Maag bisa disebabkan karena beberapa hal, penyebab utama yaitu pola hidup dan makanan kurang sehat. Mungkin Moms sudah tahu obat maag apa saja yang dapat mengobati berdasarkan dengan penyebab maag.

Namun, apakah Moms tahu dengan mengonsumsi buah ternyata juga bisa menyembuhkan maag? Lalu apa saja buah untuk obati maag kambuh? Berikut penjelasannya. 

Beberapa buah untuk obati maag

1. Buah kelapa

Air kelapa mengandung mineral dan senyawa yang bisa menenangkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk menghilangkan radikal beracun dari dalam tubuh.

Selain itu, air buah kelapa dapat membantu suhu tubuh tetap normal serta menghambat peradangan pada lambung. Maka dari itu kelapa adalah salah satu buah untuk obati maag saat kambuh. Bagi penderita maag, sebaiknya mengonsumsi satu buah air kelapa setiap harinya. Untuk melihat hasilnya, konsumsi secara rutin selama dua minggu berturut-turut. 

2. Buah pepaya

Buah yang kaya akan serat ini juga merupakan salah satu buah untuk obati maag, lho. Kandungan vitamin A, vitamin B1, B2, dan vitamin C yang dimiliki buah pepaya baik untuk dicerna.

Selain itu, buah pepaya juga memiliki kandungan magnesium, sulfur, besi, dan juga kalium. Kandung mineral ini akan melancarkan pencernaan Moms dan dapat meredakan maag. 

Manfaat buah pepaya yang lain yaitu baik untuk kesehatan rambut, kulit, tulang, dan juga sebagai penambah fungsi sistem kekebalan tubuh. Cara mengonsumsinya hanya dengan menghaluskan seperempat potong pepaya setiap harinya.

Moms juga bisa menambahkan 2 sendok yogurt tanpa campuran lainnya. Untuk meredakan maag yang sedang kambuh, konsumsi sebelum makan siang dan makan malam.

3. Buah apel

Buah apel mengandung pektin dan juga kombinasi glisin. Kedua kombinasi ini mengandung antasid yang menjadikan apel menjadi salah satu buah untuk obati maag. Apel dapat mengurangi rasa mulas dan mual serta mengurangi kandungan asam lambung berlebih pada pencernaan.

Apabila Moms ingin meredakan maag yang kambuh, makanlah satu buah apel sebelum makan selama 3 hari sekali. Jangan lupa untuk cuci kulitnya sampai bersih dari kandungan pestisida berbahaya apabila sampai masuk ke dalam tubuh.

4. Buah pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. Kandungan protein dan lemaknya juga rendah. Pisang juga dipercaya sebagai sumber energi yang memiliki sedikit kandungan efek pencahar.

Jika ingin mengonsumsi pisang sebagai buah untuk obati maag kambuh, sebaiknya pilih pisang yang matang serta berwarna kuning terang. Moms bisa mengonsumsi pisang sebagai menu sarapan untuk meredakan gejala maag.

5. Peach atau buah persik

Buah persik memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, khususnya untuk pencernaan. Vitamin A,C,dan E yang ada pada buah persik berfungsi untuk mencegah kanker yang ada pada pencernaan. Sedangkan kandungan mineralnya berfungsi untuk pelindung sistem kekebalan tubuh.

Tekstur buah persik yang lembut serta mudah untuk dicerna bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan bagi penderita maag. Itulah mengapa buah persik bisa menjadi buah untuk obati maag. Moms dapat membuat obat maag alami dari buah persik ini dengan rebusan daun dan juga dengan daging buah persiknya. Minumlah setiap hari sebanyak 2-3 cangkir per harinya.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like