Buah plum merupakan salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan oleh negara barat seperti Eropa dan Amerika. Buah plum kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Namun, buah plum masih kurang dikenal oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat buah plum sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan dapat menangani beberapa masalah kesehatan, lho.  

Berbagai manfaat buah plum untuk kesehatan

Selain kandungan antioksidan, buah plum mengandung berbagai mineral dan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh, seperti C, A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, K, kalium, magnesium, zat besi, seng, serat, serta mangan. Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan buah plum bermanfaat bagi kesehatan tubuh Moms. 

Di bawah merupakan beberapa manfaat buah plum:

1. Dapat menurunkan berat badan

Manfaat buah plum yang pertama yaitu dapat menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah plum termasuk ke dalam buah yang rendah kalori serta mengandung asam lemak tak jenuh. Ditambah, buah yang satu ini juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan juga serat. Oleh karena itu, buah plum baik untuk dikonsumsi oleh Moms yang sedang ingin menurunkan berat badan. 

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis: Menurunkan Berat Badan Hingga Baik untuk Jantung

2. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh juga merupakan salah satu manfaat buah plum, lho. Ini berkat adanya kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah plum. Jika Moms mengonsumsi buah ini dengan rutin, maka Moms mampu mencegah kerusakan pada sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. 

3. Dapat menjaga kesehatan mata

Kandungan beta karoten atau vitamin A sangat diperlukan guna menjaga kesehatan mata. Buah plum memiliki kandungan vitamin A sekitar 5%. Maka dari itu, Moms perlu mengonsumsi buah plum secara rutin untuk menjaga kesehatan mata.

4. Dapat mencegah Diabetes

Manfaat buah plum sangatlah membantu dalam melawan diabetes. Dengan mengonsumsi ekstrak plum akan membantu mengurangi kadar trigliserida serta gula darah yang ada di dalam tubuh Moms. 

Selain itu, kandungan flavonoid di dalamnya juga mampu memberi efek perlindungan terhadap insulin serta bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh. 

Baca juga: Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh Moms

5. Dapat mencegah osteoporosis

Mencegah osteoporosis ternyata juga termasuk ke dalam salah satu manfaat buah plum. Mengonsumsi buah plum kering mampu memberi tindakan resorptif dan anabolik yang membantu dalam menjaga kesehatan tulang Moms. 

Dengan mengonsumsi buah plum kering dengan teratur, Moms dapat membantu pemulihan kepadatan tulang yang menghilang seiring bertambahnya usia. 

6. Dapat melancarkan pencernaan

Manfaat buah plum merah untuk Moms yang sedang diet yaitu mampu melancarkan pencernaan. Kandungan serta yang ada di dalam buah plum sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah plum kering dinilai lebih efektif untuk mengobati gangguan pencernaan, misalnya seperti sembelit. 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like