Penelitian dari Makassar mengemukakan bahwa memberikan sebanyak 2 kg ikan gabus yang dimasak setiap hari untuk pasien pasca operasi bisa meningkatkan albumin menjadi kembali normal. Ikan gabus kaya akan kandungan albumin, yaitu salah satu jenis protein yang penting untuk tubuh manusia.

Albumin dibutuhkan tubuh khususnya untuk proses penyembuhan luka. Apabila tubuh manusia kekurangan albumin maka bisa menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan secara baik ke seluruh tubuh. Berikut ini manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat ikan gabus

Channa striata atau yang lebih dikenal dengan ikan gabus terkenal memiliki kandungan gizi yang tinggi. Ikan gabus mengandung protein sebesar 25,5% lebih tinggi bila dibandingkan dengan kadar protein pada ikan bandeng (20,0%), ikan sarden (21,1%), ataupun ikan mas (16,0%). Berikut ini manfaat ikan gabus untuk kesehatan tubuh. 

1. Pertumbuhan dan pembentukan otot

Manfaat ikan gabus salah satunya adalah membantu pertumbuhan dan pembentukan otot. Moms bisa mendapat 25,5 gram protein dari 100 gram ikan gabus. Kadar protein ini lebih tinggi dibanding dengan kadar protein yang ada dalam per 100 gram ayam (18,2 g), telur (12,8 g), atau daging sapi (18,8 g). Kandungan protein yang tinggi ini bermanfaat dalam proses pembentukan otot pada tubuh.

2. Mempercepat sembuhnya luka

Daging ikan gabus memiliki kadar albumin yang tinggi. Perlu Moms ketahui bahwa albumin adalah salah satu jenis protein yang penting untuk proses penyembuhan luka. 

3. Menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh

Manfaat ikan gabus yang selanjutnya adalah bisa menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Zat albumin pada ikan gabus berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Apabila cairan dalam tubuh Moms menjadi berkurang, maka protein yang masuk ke tubuh akan pecah dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Kandungan normal albumin yang ada di dalam tubuh yaitu mencapai 60%.

4. Dapat memperbaiki gizi buruk

Manfaat ikan gabus juga bisa memperbaiki gizi buruk yang sering dialami oleh bayi, balita, anak-anak, atau ibu hamil. Di dalam 100 g ikan gabus sudah sangat cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang penting untuk kesehatan, khususnya pada bayi.

5. Menyehatkan bagi pencernaan

Struktur daging gabus yang empuk membuat Moms tidak perlu khawatir soal pencernaan. Ini dikarenakan ikan gabus mempunyai protein kolagen yang rendah dibanding kadar protein yang terkandung di dalam daging. Ikan gabus hanya mempunyai 3% – 5% dari keseluruhan total kandungan protein kolagen..

Baca juga: Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like