Makanan yang Baik untuk DIkonsumsi Saat Sedang Haid

Makanan yang Baik Dikonsumsi

Menstruasi bisa mengakibatkan berbagai perubahan pada tubuh wanita di setiap bulannya. Ketika haid datang, pastinya Moms hanya ingin ngemil makanan manis-manis seperti kue, coklat, atau martabak. Tapi sayangnya itu tidak selalu baik bagi tubuh wanita ketika menstruasi. Lalu apa saja makanan yang baik dikonsumsi saat haid? 

Makanan yang baik dikonsumsi untuk wanita saat menstruasi

Menstruasi sering membuat hormon wanita menjadi naik turun. Karena itu, kebutuhan gizi wanita menjadi berubah-ubah. Maka penting untuk memperhatikan dan menjaga makanan serta minuman yang akan dikonsumsi sebelum, saat dan juga sesudah menstruasi. Berikut ini adalah makanan yang baik dikonsumsi saat menstruasi yang perlu Moms ketahui.

1. Camilan yang sehat

Makanan yang Baik Dikonsumsi

Ngemil bukan hal yang bisa dihindari saat sedang menstruasi. Sebaiknya Moms menyiapkan camilan yang sehat saat sedang mengalami menstruasi. Camilan sehat yang dikonsumsi bisa berupa buah-buahan segar, yoghurt, kacang-kacangan, atau bahkan selai kacang. Beberapa camilan sehat di atas adalah makanan yang baik dikonsumsi saat sedang haid.

2. Makanan dengan kandungan zat besi

Makanan yang Baik Dikonsumsi

Darah yang keluar saat sedang haid bisa meningkatkan resiko anemia. Dan untuk mengatasi resiko terkena anemia, sebaiknya Moms mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi di dalamnya. Seperti mengonsumsi daging, ikan, sayuran hijau, susu, ikan, atau sereal gandum yang bisa mencegah terjadinya anemia saat haid berlangsung. Makanan dengan kandungan zat besi bisa menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat Moms sedang menstruasi. 

3. Makanan kaya rempah-rempah tradisional

Makanan yang kaya akan rempah-rempah tradisional bisa menjadi makanan yang baik dikonsumsi saat sedang menstruasi. Rempah-rempah tradisional seperti jahe dan kunyit berguna untuk meredakan nyeri haid.

Moms dapat meracik jamu dengan satu buah kunyit yang sudah dicuci bersih kemudian ditumbuk hingga agak alus. Lalu campurkan sedikit air, peras dan minum air kunyit secara rutin guna meredakan nyeri PMS.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan jahe. Jahe diketahui mempunyai sifat antiradang yang dapat meredakan sakit perut saat atau sebelum menstruasi. Caranya dengan merebus jahe dengan teh atau menambahkannya ke makanan.

4. Makanan yang berserat

Makanan yang kaya akan serat seperti buah, gandum, dan sayuran hijau merupakan makanan yang baik dikonsumsi saat wanita sedang menstruasi.

Kenapa? Karena saat menstruasi pencernaan biasanya juga ikut terganggu, oleh karena itu makanan berserat adalah solusi yang tepat untuk dikonsumsi saat sedang haid. Konsumsi serat yang cukup bisa menghindari sembelit dan rasa kembung pada saat haid.

5. Hindari makanan yang terlalu asin saat haid

Makanan atau jajanan asin seperti keripik kentang adalah salah satu makanan yang dicari-cari wanita saat sedang haid. Makanan yang gurih memang sangat menggiurkan, tetapi jenis makanan seperti ini bukanlah makanan yang baik.

Kandungan natrium yang ada dalam makanan asin bisa membuat perut menjadi kembung sehingga haid pun semakin tidak nyaman.

Baca juga: Kurangi Konsumsi Jenis Seafood Ini Apabila Moms Punya Kolesterol Tinggi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x