Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi, sayuran hijau seperti bayam penting untuk kesehatan kulit, rambut serta tulang. Hal ini karena kandungan yang terkandung di dalamnya seperti zat besi, protein, vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, mengkonsumsi bayam juga baik bagi Moms yang menderita diabetes karena mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Lalu, apa saja manfaat lain dari bayam untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Mengontrol Kadar Diabetes 

Bayam memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai Asam Alfa-Lipoat dan telah terbukti mampu menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif. Adapun perubahan yang diinduksi stress pada pasien yang terkena diabetes. Melansir studi tentang Asam Alfa-lipoat menunjukkan penurunan neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes. Akan tetapi, sebagian besar penelitian telah menggunakan asam alfa-lipoat intravena, dan masih dalam proses penelitian apakah suplemen oral akan memberikan manfaat yang sama. 

Mencegah Kanker 

Manfaat bayam untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Bayam dan sayuran hijau lainnya memiliki kandungan klorofil yang mana beberapa studi pada tahun 2013 dilakukan pada 12.000 hewan. Hasilnya membuktikan bahwa klorofil efektif dalam memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik. Hal ini dapat dihasilkan saat memanggang makanan pada suhu tinggi dan dapat berkontribusi untuk mencegah pertumbuhan kanker. 

Mencegah Asma 

Mencegah asma merupakan salah satu manfaat bayam untuk kesehatan. Menurut studi terhadap 433 anak-anak yang menderita penyakit asma dengan rentang umur 6 hingga 18 tahun, dan 537 anak-anak tanpa mengidap asma. Hasilnya menjunjukan bahwa risiko untuk mengemangkan asma lebih rendah daripada orang yang mempunyai asupan nutrisi tertentu yang lebih tinggi. Adapun untuk nutrisinya bernama beta-karoten yang mana menjadi sumber nutrisi pada bayam. 

Menurunkan Tekanan Darah 

Bayam mempunyai kandungan kalium yang tinggi sehingga cocok untuk dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu, kalium mampu membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah mungkin sebagai faktor risiko yang kuat untuk mengembangkan tekanan darah tinggi seperti asupan natrium tinggi. Oleh karena itu, bayam memiliki manfaat untuk kesehatan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K yang terdapat pada bayam juga penting sebagai asupan tubuh yang rendah akan vitamin K dan selalu dikaitkan dengan risiko patah tulang yang tinggi. Konsumsi vitamin K yang cukup, penting untuk menjaga kesehatan tulang karena berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh dalam urin. 

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut 

Bayam juga memiliki manfaat untuk kesehatan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Pasalnya, bayam mempunyai sejumlah vitamin A yang memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut untuk melembabkan kulit dan rambut. 

Tidak hanya itu, minyak yang dihasilkan mampu menimbun jerawat dan vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh termasuk kulit dan rambut. Kandungan zat besi pada bayam membantu untuk mengurangi rambut rontok dan kandungan bayam beserta sayuran hijau lainnya juga kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk membangun dan memelihara kolagen untuk menyediakan struktur kulit dan rambut.

Itulah beberapa manfaat bayam untuk kesehatan tubuh. So, mulai sekarang perbanyak konsumsi bayam ya, Moms!

Baca Juga: Manfaat Cincau Hitam yang Tidak Boleh Moms Lewatkan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like