Apabila Moms sering mengonsumsi smoothie bowl, mungkin Moms akan familiar dengan chia seed. Chia seed sering dijadikan sebagai makanan sehat serta menu saat sedang diet. Banyaknya kandungan dan manfaat chia seed menjadikan biji-bijian ini dianggap sebagai salah satu makanan yang paling sehat. Moms bisa mengetahui manfaatnya dengan menyimak artikel di bawah ini. 

Beberapa manfaat chia seed

1. Dapat membantu menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan merupakan salah satu manfaat chia seed yang dapat Moms peroleh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat yang cukup tinggi di dalam chia seed yang mampu melancarkan pencernaan. Sehingga, berat badan Moms akan cepat turun. 

Chia seed akan membantu mengeluarkan sisa makanan agar tidak tertimbun terlalu lama di dalam tubuh. Karena, sisa makanan ini akan membuat lemak menjadi menumpuk dan berat badan pun bertambah. 

Selain itu, protein pada chia seed juga mampu membuat perut terasa kenyang dan tidak mudah merasa lapar. Maka tidak heran jika bij-bijian ini sering dijadikan sebagai menu andalan diet guna menurunkan berat badan. 

Baca juga: Cara Membuat Salad Buah untuk Dikonsumsi Saat Diet

2. Menurunkan kadar kolesterol serta menjaga kesehatan jantung

Kolesterol tentunya sangat berhubungan dengan kesehatan jantung Moms. Apabila kadar kolesterol jahat sudah terlalu tinggi, Moms akan beresiko mengalami penyakit jantung hingga stroke. 

Nah, salah satu manfaat chia seed yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dan juga menjaga kesehatan jantung. Karena kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi produksi trigliserida, dan juga mengurangi resiko detak jantung yang tidak teratur. Kandungan omega-3 ini dapat menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. 

3. Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat chia seed yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang serta gigi. Chia seed mengandung kalsium, kalium, magnesium, serta fosfor yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu meningkatkan kekuatan sendi dan otot. Dengan mengonsumsi chia seed, Moms dapat memelihara kesehatan sendi serta otot. 

Chia seed yang kaya akan kalsium di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan tulang. Ditambah, jika mengonsumsi chia seed secara rutin dapat menjadi salah satu cara efektif bagi Moms untuk memperbaiki asupan kalsium yang dibutuhkan tulang dan juga gigi. 

Senyawa mangan di dalam biji-bijian ini juga dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi.

4. Dapat mencegah Kanker

Mencegah serta melawan sel kanker merupakan salah satu manfaat chia seed. Biji-bijian yang satu ini merupakan sumber antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel. 

Apabila mengonsumsi biji-bijian ini dengan rutin, Moms dapat mengurangi resiko terkena segala jenis kanker. Chia seed dapat dikonsumsi dengan salah buah karena buah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi guna mencegah berbagai penyakit. 

Baca juga: Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Diet Moms

5. Dapat menjaga kesehatan kulit

Selain bermanfaat bagi kesehatan, biji chia ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan, lho. Salah satunya yaitu mencegah terjadinya penuaan dini. 

Biji-bijian yang satu ini bisa mengurangi gejala penuaan seperti keriput, garis halus atau kerutan, perubahan warna kulit, dan lain-lain. 

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada di dalam chia seed sudah terbukti dapat meningkatkan sirkulasi, mengurangi kekeringan, serta peradangan kulit. Kandungan omega-3 ini mampu membantu Moms dalam melindungi kulit dari paparan sinar UV atau radiasi. 

Baca juga: Manfaat Teh Hijau yang Wajib Moms Tahu

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like