Pernahkah terpikir oleh Moms apa sebenarnya manfaat terong ungu untuk kesehatan? Sayuran yang satu ini ternyata mempunyai banyak kebaikan untuk tubuh. Salah satunya bahkan memiliki potensi mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Manfaat terong ungu, bisa muncul karena kandungan berbagai nutrisi di dalamnya. Jadi, apa saja manfaat terong ungu untuk kesehatan? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan

Mengurangi risiko penyakit jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien yang terdapat di dalam terong ungu, dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini juga memiliki kandungan antocyanin, suatu komponen yang mampu menurunkan risiko kematian pada penderita penyakit jantung.

Mengontrol kadar gula darah

Menambahkan terong ungu ke dalam menu harian Moms, dapat membantu kadar gula darah di tubuh jadi lebih terkontrol. Manfaat terong ungu ini diperoleh dari kandungan serat yang dimilikinya.

Serat dapat menghambat pencernaan dan penyerapan gula di tubuh. Penyerapan yang lebih lambat, membuat kadar gula darah di tubuh menjadi semakin stabil.

Kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, membuat terong ungu menjadi makanan yang ideal bagi Moms yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Moms juga bisa menggunakan terong sebagai pengganti bahan makanan lain yang lebih tinggi kalori.

Dipercaya membantu mencegah kanker

Terong ungu memiliki kandungan polifenol yang dipercaya mempunyai efek antikanker. Selain itu, komponen lain dalam terong, juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga manfaat terong ungu yaitu dapat mencegah pertumbuhan sel tumor dan penyebaran sel kanker.

Baca juga: Manfaat Terong Bagi Kesehatan yang Bisa Moms Ketahui

Menjaga kadar kolesterol

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan uji, mengkonsumsi jus terong terbukti berhasil menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Manfaat terong ungu yang berikut ini diperoleh dari kandungan asam klorogenik yang dimilikinya. Namun, hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk mengonfirmasi manfaat ini.

Menjaga kesehatan hati

Terong ungu kaya akan kandungan antioksidan, terutama antocyanin. Kandungan antioksidan dalam terong ungu, dipercaya memiliki manfaat dalam melindungi hati dari jenis racun tertentu penyebab penyakit.

Menjaga kesehatan otak

Komponen antioksidan di dalam terong juga disebut memiliki potensi dalam melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara itu, komponen ini juga dapat mencegah terjadinya peradangan pada sel saraf, dan membantu memperlancar aliran darah ke otak.

Tips Memilih Terong yang Baik

Terong banyak dijual di pasaran dengan harga yang cukup murah. Akan tetapi, Moms perlu memperhatikan tips memilih terong yang baik agar manfaat yang diperoleh lebih optimal. Berikut merupakan tips memilih terong:

  1. Pilih terong yang keras, padat dan berat.
  2. Pilih terong dengan kulit halus, mengkilap dan rona ungu pekat.
  3. Hindari terong yang tampak layu, memar, atau berubah warna pucat.
  4. Saat mengiris terong, gunakan pisau stainless steel, bukan baja karbon, agar mencegah reaksi fitokimia yang dapat mengakibatkan terong menjadi hitam.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor yang Baik untuk Kesehatan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like