Tubuh yang kurus dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Bukan hanya berdampak pada penampilan fisik, memiliki tubuh yang terlalu kurus juga akan membuat Moms rentan terkena berbagai penyakit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan apabila Moms memiliki tubuh yang kurus. Salah satunya yaitu dengan meminum susu penambah berat badan.

Sebelum mengetahui apa saja jenis susu yang bisa dikonsumsi, yuk simak dulu penjelasan penyebab badan kurus berikut ini. 

Beberapa Penyebab Tubuh Kurus

Sebelum mengetahui apa saja jenis susu penambah berat badan yang bisa diminum, Moms harus mengetahui dulu apa saja faktor yang menyebabkan tubuh menjadi kurus. 

1. Faktor genetik 

Apabila Moms sudah memiliki badan yang kurus sejak lahir atau ada anggota keluarga yang memiliki tubuh kurus, maka salah satu penyebab tubuh kurus yaitu karena adanya faktor genetik atau keturunan. 

Namun selain itu, sebagian orang memang memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi serta tidak memiliki nafsu makan yang besar. Hal tersebut juga dapat membuat Moms memiliki badan yang kurus. 

2. Aktivitas fisik yang tinggi

Penyebab seseorang memiliki badan yang kurus selanjutnya yaitu karena terlalu sering berolahraga. Ini disebabkan karena tubuh membakar lebih banyak kalori guna menghasilkan tenaga ketika Moms sedang berolahraga. 

3. Kondisi kesehatan tertentu

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menjadi penyebab seseorang memiliki badan kurus, diantaranya gangguan pencernaan, diabetes, hipertiroidisme, kanker, hingga HIV/AIDS. Kondisi kesehatan tersebut bisa menyebabkan terjadinya penurunan berat badan. Selain itu, diet ekstrim yang dilakukan oleh seseorang juga dapat menjadi penyebabnya dikarenakan kurangnya asupan nutrisi. 

4. Efek samping dari obat-obatan

Terdapat beberapa jenis obat, baik yang dibeli bebas atau resep dari dokter, yang menyebabkan efek samping mual dan juga membuat nafsu makan menjadi berkurang.  Salah satu jenis pengobatan yang biasanya menyebabkan seseorang memiliki badan yang kurus yaitu kemoterapi untuk mengobati kanker. 

5. Masalah psikologis

Ternyata, masalah psikologis juga menjadi salah satu seseorang memiliki badan yang kurus, lho. Masalah kejiwaan seperti depresi, stress berat, dan gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia nervosa dapat mempengaruhi kebiasaan dan nafsu makan seseorang sehingga berdampak pada berat badan. 

Nah, setelah mengetahui apa saja penyebab badan kurus, ada beberapa jenis susu penambah berat badan yang bisa membantu Moms dalam meningkatkan berat badan. 

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis: Menurukan Berat Badan Hingga Baik untuk Jantung

Jenis Susu Penambah Berat Badan

beberapa jenis susu dapat menambah berat badan

Ada berbagai macam jenis susu yang dipercaya mampu membantu Moms untuk menambah berat badan, diantaranya seperti susu kedelai, susu rendah lemak, dan susu skim. Susu memang disebut sebagai minuman yang sehat. Ada beberapa kalangan yang menyebutkan bahwa kandungan whey protein dan estrone yang ada pada susu mampu membantu menaikkan berat badan. 

Susu penambah berat badan yang dapat dikonsumsi yaitu susu kedelai. Susu ini dibuat dari kedelai dan berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu kedelai dapat dihidangkan bersama sarapan pagi. Susu ini mempunyai komposisi yang mirip dengan susu, yaitu 2 persen lemak, 2,9 persen karbohidrat, dan 3,5 persen protein di dalamnya. 

Susu penambah berat badan yang selanjutnya yaitu susu rendah lemak. Jenis susu rendah lemak yang mengandung 2 persen kadar lemak setidak memiliki kandungan 4 gram lemak jenuh, 22 mg kolesterol, serta 139 kalori. 

Dan yang terakhir adalah susu skim. Jenis susu ini merupakan produk susu tanpa lemak. Terdapat kurang dari satu persen kandungan lemak di dalamnya kecuali lemak dan vitamin yang ada di dalam lemak. Susu skim mengandung semua bahan yang sama seperti susu pada umumnya. Jenis susu ini berguna untuk menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. 

Baca juga: Dampak Alergi Susu Sapi yang Wajib Moms Ketahui

Tips lain untuk menambah berat badan

Selain minum susu penambah berat badan, Moms juga bisa melakukan beberapa tips yang dapat membantu Moms ataupun orang yang Moms sayangi untuk dapat menambah berat badan, seperti yang dilansir dari mayoclinic.org berikut ini:

  • Perbanyak frekuensi makan

Bagi orang yang kurus seringkali akan mudah untuk merasa kenyang. Sebaiknya Moms makan dalam porsi yang lebih sedikit namun dengan frekuensi yang lebih sering. Hal ini dapat membantu Moms untuk menambah berat badan

  • Makan makanan yang kaya nutrisi

Pilihlah jenis makanan yang mempunyai kandungan nutrisi yang sehat untuk menambah berat badan. Konsumsi makanan seperti sereal, buah-buahan, sayuran, produk susu, atau kacang-kacangan dapat membantu tubuh Moms mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah berat badan.

  • Minum jenis minuman smoothies atau shakes

Sebaiknya hindari meminum kopi, soda diet, ataupun minuman lain yang hanya mengandung sedikit nutrisi yang berguna untuk tubuh. Cobalah untuk meminum smoothies ataupun shakes yang kaya akan nutrisi.

  • Perhatikan waktu minum saat makan

Sebaiknya Moms juga tidak banyak meminum air di saat makan. Hal tersebut dapat membuat Moms lebih cepat merasa kenyang. Moms bisa meminum air kurang lebih 30 menit sesudah selesai makan.

  • Konsumsi cemilan yang bermanfaat

Di waktu senggang, Moms juga bisa mengonsumsi cemilan yang dapat membantu Moms menambah berat badan seperti kacang-kacangan, keju, buah kering, ataupun alpukat. Moms juga bisa makan cemilan sebelum waktu tidur untuk mempercepat proses penambahan berat badan.

  • Tambahkan makanan ekstra

Moms juga bisa memberikan tambahan hidangan pada menu utama makan seperti keju ataupun telur untuk menambah jumlah kalori yang dikonsumsi tubuh.

  • Rutin berikan dirimu makanan favorit

Meskipun tubuh Moms kurus, namun tetap berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula karena tidak bagus untuk kesehatan. Moms tetap dapat menikmati makanan favorit seperti es krim atau pie, namun dalam jumlah yang tidak berlebihan. Lebih baik lagi jika jenis makanan yang dikonsumi seperti muffin, yogurt, atau granola bar.

  • Berolahraga

Untuk menambah berat badan, sebaiknya Moms juga berolahraga untuk menambah massa otot dalam tubuh. Dengan rutin berolahraga pun dapat meningkatkan selera makan Moms yang akan berujung pada penambahan berat badan.

Selamat mencoba tips-tips yang diberikan dan minum susu penambah berat badan ya Moms!

Baca juga: Konsumsi 5 Pilihan Terbaik Sayuran untuk Diet Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like