Belakangan ini berbagai bisnis makanan ringan kekinian sedang menjamur di kota-kota besar. Hal ini tidak mengherankan karena keuntungan yang didapatkan juga tidak sedikit. Lalu, makanan ringan kekinian apa saja yang bisa Moms buat? Berikut beberapa pilihannya.

Makanan ringan kekinian ini sangat digemari oleh anak muda yang gemar makan camilan ketika berkumpul maupun di kala sendirian. Camilan kekinian bisa menjadi teman nongkrong, membuat tugas, hingga untuk bersantai di rumah.

Makanan ringan kekinian yang mudah dibuat ini cocok Moms jadikan usaha bagi pemula. Hal ini karena tidak perlu modal yang begitu banyak Moms sudah mendapatkan keuntungan yang besar. Terlebih, peminat makanan ringan ini tidak pernah sepi.

Makanan Ringan Kekinian untuk Ide Bisnis

Makaroni Pedas

Makan ringan kekinian yang pertama yaitu makaroni pedas. Cita rasa yang renyah, gurih dan pedas menjadi ciri khasnya. Umumnya, makaroni ini terdiri dari beberapa level kepedasan, meski level terpedasnya bisa membuat Moms pusing karena kepedasan.

Snack kekinian yang berikut ini terbukti bikin ketagihan banyak orang, terlebih bagi pecinta pedas. Makaroni dulunya hanya digoreng dan dibungkus menggunakan plastik polos. Sekarang, makanan yang satu ini sudah tersedia dalam berbagai varian, seperti makaroni bihun, makaroni basah, makaroni kuah dan berbagai makaroni lainnya.

Bahan membuat makaroni pedas yang mudah, antara lain:

Bahan-bahan:

– 500 gram makaroni mentah

– 40 gram bubuk cabai

– 2 sendok teh garam

– Minyak goreng secukupnya

– Air secukupnya

Cara membuat makaroni pedas:

1. Rebus makaroni terlebih dahulu. Siapkan panci yang berisi air, kemudian didihkan air tersebut. Setelah mendidih, masukkan makaroni mentah ke dalamnya. Rebus makaroni hingga teksturnya berubah menjadi empuk.

2. Ketika makaroni matang, angkat dari panci dan bilas menggunakan air dingin. Hal ini dilakukan agar makaroni tidak mudah hancur. Selanjutnya tiriskan hingga makaroni kering dari sisa air.

3. Siapkan wajan yang telah diisi minyak dan panaskan. Setelah minyak panas, masukkan makaroni ke dalam wajan, kemudian goreng hingga matang atau berwarna kecokelatan.

4. Setelah matang, tiriskan makaroni agar minyak berkurang.

5. Letakkan macaroni di dalam mangkuk, kemudian taburkan garam dengan cabai bubuk di atasnya.

6. Aduk atau kocok terlebih dahulu sebelum disajikan. Makaroni goreng pedas siap disajikan.

Basreng

Makanan ringan kekinian selanjutnya yang tidak kalah enak adalah basreng. Saat ini semakin banyak inovasi yang dibuat oleh para pengusaha makanan ringan untuk memikat hati konsumennya. Salah satu makanan ringan yang tengah digemari orang-orang adalah basreng atau baso goreng. Rasanya yang lezat mengundang rasa penasaran bukan saja para remaja melainkan juga orang dewasa.

Karena kepopulerannya banyak orang mulai mencoba peruntungan dengan membuka usaha basreng dengan berbagai varian yang mereka ciptakan untuk menarik pembeli. Sejauh ini basreng mempunyai pangsa pasar yang luas, tidak hanya itu bisnis makanan ini juga tidak ribet dan sangat menguntungkan.

Usus Goreng Krispi

Makanan ringan kekinian yang mudah dibuat dan cocok untuk ide bisnis selanjutnya yaitu usus goreng crispy. Usus goreng crispy ini belakangan juga mulai banyak diminati dan dapat menjadi prospek yang bagus untuk bisnis.

Bahan-Bahan:

– 250 gram usus ayam

– 1 sdt garam

– 1 sdt kapur sirih

– 1 sdt air perasan jeruk nipis

Bumbu Halus:

– 3 siung bawang putih

– 1 ruas kunyit

– 1 butir kemiri

– 1/4 sdt ketumbar

– merica dan kaldu bubuk secukupnya

Bahan Tepung Krispi:

– 15 sdm tepung terigu

– 3 sdm tepung maizena

– daun jeruk secukupnya

Cara Membuat Usus Goreng Krispi:

1. Cuci bersih usus di air mengalir sampai benar bersih dan kesat kemudian potong-potong.

2. Siapkan baskom, larutkan kapur sirih, garam, air jeruk nipis, usus dengan air sampai usus terendam.  Diamkan selama 30 menit. Lalu cuci sampai bersih, tiriskan.

3. Lumuri dengan bumbu halus sambil diremas-remas, diamkan 30 menit.

4. Campur semua bahan tepung dengan irisan daun jeruk secukupnya.

5. Gulingkan usus di bahan tepung sambil ditekan-tekan.

6. Panaskan minyak, goreng usus sampai garing.

7. Angkat dan tiriskan. Simpan di wadah atau toples kedap udara.

Roti bakar

Roti bakar sudah sering ditemui di sekitar kita. Mulai dari gerobak pinggir jalan hingga restoran kekinian, Moms dapat menemui hidangan selingan satu ini.

Bisnis roti bakar tampaknya banyak digandrungi para pelaku usaha kuliner. Belakangan ini banyak bisnis roti bakar kekinian. Para pengusaha kuliner ini berlomba memberi inovasi rasa, tempat, dan pelayanan yang mampu menarik minat pembeli.

Potato Wedges

Potato wedges juga dapat Moms jadikan makanan ringan kekinian yang mudah dibuat berikutnya. Potato wedges untuk dijual dapat Moms jadikan bisnis yang menjanjikan. Berikut cara membuat potato wedges:

Bahan-Bahan:

– Kentang, potong-potong

– Susu cair

– Telur

– Tepung terigu

– Garam

– Merica

– Bubuk kaldu

– Bubuk paprika

– Bubuk bawang putih

– Parsley kering buat taburan kalau suka

Cara Membuat Potato Wedges:

1. Campurkan telur dan susu, aduk hingga rata. Sisihkan.

2. Campurkan tepung terigu, garam, merica, bubuk kaldu, bubuk paprika, dan bubuk bawang putih. Sisihkan.

3. Celupkan beberapa kentang ke dalam campuran susu dan telur. Kemudian masukkan ke dalam adonan tepung.

4. Panaskan minyak goreng, lalu goreng kentang hingga matang.

5. Angkat, taburi parsley kering.

6. Sajikan.

Keripik Pisang Aneka Rasa

Keripik pisang aneka rasa juga dapat menjadi makanan ringan kekinian untuk dijadikan ide bisnis. Jika keripik pisang terdengar biasa saja, bagaimana dengan keripik pisang rasa coklat? Atau keripik pisang keju dan green tea? Berinovasi dengan berbagai rasa merupakan bentuk pemasaran yang menyesuaikan dengan tuntutan zaman, sehingga peminatnya selalu bertambah.

Pilihan rasa yang banyak serta didukung dengan pemasaran dan produk kemasan yang unik dijamin bisnis keripik pisang ini akan menjadi bisnis yang tidak hanya sekedar kekinian namun juga bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Nah itulah berbagai pilihan makanan ringan kekinian yang bisa Moms jadikan sebagai ide bisnis. Selamat mencoba ya, Moms!

Baca Juga: Usaha Makanan Rumahan Kekinian yang Bisa Moms Coba

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like