Ketahui 8 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Berikut Ini!

Manfaat Buah Manggis

Manggis merupakan buah terkenal yang mungkin semakin meningkat beberapa tahun belakangan karena ekstraknya maupun jinglenya yang enak didengar. Ternyata buah manggis juga memiliki banyak manfaat lho. Berikut merupakan berbagai manfaat kesehatan buah manggis yang wajib Moms ketahui.

Kandugan Gizi Buah Manggis

Buah manggis memiliki beberapa kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, berikut kandungannya.

Seperti yang di lansir dari Health Line, buah manggis termasuk buah yang menyimpan banyak nutrisi penting bagi tubuh. Buah manggis juga termasuk kedalam makanan sehat rendah kalori. Berikut beberapa kandungan gizi buah manggis dalam 1 mangkuk (196 gram) bahan: 

  • Kalori: 143 kalori 
  • Karbohidrat: 35 gram 
  • Serat: 3,5 gram 
  • Lemak: 1 gram 
  • Protein: 1 gram 
  • Vitamin C: 9 persen dari jumlah kebutuhan vitamin C harian 
  • Vitamin B9 (asam folat): 15 persen dari jumlah kebutuhan asam folat harian 
  • Vitamin B1 (tiamin): 7 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B1 harian 
  • Vitamin B2 (riboflavin): 6 persen dari jumlah kebutuhan vitamin B2 harian 
  • Mangan: 10% dari jumlah kebutuhan mangan harian 
  • Tembaga: 7% dari jumlah kebutuhan tembaga harian 
  • Magnesium: 6% dari jumlah kebutuhan magnesium harian 

Vitamin dan mineral yang terdapat di dalam buah manggis di antaranya penting untuk mempertahankan banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas, dan pensinyalan saraf. 

Tidak hanya itu, satu cangkir (196 gram) buah manggis menyediakan hampir 14% dari jumlah kebutuhan serat harian yang baik untuk tubuh. 

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Antioksidan, yang dipercaya mampu mengendalikan efek radikal bebas pada tubuh, ternyata dapat ditemukan juga terkandung dalam buah manggis. Xanthone merupakan substansi yang mempunyai kemampuan yang sama dengan antioksidan, yang ditemukan terdapat dalam hampir keseluruhan bagian buah manggis, dengan sebutan alpha-mangostin dan gamma mangostin.

Walaupun dapat ditemukan dalam sejumlah tumbuhan lain, buah manggis adalah buah yang memiliki kandungan xanthone paling banyak.

Berikut beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan yang bisa Moms dapatkan.

Antioksidan

Buah manggis temasuk buah yang memiliki sumber antiosidan. Perlu Moms ketahui bahwa, antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralisir efek merusak dari molekul yang berpotensi berbahaya yang disebut radikal bebas, yang terkait dengan berbagai penyakit kronis. 

Buah manggis memiliki kandungan beberapa nutrisi dengan kapasitas antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Tidak hanya itu, buah manggis juga sanggup menyediakan xanthones, jenis senyawa tanaman unik yang dikenal mempunyai sifat antioksidan kuat. 

Dalam beberapa penelitian, aktivitas antioksidan xanthone telah memproduksi efek anti-inflamasi, antikanker, anti-penuaan, dan anti diabetes

Dengan begitu, xanthones dalam buah manggis mungkin bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan potensial. Akan tetapi, masih diperlukan banyak penelitian mengenai manfaat buah manggis tersebut. 

Kesehatan otak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah manggis dapat membantu mencegah penurunan mental, mengurangi peradangan otak, dan meningkatkan gejala depresi pada tikus. 

Akan tetapi, masih dibutuhkan lebih banyak lagi penelitian mengenai manfaat kesehatan manggis untuk kesehatan otak ini. 

Mengatasi kanker

Manfaat buah manggis yang bisa Moms peroleh yaitu dapat mengatasi kanker. Alfa-mangostin yang diekstrak dari buah manggis dapat menghambat terjadinya kanker payudara. Hal ini disebabkan alfa-mangostin mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel yang abnormal penyebab perkembangan kanker. Umumnya alfa-mangostin ini, dimakan dalam bentuk suplemen makanan.

Ekstrak etanol yang dihasilkan dari dinding buah manggis mampu mengatasi kanker kulit. Hal ini karena hasil dari ekstrak etanol tersebut mempunyai kemampuan untuk melawan efek yang timbul dari kanker kulit.

Melawan alergi

Salah satu manfaat buah manggis adalah mampu melawan alergi. Hal ini karena ekstrak dari buah manggis yang dapat menghambat pelepasan histamin (penyebab tubuh gatal-gatal saat alergi) dan sintesis prostaglandin (penyebab tubuh meradang saat alergi).

Melawan peradangan

Alfa dan gamma mangostin dalam buah manggis dapat berfungsi untuk melawan peradangan. Alfa dan gamma mangostin yang terdapat dalam buah manggis mempunyai kemampuan untuk menghambat produksi nitrit oksida, suatu gas yang dapat memperburuk kondisi peradangan pada tubuh Moms.

Manfaat buah manggis sebagai anti bakteri

Manfaat buah manggis yang selanjutnya yaitu sebagai anti bakteri. Xanthone yang terkandung dalam buah manggis mampu mencegah tubuh terserang tuberkulosis. Hal ini terjadi karena alpha dan beta mangostin buah manggis dapat menghambat laju mycobacterium tuberkulosis yang menyebabkan tuberkulosis dalam tubuh, sehingga konsentrasinya dalam tubuh mengalami penurunan.

Membantu menurunkan berat badan

Dalam industri kesehatan dan kebugaran, salah satu klaim ketenaran manfaat buah manggis terbesar yaitu potensinya untuk membantu menurunkan berat badan.
 
Sebuah studi menunjukkan bahwa tikus yang melakukan diet tinggi lemak yang menerima dosis suplemen buah manggis mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok tikus yang tidak diberikan suplemen. 

Oleh karena itu, dalam sebuah studi kecil selama 8 minggu, orang yang melengkapi diet mereka dengan 3, 6 atau 9 ons (90, 180, atau 270 ml) jus buah manggis dua kali sehari cenderung mempunyai indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukannya. 

Sementara, beberapa ahli berteori bahwa efek anti-inflamasi pada buah manggis memiliki peran dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. 

Membantu melancarkan pencernaan

Karena dikemas dengan serat, buah manggis merupakan makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Moms. 

Serat memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan, sementara diet tinggi serat dapat membantu meningkatkan keteraturan usus. Walaupun hasil ini menjanjikan, penelitian pada manusia terkait manfaat ini masih perlu ditingkatkan. 

Masih terlalu dini untuk membuat klaim definitif mengenai manfaat buah manggis dalam mendukung otak, jantung, dan kesehatan pencernaan pada manusia. 

Hati-hati Saat Mengonsumsi Buah Manggis

Jika Moms ingin mengkonsumsi buah manggis dalam bentuk suplemen, Moms harus memperhatikan beberapa aspek. Mengonsumsi suplemen buah manggis ketika Moms mempunyai gangguan kesehatan pada darah, justru akan memperburuk kondisi Moms. Tidak disarankan juga untuk mengonsumsi suplemen buah manggis dua minggu sebelum Moms melakukan suatu tindakan medis. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika Moms ingin mengonsumsinya.

Nah, itulah beberapa manfaat dari buah manggis yang bisa Moms peroleh. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Untuk Tubuh

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x