit. Di setiap 100 gram bok choy, terdapat 1,5 gram protein. Selain protein, sayuran hijau yang satu ini juga memiliki khasiat sebagai anti peradangan. Moms bisa mengolah sayuran ini sebagai campuran salad dan sup, sebagai pelengkap mie ayam, atau sebagai tumisan. 

Baca juga: Jus Penambah Darah untuk Moms Penderita Anemia

3. Brokoli

Sayuran tinggi protein yang selanjutnya yaitu brokoli. Sayuran yang satu ini mengandung asam amino, antioksidan, dan serat di dalamnya. Di setiap 100 gram brokoli, terkandung 2,8 gram protein serta 34 kalori. Sayuran ini dapat diolah sebagai tumisan, sup, jus, atau dengan dikukus. 

4. Bayam

Bayam adalah sayuran yang kaya akan kandungan zat besi, folat, dan protein. Selain itu, bayam juga mengandung asam amino yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Di dalam 100 gram bayam, terkandung 2,8 gram protein.

Moms bisa mengolah sayuran tinggi protein yang satu ini menjadi jus, ditumis, sup, atau salad. 

5. Kembang kol

Bentuk sayuran yang satu ini mirip dengan brokoli namun dengan warna putih. Selain kaya akan vitamin K, sayuran ini juga merupakan salah satu sayuran tinggi protein yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Di setiap 100 gram kembang kol, terkandung 1,9 gram protein dan 25 kalori. Selain itu, sayuran ini juga mengandung zat glucosinolate yang disebut sinigrin. Zat ini berfungsi sebagai anti kanker, anti peradangan, dan antioksidan. Sebaiknya konsumsi kembang kol saat masih dalam keadaan segar atau bisa dikukus sebentar guna mempertahankan zat nutrisi di dalamnya. 

Baca juga: Sayuran Penurun Darah Tinggi untuk Penderita Hipertensi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like