Masih jarang yang tidak tahu kalau sebenarnya buah mengkudu, atau buah noni, merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Buah hijau eksotis seukuran kentang ini sendiri memang rasanya tidak enak dan mengeluarkan bau busuk yang menusuk, sehingga kebanyakan dikonsumsi dalam bentuk jus maupun suplemen makanan.

Walaupun penampilannya yang kurang menggugah selera, ternyata ada berbagai manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yang mungkin tidak pernah Moms ketahui sebelumnya.

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan

Sebuah studi membuktikan bahwa jus Noni memiliki khasiat anti virus dan membantu menyembuhkan batuk, menurunkan demam, serta mengobati badan pegal linu.

Mengatasi arthritis

Apabila Moms melakukan gaya hidup sehat dan minum jus mengkudu setiap hari, Moms dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan arthritis hingga seminimal mungkin. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus Noni membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terikat dengan arthritis karena sifat analgesiknya.

Para peneliti di Jerman mempelajari manfaat buah mengkudu dalam mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit di antara hewan yang diuji. Dan hasilnya menunjukkan bahwa khasiat analgesik mengkudu ditemukan sebanding dengan tramadol, obat analgesik resep yang digunakan untuk mengobati rasa sakit sedang sampai parah.

Membungkus daun mengkudu segar di sekitar daerah yang bermasalah juga dipercaya dapat meredakan radang sendi, bengkak dan sakit akibat arthritis.

Encok adalah sejenis arthritis yang diakibatkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Berbagai penelitian telah menyatakan bahwa jus mengkudu dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mampu menurunkan risiko encok.

Melindungi dari risiko kerusakan akibat stroke

Minum jus mengkudu dapat membantu melindungi Moms dari kerusakan yang bisa ditimbulkan stroke. Peneliti melakukan uji lab pada hewan untuk menentukan apakah sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari buah mengkudu akan melindungi tikus lab dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan aliran darah sementara ke otak.

Ketika aliran darah pada tubuh tikus kembali pulih, kelompok tikus yang menerima jus mengkudu menunjukkan kerusakan neurologis yang lebih sedikit daripada kelompok kontrol.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu untuk kesehatan yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan scopoletin yang terdapat dalam buah mengkudu mempunyai sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, antijamur dan antihistamin yang meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.

Kemudian sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli (penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang, hingga sepsis) dan Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing).

Peningkatan kadar kolesterol dalam darah adalah faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Merokok juga dapat mengakibatkan kolesterol tinggi yang disebabkan karena penumpukan stres oksidatif dalam tubuh.

Mengkonsumsi 29 sampai 188 mililiter jus mengkudu dapat mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Lipoprotein kepadatan tinggi merupakan bentuk kolesterol yang baik. Mengkudu juga mampu mengurangi low-density lipoprotein, bentuk kolesterol yang buruk.

Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengontrol kadar glukosa darah. Buah mengkudu mempunyai sifat penurun gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu noni atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah.

Studi tersebut membuktikan bahwa noni juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah.

Mengurangi stres

Jus mengkudu dapat membantu Moms mengatasi stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak.

Mencegah kanker

Buah mengkudu memiliki kandungan berbagai antioksidan yang dapat memerangi risiko Moms terhadap kanker. Buah mengkudu telah memperlihatkan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

Mengobati iritasi kulit kepala

Meski belum banyak literatur medis yang menyelidiki manfaat buah mengkudu, para pakar kesehatan sepakat bahwa buah hijau ini memiliki kandungan sifat antibakteri dan antijamur, dan dengan demikian dapat membantu mengatasi iritasi kulit kepala.

Baca Juga: Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like