Manfaat bawang putih bukan hanya dikenal sebagai penambah rasa masakan, namun juga dipercaya bermanfaat bagi kesehatan. Bawang putih sendiri sudah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno, Tiongkok, bahkan India. Bawang putih sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan medis.

Moms ingin tahu apa saja khasiat yang diberikan oleh bawang putih? Simak ulasannya berikut ini.

Apa saja manfaat bawang putih yang diberikan untuk kesehatan? 

1. Baik untuk kesehatan jantung

Salah satu manfaat bawang putih yang bisa Moms peroleh yaitu baik untuk kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih di dalamnya akan memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung Moms.

Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih yang bisa menurunkan kolesterol serta efek pengencer darah yang mampu membantu melancarkan sirkulasi darah. 

2. Baik untuk kesehatan saluran pencernaan

Tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, manfaat bawang putih yang lain juga baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Bawang putih memiliki kandungan zat allicin yang berperan sebagai antibiotik dan juga antijamur. Selain itu, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk melawan infeksi bakteri H.pylori di dalam lambung. 

3. Dapat mencegah kanker

Dapat mencegah kanker merupakan salah satu dari manfaat bawang putih, lho. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu menekan aktivitas sel kanker. Bawang putih mempunyai potensi sebagai sumber antikanker.

Selain itu, bagi Moms yang sudah terbiasa mengonsumsi bawang putih maka akan beresiko lebih kecil untuk terkena penyakit kanker usus besar. Tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna menerapkannya sebagai pengobatan medis. 

4. Dapat mencegah pilek, radang, dan batuk

Manfaat bawang putih yang selanjutnya yaitu mampu mencegah pilek, radang, dan juga batuk. Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang dapat memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa aktif allicin yang sudah terbukti ampuh untuk membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti flu, batuk, pilek, serta radang tenggorokan. 

Orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih beresiko lebih rendah untuk terkena pilek dibanding orang yang hanya mengonsumsi obat plasebo. Sedangkan, dengan mengonsumsi ekstrak bawang putih Moms mampu mengurangi resiko terkena flu dan pilek. 

5. Dapat mengobati jerawat

Apabila Moms tidak kunjung berhasil dalam menghilangkan jerawat, tidak ada salahnya untuk mencoba manfaat bawang putih yang satu ini. Ya, bawang putih mentah memang dapat membantu Moms dalam mengobati jerawat membandel. 

Kandungan allicin yang ada pada bawang putih mempunyai sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan asam sulfenat yang dibentuk dari dekomposisi allicin bisa membantu meringan bekas jerawat, sejumlah alergi, serta penyakit kulit. 

6. Dapat mengatasi rambut rontok

Salah satu manfaat bawang putih yang dapat Moms peroleh yaitu dapat mengatasi rambut rontok. Bawang putih mentah mampu mendorong serta memperkuat pertumbuhan rambut di kulit kepala bagi yang menderita kebotakan atau alopecia. Hal ini dikarenakan oleh zat sulfur yang memiliki kandungan keratin yang tinggi di dalamnya.  

7. Dapat menurunkan kolesterol 

Manfaat bawang putih yang lainnya yaitu dapat mencegah kadar kolesterol yang tinggi. Jika Moms mengonsumsi sekitar 10 gram atau sekitar 1-2 bawang putih mentah setiap harinya selama dua bulan, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan turun cukup drastis. 

Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik serta menurunkan kolesterol total. 

8. Dapat mengendalikan tekanan darah

Selain kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi juga bisa menjadi pemicu berbagai penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, Moms dapat mengandalkan bawang putih guna mengendalikan tekanan darah tinggi. 

Manfaat bawang putih mentah untuk mengendalikan tekanan darah sudah lama dikenal dan sebanding dengan obat hipertensi generik. 

Efek penurunan tekanan darah sistolik dan juga diastolik setelah makan bawang putih mentah dikatakan hampir sama jika dibandingkan dengan obat hipertensi atenolol. Ditambah, bawang putih memiliki kandungan polisulfida yang bekerja untuk memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah pun turun. 

9. Dapat mengaktifkan enzim pembuang racun 

Kandungan allicin yang ada di dalam bawang putih dapat mengaktifkan enzim pembuang racun di dalam tubuh. Allicin merupakan antioksidan yang kuat dan mampu untuk mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan ataupun gangguan kesehatan tubuh, termasuk masalah organ hati. Manfaat bawang putih yang satu ini juga bisa mengatasi infeksi akibat jamur. 

10. Dapat mengatasi penyakit hipertensi

Hipertensi merupakan penyebab utama dari penyakit paling mematikan, yaitu stroke dan serangan jantung. Meskipun tidak menimbulkan gejala berbahaya, Moms yang memiliki hipertensi harus segera menanganinya dengan mengonsumsi ekstrak bawang putih sebelum menimbulkan penyakit kronis lainnya. 

Ekstrak bawang putih sebanyak 600 hingga 1500 mg memiliki efek yang sama dengan khasiat dari obat atenolol ketika dikonsumsi. Maka dari itu, Moms dapat menurunkan tekanan darah tinggi dalam waktu sekitar 24 minggu jika rutin mengonsumsi ekstrak bawang putih. 

Baca juga: Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like