Kadar asam urat dalam darah tentu dipengaruhi oleh makanan yang Moms konsumsi sehari-hari. Kelebihan kadar asam urat bisa menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Nah, oleh karena itu Moms harus mengenali apa saja makanan penyebab asam urat serta makanan penurun asam urat yang bisa dikonsumsi. Yuk simak penjelasannya di bawah ini! 

Apa Itu Asam Urat?

penyakit asam urat biasanya menimbulkan nyeri pada area persendian

Penyakit asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan nyeri yang tidak tertahankan, rasa panas pada area persendian, hingga pembengkakan. Semua sendi tubuh Moms beresiko terkena asam urat, namun sendi yang paling sering terkena adalah jari kaki, pergelangan kaki, lutut, serta jari tangan. Pada umumnya, penyakit ini akan lebih mudah menyerang pria, khususnya yang telah berusia di atas 30 tahun. 

Baca juga: Sayuran Penurun Darah Tinggi untuk Penderita Hipertensi

Penyebab Seseorang Terkena Asam Urat 

Penting bagi Moms untuk mengetahui apa saja hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena asam urat. Berikut ini faktor-faktor penyebabnya: 

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, serta hidangan laut. 
  • Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi. 
  • Menggunakan jenis obat-obatan tertentu, misalnya seperti obat kemoterapi, obat pengencer darah, dan juga obat penghambat enzim. 
  • Memiliki riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga lainnya.

Baca juga: Snack Rendah Kalori untuk Moms yang Sedang Diet

Apa Saja Makanan yang Menyebabkan Asam Urat?

beberapa makanan dapat memicu naiknya kadar asam urat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kadar asam urat menjadi tinggi. Kira-kira apa saja makanan tersebut? 

1. Makanan Laut

Makanan laut atau seafood memang memberikan banyak manfaat untuk tubuh, namun bagi Moms penderita asam urat sebaiknya hindari mengonsumsi makanan laut yang mengandung banyak purin. Diantaranya yaitu udang, lobster, kepiting, tiram, sarden, ikan teri, ataupun kerang. Apabila ingin tetap mengonsumsi, sebaiknya konsumsi makanan laut yang kaya akan kandungan nutrisi namun rendah purin seperti ikan salmon. 

2. Daging Merah

Makanan penyebab asam urat selanjutnya yaitu daging merah. Daging merah seperti daging sapi, domba, dan babi memang mengandung protein yang tinggi. Tetapi, daging-daging  tersebut tergolong ke dalam makanan penyebab asam urat. Hal ini dikarenakan kadar purinnya yang tinggi. Moms bisa mengganti sumber protein dengan mengonsumsi daging ayam atau tempe dan tahu. 

3. Daging unggas

Pada umumnya, daging unggas seperti bebek dan ayam memang aman untuk dikonsumsi Moms penderita asam urat, Namun, ada beberapa daging unggas lainnya yang mengandung kadar purin yang tinggi, seperti daging angsa dan kalkun sehingga Moms peru membatasi konsumsinya. 

4. Jeroan

Jenis makanan lain yang bisa menjadi penyebab asam urat yaitu jeroan. Hindari mengonsumsi jeroan seperti usus ayam, hati sapi, dan juga otak sapi apabila Moms menderita asam urat karena jenis makanan ini memiliki kadar purin yang tinggi dan bisa menyebabkan serangan gout akut jika dikonsumsi oleh Moms yang telah lama menderita asam urat. 

5. Minuman manis

Yang terakhir yaitu minuman manis seperti minuman kemasan dan soda. Kebanyakan dari jenis minuman tersebut memiliki kandungan fruktosa yang mampu merangsang produksi asam urat di dalam tubuh menjadi banyak. Minuman beralkohol khususnya yang berjenis bir juga bisa meningkatkan asam urat, lho. Hal ini disebabkan karena bukan hanya mengandung banyak purin, bir juga akan membuat tubuh jadi sulit untuk mengeluarkan asam urat dari darah. 

Selain itu, Moms penderita asam urat juga perlu membatasi konsumsi produk olahan susu tinggi lemak seperti keju, es krim, serta susu. 

Baca juga: Menu Diet Keto Selama Seminggu Bagi Moms yang Pemula

Makanan Penurun Asam Urat yang Bisa Moms Konsumsi 

beberapa makanan bisa menurunkan kadar asam urat

Setelah mengetahui apa saja penyebab asam urat dan jenis makanan yang bisa meningkatkan asam urat, berikut ini adalah beberapa makanan penurun asam urat yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Diantaranya: 

1. Ikan salmon

Ikan salmon adalah jenis ikan yang mengandung kadar purin cukup rendah yang aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Ikan salmon memiliki kandungan lemak tak jenuh dan omega 3 yang sangat tinggi sehingga baik bagi Moms penderita kolesterol dan komplikasi penyakit kolesterol lain seperti stroke dan jantung. Walaupun begitu, Moms harus tetap menjaga agar tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. 

