Susu almond sudah menjadi tren gaya hidup di kalangan masyarakat dimulai sejak tahun 2014. Bahkan susu almond sudah “menggantikan” susu sapi yang Moms konsumsi sehari-hari. Namun apakah pernah muncul pertanyaan di benak tentang apa kelebihan susu almond dibandingkan dengan susu sapi yang lain?

Apabila Moms merupakan salah seorang vegan, sensitif pada susu, ataupun tidak suka susu, alternatif yang dapat Moms pilih untuk gaya hidup sehat yaitu susu almond.

Apa saja kelebihannya? 

Susu almond sudah dianggap sebagai pilihan terbaik bagi orang-orang yang mempunyai alergi laktosa dan juga para vegan. Susu almond mengandung kalori 50% lebih rendah dibanding dengan susu sapi.

Kelebihan susu almond lain yang bisa Moms dapatkan yaitu susu ini tidak memiliki kolesterol karena produk ini bukanlah produk hewani. Oleh karena itu susu ini sangat berguna jika Moms ingin menurunkan berat badan. 

Moms juga harus memperhatikan bahwa susu almond tidak mempunyai banyak kandungan kalsium ataupun protein guna mengganti susu sapi secara sepenuhnya. Pada satu gelas susu almond terdapat kandungan 1 gram protein, sedangkan susu sapi mengandung 8 gram protein. Selain itu, susu almond mengandung 2 miligram kalsium dan susu sapi mengandung 300 miligram kalsium.

Susu almond secara alami  juga mengandung protein rendah jika dibandingkan dengan susu kedelai dan susu sapi. 

Jika Moms ingin membeli susu almond yang ada di pasaran, lebih baik pastikan dulu bahan-bahan apa yang terkandung di dalamnya dan tidak mengandung pengawet buruk. Membuat susu almond sendiri pun diperbolehkan karena cara membuatnya pun cukup gampang.

Apa saja manfaat yang didapat ketika mengonsumsi susu almond?

Setelah mengetahui kelebihan susu almond, berikut ini manfaat yang bisa Moms dapatkan dari susu almond itu sendiri.

1. Dapat menyehatkan jantung

Salah satu kelebihan susu almond yaitu tidak mengandung kolesterol ataupun lemak jenuh. Susu almond mengandung sodium yang rendah serta lemak sehatnya tinggi sehingga mampu mencegah penyakit jantung serta tekanan darah tinggi.

2. Mampu menurunkan berat badan

Kelebihan susu almond yang bisa Moms temukan yaitu di dalam satu gelas susu almond hanya mengandung 39 kalori, yang dimana ini merupakan setengah dari kalori yang ada pada susu sapi. Susu almond dapat membantu Moms dalam menurunkan atau menjaga berat badan tetap sehat.

3. Tulang menjadi lebih kuat

Walaupun susu almond tidak mengandung cukup banyak vitamin D dan kalsium sebanyak susu sapi, namun ada kelebihan susu almond yang lain yaitu produk ini diperkaya oleh vitamin D dan kalsium yang justru mempunyai lebih banyak kandungan vitamin D dan kalsium lebih dari susu sapi.

Ini menjadi alasan mengapa susu almond mampu meningkatkan kesehatan gigi dan tulang serta mengurangi resiko osteoporosis.

Baca juga: Nutrisi Makanan yang Dikonsumsi Patah Tulang

4. Dapat mengurangi resiko diabetes

Kelebihan susu almond yang memiliki karbohidrat rendah in secara tidak langsung dapat meningkatkan kadar gula darah Moms sehingga resiko terkena diabetes pun berkurang.

Hal ini disebabkan karena susu almond mempunyai kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga tubuh Moms akan menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi dan gula pun tidak tersimpan sebagai lemak.

5. Tidak ada kandungan laktosa

Bagi Moms yang mempunyai intoleransi laktosa pasti akan menjadi sakit perut atau bahkan diare setelah minum susu. Nah, Moms dapat mengonsumsi susu almond sebagai pengganti susu sapi karena produk ini tidak mengandung laktosa.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like