Untuk Moms yang sedang menjalankan program diet, tentunya harus pintar dalam memilih menu makanan yang akan dikonsumsi. Ada banyak manfaat yang bisa Moms dapatkan dari mengonsumsi sayuran untuk diet karena sayuran rendah akan kalori dan kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada 5 jenis sayuran yang bisa Moms konsumsi, lho. Penasaran apa saja? Simak penjelasan di bawah ini. 

Baca juga: Menu Makanan Sehat yang Bisa Moms Makan Setelah Olahraga

Sayuran untuk diet yang bisa dikonsumsi 

Sayuran hijau adalah salah satu pilihan terbaik untuk Moms yang sedang menjalani diet dan juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayuran hijau kaya akan vitamin, mineral, dan juga serat yang mampu menurunkan resiko berbagai macam penyakit, misalnya seperti kanker, diabetes, dan juga sakit jantung. Di bawah ini merupakan sayuran untuk diet yang bisa Moms jadikan pilihan untuk menu sehari-hari. 

  • Bayam
    Di setiap 30 gram sayur bayam terdapat 7 kalori dan 56 persen dari keseluruhan asupan vitamin A harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, sayur bayam juga dilengkapi oleh vitamin C, vitamin K, folat, dan juga zat besi. Moms bisa menumis bayam bersamaan dengan bawang putih dan cabe, kemudian tambahkan sedikit perasan lemon.
  • Brokoli
    Sayuran untuk diet yang kedua yaitu brokoli. Di setiap 90 gram atau satu mangkuk saji brokoli terdapat 135 persen asupan vitamin C harian dan 116 persen asupan vitamin K harian, kalium, serta folat. Brokoli juga kaya akan serat dan kalsium yang penting untuk diet. Moms bisa mengolah sayuran ini dengan cara dikukus kemudian ditumis dan menambahkan saus tiram agar mendapatkan cita rasa. 
  • Selada hijau atau merah
    Sayur yang biasanya disajikan mentah ini ternyata kaya akan serat, vitamin B, dan juga folat. Pola makan yang tinggi akan serat terbukti baik untuk menjaga berat badan serta mampu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. 
  • Kol
    Ternyata kol juga termasuk salah satu sayuran untuk diet, lho. Walaupun memiliki warna yang lebih pucat dari sayuran hijau yang lainnya, kol merupakan sumber nutrisi yang baik. Sayuran yang satu ini mengandung antioksidan yang tinggi yang penting untuk mendukung daya tahan tubuh Moms. Di setiap mangkuk saji atau sekitar 90 gram kol, mengandung 3 gram serat. Selain itu, sayuran yang satu ini juga mengandung vitamin K serta folat. Moms bisa mengonsumsi kol dengan cara ditumis, sebagai salad, atau sebagai pelengkap makanan. 
  • Kembang kol
    Sayuran untuk diet yang terakhir adalah kembang kol. Sayuran yang satu ini sekilas mirip dengan brokoli, namun warnanya berbeda. Kembang kol memiliki kandungan vitamin C, folat, dan kalium yang tinggi, sama dengan kol. Menurut beberapa penelitian, pola makan tinggi sayur dengan kandungan serat dan antioksidan mampu mengurangi resiko penyakit kanker. Sayuran ini bisa diolah dengan cara ditumis atau dikukus.

Itulah 5 pilihan sayuran terbaik yang bisa Moms konsumsi saat sedang menjalankan diet. Semoga bermanfaat! 

Baca juga: Baik untuk Kesehatan, Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like