Bagi Moms penderita hipertensi, sangatlah penting untuk mengonsumsi makanan penurun darah tinggi agar tekanan darah tetap stabil serta terhindar dari berbagai macam komplikasi. Nah, apa saja makanan yang bisa Moms konsumsi untuk membantu menurunkan darah tinggi? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Pilihan Makanan untuk Diet yang Bisa Moms Konsumsi

Apa Itu Darah Tinggi?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Jika tekanan darah tinggi tidak terkontrol, maka kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya banyak komplikasi seperti stroke hingga serangan jantung. 

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Protein Harian dengan Mengonsumsi Makanan Berikut

Penyebab Seseorang Terkena Darah Tinggi 

Sebenarnya, pada banyak kasus belum bisa diketahui secara pasti apa yang menyebabkan darah tinggi. Tetapi, menurut para ahli ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang untuk terkena darah tinggi. Diantaranya yaitu: 

1. Keturunan

Moms akan lebih rentan untuk terkena darah tinggi apabila orang tua atau sanak keluarga juga menderita darah tinggi. Kondisi ini diduga berhubungan dengan faktor genetik. 

2. Usia

Dengan bertambahnya usia, organ serta pembuluh darah yang ada di dalam tubuh Moms akan mengalami perubahan, termasuk pembuluh darah dan juga ginjal. Perubahan yang terjadi pada ginjal akan menyebabkan terjadinya penurunan fungsi sehingga dapat mengganggu keseimbangan garam serta cairan di dalam tubuh. Sedangkan, pembuluh darah yang berubah karena penuaan akan membuat dinding pembuluh darah menjadi kaku. 

Kedua hal inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat. Inilah sebabnya orang yang sudah berusia lebih dari 35 tahun lebih beresiko terkena darah tinggi. 

3. Pola makan tidak sehat

Penyebab lain terjadinya darah tinggi yaitu karena pola makan yang tidak sehat. Moms akan beresiko terkena darah tinggi apabila terlalu sering mengonsumsi makanan asin dan berlemak atau kekurangan kalium. 

4. Obesitas

Obesitas atau berat badan yang berlebih juga dapat meningkatkan seseorang beresiko mengalami darah tinggi. Semakin gemuk tubuh, maka semakin banyak juga darah yang dibutuhkan untuk memasok oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Saat volume darah meningkat, maka tekanan di dalam pembuluh darah Moms pun juga akan meningkat. 

5. Jarang berolahraga 

Apabila Moms jarang berolahraga, maka detak jantung akan lebih tinggi dan rentan untuk mengalami obesitas. Kondisi ini akan membuat jantung bekerja lebih keras sehingga dapat meningkatkan resiko hipertensi. 

6. Kebiasaan merokok dan minum alkohol 

Zat kimia yang ada di dalam tembakau akan menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit sehingga tekanan di dalam pembuluh darah dan jantung pun meningkat. Hal ini berlaku untuk perokok aktif dan juga perokok pasif. 

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi minuman alkohol juga dapat menjadi penyebabnya. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi alkohol dengan jumlah yang berlebihan (lebih dari 7 kali dalam seminggu), cenderung untuk menderita darah tinggi. Hal ini dikarenakan efek alkohol mampu membuat dinding pembuluh darah menjadi kaku dan keras sehingga jantung pun perlu memompa darah lebih kuat. 

7. Stres

Faktor penyebab yang selanjutnya yaitu stres. Sering merasa cemas, stress, serta kurang tidur dapat menjadi penyebabnya karena diduga berhubungan dengan meningkatnya hormon stres ketika Moms sedang mengalami stres yang berkepanjangan. 

Beberapa faktor lainnya yaitu faktor keturunan yang tidak mungkin dicegah. 

Apa Saja Jenis Makanan yang Menyebabkan Darah Tinggi?

Ada banyak jenis makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah Moms dalam jangka pendek maupun jangka panjang apabila dikonsumsi. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan darah tinggi:

1. Makanan dengan kadar garam tinggi 

Garam memang merupakan mineral penting bagi tubuh. Tetapi, terlalu banyak kadar garam dalam darah nantinya akan menarik air ke pembuluh darah sehingga volume darah pun meningkat. Peningkatan volume darah ini akan menyebabkan tekanan darah ikut meningkat. 

Nah, Moms pasti sering tidak menyadari bahwa makanan yang dikonsumsi dapat menjadi penyebab darah tinggi. Produk makanan kemasan merupakan salah satu jenis makanan dengan kadar garam yang tinggi. Maka dari itu, bacalah label kandungan nutrisi terlebih dahulu sebelum membeli makanan kemasan.

2. Makanan yang mengandung lemak jenuh 

Lemak jenuh pada tubuh digunakan untuk memproduksi kolesterol. Apabila Moms terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi, maka jumlah kolesterol di dalam tubuh pun akan meningkat. Perlu Moms ketahui bahwa kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke dan penyakit jantung. 

3. Minuman berkafein

Jika Moms memiliki riwayat hipertensi atau pre hipertensi, maka sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya. Karena, minuman berkafein seperti kopi, soda, minuman berenergi, dan juga teh dapat memicu terjadinya darah tinggi. 

Hal ini dikarenakan kafein mampu menyebabkan meningkatnya tekanan darah sementara. Menurut para ahli, kafein dapat menghambat pelepasan hormon adenosin, yang mana merupakan hormon yang menjaga pembuluh darah agar tetap melebar. 

