Rasa buah sirsak yang sedikit asam dan dagingnya yang kenyal membuat buah ini menjadi sangat menyegarkan. Namun, apakah Moms tahu buah yang satu ini mempunyai manfaat bagi kesehatan? Kandungan buah sirsak mampu mengatasi berbagai masalah kulit bahkan sampai menyembuhkan beberapa penyakit kanker tertentu.

Untuk mengetahui lebih jelas, simak penjelasan soal khasiat buah sirsak untuk kesehatan tubuh. 

Beberapa khasiat buah sirsak 

Bukan hanya di Indonesia, buah ini juga dapat ditemukan di negara-negara Amerika Selatan. Rasa buah sirsak merupakan campuran rasa nanas dan stroberi. Selain dikonsumsi secara langsung, Moms juga dapat mengolah buah ini menjadi bahan makanan penutup, obat tradisional, dan juga permen.

Selain itu, Moms bisa mengolah buah ini sebagai smoothies ataupun jus, lho. Penasaran apa saja khasiatnya? Di bawah ini merupakan khasiat buah sirsak untuk kesehatan.

1. Dapat membunuh parasit

Khasiat buah sirsak yang pertama yaitu dapat membunuh parasit. Kandungan anti bakteri serta anti parasit yang ada di dalam buah ini mampu melindungi tubuh dari infeksi parasit. Hal ini dikarenakan sirsak mempunyai kandungan vitamin C.

2. Mampu membersihkan saluran pencernaan

Moms ternyata juga bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai pengobatan yang berkaitan dengan saluran pencernaan, lho. Khasiat buah sirsak yang satu ini dapat Moms dapatkan dengan meminum seduhan daun nya. Daging dan daun sirsak berguna untuk membersihkan usus serta memperlancar sistem gastrointestinal Moms. Ini dikarenakan buah sirsak mampu menstimulasi hormon diuretik.

Kandungan vitamin C pada sirsak bisa membuat kekebalan tubuh menjadi kuat. Terdapat alkaloid dan kuinolon pada komponen anti peradangan yang mampu mengurangi parasit di usus dan juga mengurangi rasa nyeri serta sakit perut.

Baca juga: Buah Untuk Obati Maag Kambuh yang Harus Moms Ketahui

3. Dapat menyembuhkan nyeri

Dapat menyembuhkan nyeri merupakan salah satu khasiat buah sirsak. Senyawa anti peradangan yang ada pada sirsak bukan hanya mampu meredakan rasa nyeri di perut namun juga rasa nyeri pada sendi atau peradangan seperti arthritis.

Caranya, Moms hanya tinggal menggosokkan sirsak ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Selain itu, buah ini juga mampu meningkatkan fleksibilitas.

4. Dapat meredakan saluran pernapasan

Buah sirsak adalah buah yang cocok untuk dimakan saat Moms sedang menderita flu, batuk, atau gangguan pernapasan yang lain. Buah sirsak bersifat ekspektoran sehingga mampu menghilangkan dahak serta lendir dimana virus/pantogen hidup.

Selain itu, asam askorbat pada sirsak mampu melawan infeksi dan juga radikal bebas. Moms juga dapat memanfaatkan buah ini untuk mengobati tenggorokan dan sinus.

5. Dapat menghilangkan stres

Salah satu khasiat buah sirsak yaitu dapat menghilangkan stres juga, lho. Anti peradangan yang ada pada buah ini bisa membuat Moms merasa tenang. Ini baik jika Moms sedang merasa cemas dan menderita stres yang berlebihan.

Moms perlu terbebas dari rasa stres karena hormon stres akan merusak serta mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, efek menenangkan dari buah ini juga mampu mengatasi insomnia.

6. Menjaga kesehatan kulit

Biji sirsak ternyata dapat dimanfaatkan sebagai penyegar kulit. Caranya dengan menghancurkan biji dan buahnya, kemudian aplikasikan pada kulit. Khasiat buah sirsak yang bisa Moms peroleh yaitu dapat mengurangi gejala penuaan kulit dan juga mengurangi garis-garis kerutan.

Kandungan antioksidan yang ada pada sirsak mampu meremajakan kulit serta melindungi kulit dari infeksi bakteri.

7. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah ini mengandung vitamin B1, B2, serta C. Vitamin C ini dibutuhkan guna menjaga sistem kekebalan tubuh karena vitamin tersebut dapat menstimulasi pembentukan sel darah putih. Selain itu, vitamin ini termasuk ke jenis antioksidan yang mampu mencegah penyakit kronis.

8. Dapat mencegah penyakit kanker

Buah sirsak memiliki kandungan turunan asam lemak yang disebut dengan annonaceous acetogenins. Senyawa tersebut dapat dihubungkan dengan mencegah penyakit kanker serta pengurangan ukuran tumor. Kandungan pada sirsak diungkapkan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan kanker.

Acetogenins yang ada di dalam sirsak diduga mampu memotong perkembang sel tidak normal dari aliran darah. Buah ini juga sering dijadikan untuk pengobatan kanker prostat, paru-paru, dan juga payudara.

Itulah berbagai khasiat buah sirsak yang bisa Moms peroleh untuk kesehatan tubuh. Bagaimana? Apakah Moms ingin memasukkan buah sirsak ke dalam daftar buah favorit?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like