Makan dalam jumlah yang banyak adalah salah satu hal yang menyebabkan berat badan bertambah. Tapi ternyata ada beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan berat badan, lho. Jenis makanan ini justru akan membantu Moms mengurangi nafsu makan jika ingin berat badan turun.

Di bawah ini merupakan daftar makanan penurun berat badan yang harus Moms ketahui demi suksesnya usaha menurunkan berat badan.

Apa saja yang harus dikonsumsi jika Moms ingin berat badan turun?

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang mampu mengurangi berat badan. Kandungan lemak sehat, protein, serta jumlah kalori yang rendah pada telur dapat membuat Moms kenyang lebih lama.

Telur adalah makanan dengan kandungan nutrisi yang padat sehingga Moms tidak usah takut akan kekurangan gizi. Jadi, apabila Moms ingin berat badan turun, telur bisa masuk ke dalam menu makanan.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam serta kangkung memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah. Sebaliknya, sayuran hijau justru mengandung banyak serat sehingga dapat membuat Moms merasa kenyang dalam waktu lama. 

Karena itu, jika Moms ingin berat badan turun, konsumsilah berbagai macam sayuran hijau. Selain bergizi karena kandungan vitamin dan mineralnya, sayuran hijau juga berperan saat proses pembakaran lemak di tubuh.

3. Apel

Mengonsumsi buah di waktu tertentu makan atau saat sebelum makan dapat membantu Moms menghilangkan rasa lapar. Nah, buah apel sangat cocok untuk Moms konsumsi jika ingin berat badan turun. Kandungan pektin serta serat yang larut di dalam air mampu membuat Moms merasa kenyang.

4. Sup

Makanan selanjutnya yang dapat membantu Moms jika ingin berat badan turun yaitu sup. Fakta menunjukkan bahwa sup adalah makanan dengan jumlah kalori yang rendah sehingga dapat membuat Moms kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena sup mengandung sayuran dengan banyak kandungan serat dan banyak air.

Mengonsumsi makanan dengan kadar air yang tinggi berguna untuk mengurangi asupan energi lain yang berasal dari makanan. Sehingga jika Moms menambahkan sup ke menu makan sehari-hari, berat badan pun akan terkendali.

Tapi tidak berarti Moms dapat menambahkan lemak seperti krim, minyak, atau santan ke dalam sup, lho. Sup yang memiliki banyak kandungan lemak justru akan mengandung kalori berlebih. Dengan begini, berat badan pun akan naik.

5. Alpukat

Tidak seperti buah-buahan yang lain, alpukat justru mengandung kandungan lemak sehat di dalamnya. Buah ini mengandung asam oleat tidak jenuh tunggal, yang dimana jenis lemak ini bisa Moms temui pada minyak zaitun.

Selain itu, alpukat juga mengandung banyak serat dan juga air sehingga dapat membantu Moms menurunkan berat badan. Moms dapat menambahkan buah ini pada salad untuk pelengkap.

6. Yoghurt yang tinggi lemak

Makanan yang satu ini mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kinerja usus. Usus yang sehat akan membantu Moms dalam melindungi tubuh dari resistensi leptin dan juga peradangan yang dimana kondisi ini dapat mendorong hormon utama yang menyebabkan obesitas.

Dalam memilih yoghurt, sebaiknya Moms memilih yoghurt tinggi lemak sehingga dapat menurunkan resiko diabetes dan juga obesitas. Sedangkan yoghurt yang rendah lemak akan tinggi kandungan gulanya agar rasanya tetap enak, jadi sebaiknya hindari jenis yoghurt ini jika Moms ingin berat badan turun.

Baca juga: Manfaat Pada Yoghurt yang Bisa Moms Temui

7. Sayuran cruciferous

Jenis makanan selanjutnya yang dapat Moms konsumsi jika ingin berat badan turun yaitu jenis sayuran cruciferous. Sayuran seperti lobak, selada air, kembang kol, dan juga brokoli termasuk ke jenis sayuran cruciferous yang dapat menurunkan berat badan.

Sama dengan kebanyakan sayuran yang lain, kandungan serat yang ada pada sayuran ini cukup tinggi. Selain itu, jumlah kandungan protein pada sayuran ini lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran yang lain.

Kombinasi dari serat, protein, serta kepadatan energi yang rendah membuat sayuran cruciferous baik dikonsumsi untuk Moms yang ingin menurunkan berta badan. Ditambah, jenis sayuran ini juga memiliki kandungan zat antikanker.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like