4. Minuman beralkohol

Terlalu sering mengonsumsi minuman alkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah Moms. Minuman beralkohol mengandung kalori tinggi yang mampu menyebabkan kenaikan berat badan. Kondisi ini mampu menyebabkan resiko terjadinya darah tinggi. 

5. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi

Bukan hanya makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi, makanan dengan kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan darah tinggi, lho. Ketika Moms mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi, tubuh akan merespons dengan menghasilkan insulin. Kadar insulin yang berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin di dalam tubuh sehingga membuat tubuh sulit untuk menyimpan magnesium. Jika kadar magnesium di dalam tubuh rendah, pembuluh darah pun akan kaku dan tekanan darah menjadi meningkat. 

Baca juga: Jus Penambah Darah untuk Moms Penderita Anemia

Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi yang Bisa Dikonsumsi

Meskipun tidak ada jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara cepat, nyatanya ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan darah tinggi bagi Moms yang menderita hipertensi. Diantaranya yaitu: 

1. Ikan salmon

Makanan penurun darah tinggi yang pertama yaitu ikan salmon. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3. Lemak sehat yang ada di dalam ikan salmon dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan cara menekan peradangan yang ada di dalam tubuh serta menurunkan kadar senyawa yang mampu menyempitkan pembuluh darah. 

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga merupakan salah satu makanan penurun darah tinggi. Macam-macam nutrisi seperti serat, kalium, magnesium, antioksidan, serta potassium juga bisa membantu Moms mengontrol tekanan darah, lho.

3. Wortel

Studi menjelaskan bahwa sayur wortel memiliki kandungan senyawa fenolik yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Moms dapat mendapatkan senyawa penting ini dengan cara mengonsumsi wortel, baik secara matang ataupun mentah. Tapi, mengonsumsi wortel yang mentah dipercaya lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Buah bit

Buah bit adalah salah satu buah yang termasuk ke dalam makanan penurun darah tinggi. Ini dikarenakan buah bit mengandung nitrat yang merupakan senyawa baik untuk melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. 

5. Buah citrus

Jenis buah citrus seperti jeruk bali, jeruk, serta lemon merupakan jenis buah yang baik untuk dikonsumsi bagi Moms penderita darah tinggi. Sama halnya dengan sayuran hijau, jenis buah citrus juga kaya akan mineral, vitamin, serta senyawa bioaktif yang mempunyai efek untuk menurunkan tekanan darah. 

6. Yoghurt dan susu rendah lemak

Makanan selanjutnya yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan darah tinggi adalah yoghurt dan susu rendah lemak. Apabila tidak menyukai susu, Moms bisa mengonsumsi yoghurt sebagai gantinya. 

Baca juga: Sayuran Penurun Darah Tinggi untuk Penderita Hipertensi

Tips Lain untuk Menurunkan Darah Tinggi 

Selain mengonsumsi makanan penurun darah tinggi, ada beberapa tips lainnya yang dapat dilakukan agar dapat menurunkan darah tinggi, diantaranya yaitu: 

1. Mengurangi berat badan

Mengurangi berat badan bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah karena kelebihan berat badan bisa membuat jantung bekerja lebih keras serta menyebabkan hipertensi. 

2. Menjalani pola makan yang sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, produk olahan susu rendah lemak dan juga mengurangi asupan lemak serta kolesterol bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

3. Membatasi konsumsi garam

Untuk Moms yang menderita darah tinggi, kurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan garam atau dengan melakukan diet rendah garam. Orang dewasa dianjurkan mengonsumsi garam hanya 1500-2000 mg per harinya. 

4. Rutin olahraga

Selain itu, rutin melakukan olahraga juga dapat dilakukan agar dapat mengurangi tekanan darah, lho. Lakukan olahraga selama 30-60 menit sebanyak 3-5 kali seminggu. Dengan berolahraga secara konsisten, Moms dapat menurunkan tekanan darah sebanyak 5-8 mmHg. 

5. Kurangi stres

Stres berkepanjangan dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi cobalah untuk mengendalikan stres agar tekanan darah Moms turun. Moms bisa melakukan yoga, meditasi, yoga, dan relaksasi untuk mengurangi stres. 

6. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol

Selanjutnya, hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol karena kebiasaan ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi. Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok akan memiliki resiko menderita hipertensi yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak merokok. Jadi, segera hentikan kebiasaan ini agar tekanan darah. 

7. Konsumsi obat-obatan 

Agar tekanan darah turun, Moms juga memerlukan obat-obatan. Namun, untuk mengonsumsi obat-obatan, Moms harus melakukannya sesuai dengan resep dokter karena butuh penyesuaian jenis dan dosis obat dengan usia, respon tubuh, dan riwayat penyakit Moms yang lain. 

Baca juga: Baik untuk Kesehatan, Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Maharani

Artikel ini sangat mengedukasi sekali untuk para orangtua Yang kurang aware memperhatikan kondisi teknan darahnya, Dan malah menyepelekan hal tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini orangtua bisa lebih aware Dan Menjaga agar Kesehatan teknan darahnya bisa lebih DIKENDALIKAN Dan tidak menjadi hal serius nantinya 🤗🤗🤗

You May Also Like