Selain menyegarkan, sajian cincau hitam untuk minuman juga baik untuk kesehatan. Menurut Dr Health Benefits, cincau hitam yang berasal dari tanaman janggelan (Mesona chinensis) merupakan sumber karbohidrat dan serat makanan yang baik. Lalu, apa saja manfaat cincau hitam yang baik untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Manfaat cincau hitam

Terdapat banyak kandungan yang baik dalam cincau hitam seperti phenolic dan fitonutrien yang membuatnya bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat cincau hitam antara lain:

Sumber antioksidan

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa manfaat cincau hitam yang utama adalah sebagai sumber antioksidan. Hal ini penting terutama bagi Moms yang aktivitas sehari-harinya terpapar polusi.

Menghindari diabetes

Manfaat cincau hitam berikutnya yaitu dapat melindungi sel-sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Dengan begitu, gula darah dapat terjaga sekaligus menekan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2.

Mampu Melawan bakteri

Cincau hitam memiliki manfaat yaitu mampu melawan bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi penyakit. Hal ini dapat terwujud berkat kandungan antioksidan dan fitonutrien di dalamnya. 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cincau hitam juga seringkali dijadikan suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Hal ini berarti, orang yang sedang kurang enak badan dapat mengonsumsi cincau hitam untuk menambah imunitas.

Baik untuk pencernaan

Kandungan flavonoids dalam cincau hitam juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia. Selain itu, manfaat cincau hitam juga untuk mengatasi penyakit terkait pencernaan, mencegah diare, hingga mencegah sariawan. Cincau hitam juga tinggi serat sehingga dapat membuat pencernaan semakin lancar.

Mencegah tumor dan kanker

Kandungan isokandrodendrin dan alkaloids bisbenzilsokuinolin yang terdapat pada cincau hitam membantu mencegah Moms terkena tumor hingga kanker ginjal. Cincau hitam juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menjadi pencegah inflamasi atau peradangan.

Menjaga berat badan

Pasalnya, cincau hitam tidak mengandung kalori dan gula, oleh karena itu minuman ini cocok dikonsumsi oleh Moms yang tengah menjalani diet atau menjaga berat badan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mengonsumsi cincau hitam sebaiknya tidak diberi pemanis tambahan terlalu banyak karena dapat mengakibatkan gula darah meningkat.

Konsumsi cincau hitam dengan bijak

Akan sangat mudah bagi Moms untuk menemukan minuman dengan bahan dasar cincau hitam dengan berbagai perpaduannya di Indonesia. Ada yang menyeduh dengan santan, dijadikan isian es campur, dan lainnya.

Terdapat banyak cara untuk mengonsumsi cincau hitam, tergantung pada pilihan setiap orang. Meski begitu, sebaiknya Moms tahu batasan saat mengonsumsi cincau hitam. Lebih baik untuk tidak menambahkan pemanis atau santan terlalu banyak ketika membuat minuman dengan bahan dasar cincau hitam.

Tidak hanya itu, konsumsi wajar cincau hitam per harinya yaitu 1-2 kali (dengan takaran 330 gram setiap penyajian). Pastikan juga tempat Moms membeli cincau hitam benar-benar bersih. Apabila sudah dikemas, perhatikan tanggal kadaluarsa dan tetap cek kondisinya ketika akan mengolah. Nah, itulah berbagai manfaat dari cincau hitam. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Manfaat Cincau Hijau Selain untuk Minuman Segar

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like