Mengonsumsi makanan untuk radang tenggorokan akan membantu Moms dalam mengatasi rasa sakit, rasa tidak nyaman, serta mempercepat penyembuhan. Makanan seperti pisang, yogurt, makanan yang berkuah, dan berbagai makanan serta minuman di bawah ini dapat membantu Moms mengatasi gejala radang tenggorokan. Penasaran apa saja yang bisa dikonsumsi? Simak penjelasannya. 

Makanan untuk radang tenggorokan agar mempercepat penyembuhan 

Saat sedang sakit tenggorokan, rasa nyeri dan tidak nyaman ketika menelan makanan akan membuat Moms sulit untuk makanan dan minum. Padahal, tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk membantu kesembuhan. Beberapa makanan dan minuman berikut ini bisa membantu meringankan rasa sakit serta mempercepat proses penyembuhan. 

  • Air putih. Air putih merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Air putih mampu menjaga kelembaban serta kebersihan tenggorokan, dan juga mencukupi kebutuhan cairan Moms sehingga terhindar dari dehidrasi. 
  • Sup ayam. Sup ayam merupakan salah satu makanan untuk radang tenggorokan. Menurut penelitian, nutrisi yang ada pada sup ayam bersifat mengurangi peradangan dan membantu membersihkan saluran pernapasan sehingga mampu mengurangi gejala sakit tenggorokan yang dialami. 
  • Sayuran yang dimasak dengan baik. Kandungan nutrisi baik di dalam sayuran seperti kentang, wortel, dan kol mampu membantu mempercepat kesembuhan. Oleh karena itu, sayuran yang diolah dengan cara direbus atau menjadi kuah.
  • Telur orak-arik. Kandungan protein di dalam telur baik untuk menutrisi tubuh Moms. Telur yang diorak-arik biasanya akan terasa lembut dan mempermudah Moms untuk menelannya. Itulah mengapa telur orak-arik dijadikan sebagai pilihan makanan untuk radang tenggorokan. 

Baca juga: Obat Radang Tenggorokan Anak yang Alami dan Mudah Didapat

  • Pisang. Tekstur pisang yang lembut dan mudah ditelan akan membantu Moms dalam mendapatkan nutrisi dalam mengatasi radang tenggorokan. 
  • Madu. Selain rasanya yang enak, madu mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. Madu memiliki kandungan antioksidan, antibakteri, antivirus, dan juga dapat meredakan peradangan. Madu juga dipercaya efektif melawan infeksi serta menyembuhkan luka. Hal ini membuat madu menjadi makanan untuk radang tenggorokan karena dapat mempercepat kesembuhan. 
  • Peppermint. Kandungan mentol yang ada pada peppermint bisa membantu meringankan gejala radang tenggorokan dan juga batuk. Peppermint mengandung anti bakteri, anti radang, serta anti virus sehingga menjadikannya sebagai makanan untuk radang tenggorokan. 
  • Teh chamomile, teh fenugreek dan jenis teh yang lainnya. Teh chamomile mengandung anti radang, anti oksidan, dan zat astringent yang dimana baik untuk meringankan sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi yang menjadi penyebab sakit tenggorokan. Selain teh fenugreek dan chamomile, Moms bisa mengonsumsi teh hangat lain untuk memberi rasa nyaman dan mengobati tenggorokan.
  • Kunyit dan jahe. Kunyit dan jahe dapat menjadi makanan untuk radang tenggorokan karena mengandung sifat anti bakteri dan anti radang yang berguna untuk meredakan gejala flu. Moms bisa mengolahnya menjadi minuman hangat atau sebagai campuran dalam teh hangat. 
  • Bawang putih. Bawang putih memiliki sifat antijamur, antibakteri, serta antivirus yang membuatnya menjadi salah satu makanan untuk radang tenggorokan. Penggunaannya dengan cara mengunyah atau menghirup baunya selama 15 menit. Untuk menyamarkan rasanya di mulut, Moms dapat mencampurnya dengan minyak zaitun atau madu. Moms juga bisa mencampurnya dengan jus sayuran. 

Itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi saat sedang menderita radang tenggorokan yang dapat mempercepat penyembuhan. Selamat mencoba!

Baca juga: Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like