2. Beras merah 

Makanan penurun asam urat yang selanjutnya yaitu beras merah. Beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi namun kadar gula dan kalori yang rendah. Selain itu, beras merah juga cocok untuk dikonsumsi jika Moms sedang menjalani program diet

Apabila kurang suka dengan tekstur beras merah, Moms bisa mencampurnya dengan beras putih agar teksturnya menjadi lebih enak. 

3. Buah apel 

Buah apel mengandung zat asam malat yang mampu membantu menetralkan kandungan asam urat. Selain itu, zat ini juga bisa membantu Moms membuang asam urat melalui urin. Moms yang menderita asam urat sangat disarankan untuk mengonsumsi buah apel karena buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas serta mencegah munculnya berbagai macam penyakit. 

4. Buah alpukat 

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang termasuk ke dalam makanan penurun asam urat. Buah yang satu ini memiliki kandungan yang mampu meningkatkan sifat basa tubuh sehingga dengan otomatis mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Buah alpukat juga mengandung lemak tak jenuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita asam urat. Moms bisa mengonsumsinya dengan membuatnya sebagai jus atau mencampurnya pada salad

5. Buah pisang 

Yang selanjutnya yaitu buah pisang. Buah yang satu ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, kadar alkali yang tinggi, serta gula yang rendah sehingga dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, kadar kalori pada buah pisang pun cukup tinggi sehingga Moms akan merasa kenyang lebih lama dan dapat membantu menurunkan berat badan. 

6. Buah delima 

Buah delima memiliki fungsi untuk mengurangi plak di dalam arteri yang dapat menyebabkan asam urat menjadi cocok. Maka dari itu, buah ini cocok untuk dikonsumsi Moms yang menderita asam urat. 

7. Seledri 

Makanan penurun asam urat yang terakhir yaitu seledri. Ada banyak komponen bermanfaat yang terdapat di dalam daun seledri, diantaranya apiol, glikosida, serta flavonoid yang mampu mengurangi nyeri pada persendian akibat asam urat. 

Cara mengonsumsinya, Moms cukup merebus 200 gram daun seledri yang sudah dicuci dengan 2 gelas air, saring ekstrak seledri menjadi satu gelas air, dan minum secara rutin sebanyak satu kali dalam sehari. 

Bukan hanya dapat mengurangi nyeri sendi, ekstrak seledri juga bisa dijadikan sebagai detoks tubuh. 

Baca juga: Jus Penambah Darah untuk Moms Penderita Anemia

Tips Lain yang Bisa Dilakukan untuk Menurunkan Asam Urat

Mengonsumsi makanan yang tepat dapat menurunkan asam urat

Selain mengonsumsi makanan penurun asam urat, ada beberapa langkah yang bisa Moms lakukan untuk menurunkan asam urat, lho. Berikut ini beberapa tipsnya: 

1. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin karena mampu meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. 

2. Memperbanyak minum air putih

Air putih membantu ginjal untuk membuang asam urat lebih cepat. Biasakan untuk memenuhi kebutuhan asupan air putih setiap harinya yaitu sebanyak 8 – 10 gelas. Khususnya jika Moms adalah seorang penderita asam urat. 

3. Menurunkan berat badan

Berat badan yang bertambah juga dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh, lho. Karena, sel-sel lemak akan memproduksi lebih banyak asam urat dibandingkan sel otot. Selain itu, kelebihan berat badan juga dapat mempersulit ginjal untuk menyaring asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya pertahankan berat badan agar tetap ideal dan jalani pola hidup yang sehat. 

4. Kurangi stres

Langkah terakhir yang bisa Moms lakukan yaitu dengan mengurangi stres. Stres, jarang beraktivitas fisik, serta kebiasaan tidur yang tidak sehat bisa meningkatkan terjadinya peradangan di dalam tubuh. Peradangan ini nantinya akan meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Maka dari itu, Moms perlu mengendalikan stres, memperbanyak olahraga, serta perhatikan waktu tidur. 

Itulah penjelasan mengenai penyakit asam urat serta beberapa makanan penurun asam urat yang aman untuk dikonsumsi para penderitanya. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Makanan Penurun Darah Tinggi untuk Moms Penderita Hipertensi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Aprilia restiyani

Ternyata banyak sekali manfaat membaca artikel milik @momslyfe selain masalah kehidupan,keuangan ada juga masalah kesehatan.aku pernah merasakan sakitnya asam urat,punggung begitu sakit kepala ikut sakit.ternyata sering makan buah pisang dan sayur seledri bisa menurunkan asam urat baru tau aku.terimakasih banyak….sangat bermanfaat sekali..jangang streess memang benar sekali ketika pikiran terlalu berat langsung berasa sakitnya..

Last edited 2 months ago by Aprilia restiyani
listiowati

sangat bermanfaat moms, karna suami saya termasuk asam uratnya tinggi dan masih kurang info mengenai makanan apa saja yg boleh dan tidak untuk dimakan, semoga dengan mengurangi makanan” diatas asam uratnya bisa cepat turun

You May Also Like