Buah naga merupakan buah yang hanya tumbuh di daerah subtropis dan tropis seperti Asia dan juga Amerika Selatan. Buah yang satu ini dianggap sebagai tanaman kaktus yang memiliki banyak nutrisi. Buah naga memiliki kandungan kalori sebanyak 60 kalori yang masing-masingnya kaya akan vitamin B1, B2, B3, serta C, dan juga mineral seperti kalsium, fosfor, serta zat besi.

Ini menjadikan buah naga sebagai buah terbaik yang mudah untuk didapatkan di Indonesia. Penasaran apa saja khasiat buah naga untuk kesehatan? Cari tahu jawabannya di bawah ini. 

Beberapa khasiat buah naga 

Buah Naga memiliki banyak khasiat kesehatan
  • Dapat menurunkan berat badan

Khasiat buah naga yang pertama yaitu mampu membantu menurunkan berat badan. Buah naga adalah buah yang rendah akan kalori, sehingga cocok untuk Moms jadikan sebagai pengganti cemilan.

Buah ini juga dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Oleh karena itu, Moms bisa mengonsumsi buah ini saat ingin menurunkan berat badan karena kemampuannya yang dapat membantu menurunkan berat badan. 

Baca juga: 11 Manfaat Buah Plum yang Moms Harus Tahu

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti yang Moms ketahui bahwa buah naga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika kadar kolesterol pada pembuluh darah Moms cukup tinggi,  hal ini bisa menyebabkan gangguan pada jantung. Oleh karena itu, khasiat buah naga yang satu ini yaitu mampu mengurangi resiko terserang penyakit Kardiovaskular. 

  • Meredakan batuk dan asma

Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk terjadi karena disebabkan oleh demam atau flu yang sulit untuk ditangani. Meskipun tidak dapat dijadikan sebagai pengganti obat, meredakan batuk dan asma ternyata merupakan khasiat buah naga, lho.

Perlu Moms ingat bahwa buah ini mempunyai kadar vitamin C yang tinggi, sehingga akan membuat sistem imun Moms lebih kuat serta efisien saat melawan infeksi setiap harinya. 

  • Dapat mencegah diabetes

Khasiat buah naga yang selanjutnya yaitu mampu mencegah diabetes. Antioksidan yang ada pada buah naga dipercaya mampu mencegah terjadinya diabetes melitus. Hal ini mampu membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola makan serta pola hidup Moms yang tidak sehat. Selain itu, kadar gula yang ada pada buah naga juga cukup kecil sehingga aman untuk penderita diabetes. 

  • Sebagai sumber magnesium yang baik

Kandungan magnesium yang ada di dalam buah naga termasuk tinggi apabila dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Dengan mengonsumsi satu buah naga ukuran sedang dan memiliki berat sekitar 100 gram, Moms bisa memenuhi kebutuhan magnesium sehari-hari sebanyak 18%. 

Selain itu, magnesium juga diperlukan tubuh untuk proses biokimia yang berlangsung di dalam tubuh. Kandungan mineral ini juga dipercaya mampu mengurangi resiko terserang stroke serta penyakit jantung. 

  • Dapat mengurangi peradangan di tubuh

Mengurangi peradangan di tubuh adalah salah satu khasiat buah naga yang bisa Moms peroleh. Bagi Moms yang menderita nyeri kronis karena rheumatoid arthritis, mengonsumsi buah naga dipercaya mampu mengurangi peradangan yang Moms alami. Buah yang satu ini mengandung zat anti peradangan yang juga berfungsi sebagai pereda nyeri alami.

Walaupun begitu, buah ini tidak dapat menghilangkan nyeri kronis secara total karena hanya dapat membantu mengurangi saja. 

Baca juga: Khasiat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like