Baik untuk Kesehatan, Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Berikut Ini

Makanan yang Berserat

Serat adalah salah satu asupan yang Moms butuhkan untuk tubuh sehari-hari. Moms akan terhindar dari berbagai macam penyakit apabila rajin mengonsumsi makanan yang berserat. Hal ini dikarenakan oleh serta yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain terhindar dari berbagai macam penyakit, serat ternyata juga dapat mencegah serangan jantung, memperpanjang usia, serta membantu menurunkan berat badan, lho. Nah, agar memperoleh asupan serat yang cukup, Moms dapat mengonsumsi beberapa makanan berserat berikut ini. 

Konsumsi makanan yang mengandung serat berikut ini

1. Jagung

Jagung adalah salah satu makanan yang mengandung serat. Pada satu buah jagung, terkandung serat sebanyak 2 gram. Apabila Moms bosan mengonsumsi jagung dalam sayur atau jagung rebus, Moms dapat mengolah jagung dalam bentuk popcorn. Karena di setiap 3 mangkuk popcorn, terkandung serat sebanyak 3,5 gram. 

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang baik untuk sistem pencernaan karena mengandung serat yang tinggi di dalamnya. Pada 2 sendok makan alpukat, terkandung serat sebanyak 10 gram. Selain mengandung serat yang tinggi, buah ini juga mampu mengurangi kolesterol. Hal ini disebabkan karena alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh. 

3. Kacang-kacangan

Makanan yang berserat selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang putih dan kacang hitam mengandung serat yang tinggi di dalamnya. Selain kandungan serat yang tinggi, kacang putih juga merupakan salah satu sumber zat besi dan juga protein. Untuk kacang hitam, selain mengandung serat, jenis kacang yang satu ini juga mengandung antioksidan di dalamnya. Sedangkan kacang merah adalah kacang yang paling mudah untuk dicari. Untuk Moms yang sedang menjalani program diet, mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. 

4. Brokoli

Brokoli ternyata juga merupakan salah satu makanan yang berserat. Dalam satu buah brokoli, terdapat kandungan serat sebanyak 5,1 gram yang baik untuk kesehatan tubuh. Cara menyajikan brokoli juga mudah. Moms dapat mengukus, merebus, atau memakan mentah-mentah brokoli. 

Namun jangan lupa untuk mencuci brokoli hingga bersih terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Dan jika Moms ingin mengonsumsi brokoli dengan cara direbus atau dikukus, sebaiknya jangan lebih dari 5 menit, karena dapat merusak kandungan serta gizi yang ada di dalamnya. 

5. Tomat

Selain dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah alami, tomat juga merupakan makanan yang berserat, lho. Tomat mengandung serat sebanyak 1,2 gram. Moms dapat mengonsumsi tomat dengan banyak cara. Selain mengandung serat, tomat juga mengandung likopen yang baik untuk menghindari penyakit prostat bagi para pria. 

6. Beras merah

Apabila Moms mengalami konstipasi atau susah buang air besar, Moms perlu mengganti nasi putih yang biasa dikonsumsi dengan nasi merah. Hal ini disebabkan karena beras merah merupakan makanan yang berserat dan kandungan seratnya lebih banyak dibanding beras putih. Selain mengandung serat, beras merah juga mengandung antioksidan yang dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh. 

Itulah beberapa makanan berserat yang baik untuk kesehatan tubuh Moms. Mana yang akan Moms tambahkan ke dalam asupan sehari-hari?

Baca juga: Sedang Diet? Konsumsi Makanan Rendah Kalori Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x