Kunci untuk menurunkan berat badan yaitu dengan mengonsumsi sedikit kalori dan tidak boleh melebihi anjuran kalori dalam satu hari. Ketika sedang menjalani diet, masalah kalori memang salah satu hal yang sulit untuk dipecahkan. Tetapi, Moms dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi cemilan rendah kalori. 

Diet tidak akan terasa terlalu menyiksa apabila Moms mengonsumsi cemilan tersebut di sela-sela makan. Nah, berikut ini beberapa cemilan yang bukan hanya enak namun juga memiliki kandungan kalori yang rendah. 

Beberapa cemilan rendah kalori untuk diet

Moms tidak perlu sepenuhnya berhenti makan cemilan ketika sedang diet, tapi cukup dengan mengganti cemilan tersebut dengan yang lebih sehat, diantaranya:

1. Telur rebus

Cemilan Rendah Kalori

Cemilan rendah kalori yang pertama yaitu telur rebus. Telur merupakan makanan yang kaya akan kandungan protein serta juga dilengkapi dengan vitamin B12 dan K2. Selain itu, telur rebus mampu mengenyangkan sehingga dengan mengonsumsinya keinginan Moms untuk makan lebih banyak akan berkurang. 

Kebanyakan orang ragu untuk mengonsumsi telur terutama kuning telur, karena dianggap memiliki kolesterol yang tinggi. Tetapi, apabila mengonsumsi dengan sewajarnya, maka telur tidak akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. 

Moms bisa mengonsumsi dua butir telur rebus sebagai cemilan. Didalamnya hanya terdapat sebanyak 140 kalori namun mampu menyumbang protein sekitar 13 gram untuk tubuh. 

2. Edamame

Cemilan Rendah Kalori

Biasanya Moms akan menemukan edamame pada restoran Jepang. Tapi ternyata tidak sulit untuk menemukan cemilan rendah kalori yang satu ini di penjual kacang rebus. Selain itu, Moms juga dapat membeli edamame dengan keadaan beku atau mentah di supermarket. 

Edamame adalah sumber serat dan protein yang baik untuk tubuh. Seperti yang Moms ketahui, kedua kandungan tersebut sangat membantu orang yang sedang menjalani diet. 

Selain itu, edamame juga kaya akan kandungan zat besi, kalium, dan juga magnesium. Dengan mengonsumsi cemilan ini di sela-sela jam makan, Moms akan merasa kenyang sampai waktu makan selanjutnya. 

3. Kacang

Cemilan rendah kalori yang selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Jenis makanan yang satu ini memiliki kandungan lemak sehat serta protein yang baik untuk kesehatan tubuh Moms. 

Tetapi perlu Mom ingat, jangan mengonsumsi kacang olahan dengan tambahan bumbu atau bahan lain yang terlalu banyak karena kana menutupi kebaikan dari kacang itu sendiri. Sebaiknya, pilih kacang yang tidak memiliki tambahan gula atau garam dan konsumsi dalam jumlah yang sedikit. 

4. Apel

Cemilan Rendah Kalori

Buah apel memiliki banyak komponen penting di dalamnya dan dipercaya sehat untuk tubuh. Nah, Moms bisa menjadikan apel sebagai cemilan yang sehat, enak, dan juga sederhana selama menjalani program diet. 

5. Yogurt

Moms pasti tahu jika yogurt merupakan salah satu cemilan rendah kalori yang cocok dikonsumsi saat sedang diet. Asupan yogurt dapat Moms jadikan sebagai makanan ataupun minuman. Moms juga dapat menambahkan beberapa topping pada yogurt agar terasa lebih lezat saat dikonsumsi. 

Namun, tentunya Moms harus menghindari topping dengan kalori yang tinggi seperti sereal atau coklat. Sebagai alternatifnya, Moms bisa memilih madu atau buah sebagai topping yogurt yang akan dikonsumsi. 

6. Pisang dengan selai kacang

Kandungan karbohidrat dan protein yang ada pada selai kacang dapat berperan sebagai penyumbang energi yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi cemilan yang satu ini, Moms tidak perlu merasa lemas lagi saat sedang menjalani diet. 

Itulah beberapa cemilan rendah kalori yang bisa Moms konsumsi selama menjalani program diet. Selain memiliki rasa yang enak, cemilan-cemilan di atas juga mengandung banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Baca juga: Cara Membuat Salad Buah untuk Dikonsumsi Saat Diet

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like