Buah melon bukan hanya memiliki manfaat menyehatkan untuk tubuh tapi juga kaya akan kandungan vitamin dan zatnya. Dalam satu buah melon, terdapat kandungan 60 kalori serta 14 gram kandungan gula alami. Buah melon juga berguna untuk memberikan energi dan kadar lemak yang rendah.

Nah, Moms penasaran dengan apa saja manfaat buah melon yang menyehatkan untuk tubuh? Berikut ulasannya.

Manfaat buah melon untuk kesehatan  

1. Mengandung vitamin C 

Vitamin C pada buah melon bermanfaat baik untuk kesehatan. Mengonsumsi 100 gram melon setara dengan kebutuhan vitamin C Moms, lho. Vitamin C ini berguna untuk tubuh. Manfaat buah melon karena vitamin C di dalamnya ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit dan infeksi yang menyerang.

2. Kandungan kalium yang tinggi

Apabila kekurangan kalium, aliran darah menjadi tidak lancar dan detak jantung menjadi tidak teratur. Salah satu manfaat buat melon yaitu mengandung dosis kalium yang seimbang untuk tubuh di setiap 100 gram daging buahnya. Kalium pada buah melon bisa membantu mencegah naiknya tekanan darah. 

3. Baik untuk diet

Manfaat buah melon yang selanjutnya adalah baik untuk diet. Sejumlah kandungan serat pada buah melon bisa membantu mengatur pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol pada tubuh secara keseluruhan.

Pencernaan baik pastinya berhubungan dengan buang air teratur. Itu artinya dengan memakan buah melon dapat mengurangi kemungkinan adanya masalah pada pencernaan. Misalnya seperti sembelit. 

Ditambah, melon adalah buah dengan kandungan kalori yang rendah. Jadi apabila Moms ingin diet, bisa saja mengonsumsi melon sebagai asupan selama diet. Buah melon juga bisa menjaga kestabilan berat badan, dan juga menghindari tubuh dari beberapa penyakit tertentu. Seperti kanker dan tekanan darah tinggi.

4. Kaya akan kandungan vitamin B6

Vitamin B-6 berguna sebagai koenzim, enzim yang berfungsi untuk mengaktifkan proses kimia, yang digunakan untuk memetabolisme protein. Salah satu manfaat buah melon yaitu bisa membantu mengatur mood dan membuat tidur menjadi nyenyak. Ini dikarenakan adanya vitamin B-6 pada buah melon.

5. Baik untuk ibu hamil

Manfaat buah melon yaitu memberikan nutrisi selama masa kehamilan. Pada masa kehamilan, Moms membutuhkan asupan mineral dan vitamin yang tinggi dibanding biasanya. Ini adalah periode dimana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi yang maksimal karena imunitas yang biasanya lebih lemah dari biasanya.

Contohnya, kandungan kalium pada melon bisa menjaga kesehatan jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apabila Moms ingin melahirkan anak yang sehat, maka disarankan untuk mengonsumsi 100 gram melon per harinya.

Baca juga: Manfaat Buah Nanas Bagi Pencernaan yang Sayang Untuk Dilewatkan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like