Pohon kelor merupakan tanaman asli Indonesia yang biasa dikenal sebagai pohon obat. Pada dasarnya tumbuhan ini menawarkan berbagai zat dan kandungan yang mujarab untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Bagian yang paling sering dimanfaatkan untuk berobat atau mencegah penyakit yaitu daunnya. Berbagai manfaat daun kelor telah terbukti dalam beberapa penelitian.

Lalu, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan Moms? Perhatikan penjelasan berikut.

Mencegah penyakit hati

Menurut penelitian laboratorium yang dilansir dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention menyatakan bahwa daun kelor bisa menjaga kesehatan hati (liver) Moms. Salah satu gangguan yang paling umum dialami organ hati adalah fibrosis atau kerusakan jaringan. Selain itu, daun kelor mampu memperbaiki jaringan yang rusak atau luka pada organ hati. Rutin dalam mengkonsumsi daun kelor pun bisa mencegah kerusakan jaringan hati berkembang jadi sirosis atau gagal hati.

Bergizi tinggi

Hampir semua bagian pohon kelor bisa dikonsumsi atau digunakan sebagai obat tradisional, khususnya daun dan buahnya yang mirip kacang polong. Selain disukai banyak orang, daun dan buahnya memiliki kandungan banyak vitamin dan mineral.

Satu cangkir daun kelor segar memiliki kandungan protein 2 gram, vitamin B6 19 persen dari angka kebutuhan gizi atau AKG, vitamin C 12 persen dari AKG, besi 11 persen dari AKG, vitamin B2 11 persen dari diet yang direkomendasikan, vitamin A 9 persen dari AKG, dan magnesium 8 persen dari AKG. Akan tetapi, jangan harap daun kelor kering atau suplemennya memiliki kandungan nutrisi yang setinggi ini.

Kandungan vitamin dan mineral buahnya tidak setinggi daun kelor, tapi kaya akan vitamin C. satu cangkir biji kelor memiliki kandungan 157 persen dari AKG.

Akan tetapi, daun kelor juga mempunyai kelemahan yaitu memiliki kandungan kadar antinutrien tinggi yang dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein.

Kaya antioksidan

Antioksidan membantu tubuh melawan radikal bebas yang tinggi dapat mengakibatkan stres oksidatif beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain vitamin C dan betakaroten, daun kelor juga memiliki kandungan quercetin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah; juga asam klorogenik yang dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes dapat memicu munculnya masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Akan tetapi, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan. Hanya beberapa studi berbasis manusia yang ada, dan mereka biasanya berkualitas rendah.

Kesehatan mata

Ternyata daun kelor juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Selama ini Moms mungkin hanya tahu bahwa kesehatan mata bisa didapatkan dari sumber makanan yang memiliki kandungan vitamin A dan berwarna merah seperti tomat, wortel, pepaya dan lain sebagainya.

Walaupun daun kelor tidak berwarna merah seperti sumber makanan lainnya yang bagus untuk kesehatan mata, namun daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang banyak. Diketahui dalam 100 gram daun kelor memiliki kandungan 3390 SI vitamin A. Kandungan tersebut pastinya lebih banyak apabila dibandingkan dengan wortel. 

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh mempunyai peran penting untuk mencegah tubuh terserang oleh infeksi virus ataupun bakteri yang mengakibatkan penyakit. Dibutuhkan asupan nutrisi terbaik supaya sistem kekebalan tubuh kondisinya tetap optimal.

Daun kelor memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Daun kelor juga memiliki manfaat untuk menjaga kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C, vitamin A, serta zat besi yang akan mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih yang mana secara langsung dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. 

Menjaga fungsi otak

Daun kelor mempunyai manfaat yang besar dalam menjaga fungsi otak supaya pikiran dan mood tetap stabil. Daun kelor memiliki peran sebagai neurotransmitter, serta sebagai senyawa tiroid yang akan mampu menjaga kestabilan psikis.

Apabila Moms mengkonsumsi daun kelor dengan teratur akan meminimalisir risiko terjadinya depresi atau hal-hal lainnya  yang memiliki kaitan dengan kondisi psikis dan mood. 

Menjaga sistem pencernaan

Masalah sistem pencernaan seperti penyakit maag dapat dipicu karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, berminyak, berlemak dan lain-lain. Penyakit ini dianggap sebagai salah satu penyakit yang biasanya terjadi karena banyak orang yang mengalaminya.

Daun kelor dapat membantu menyehatkan pencernaan. Manfaat daun kelor untuk pencernaan mempunyai kaitan erat dengan peran daun kelor sebagai anti-inflamasi. Apabila seseorang mengkonsumsi daun kelor dengan rutin akan membuat kondisi sistem pencernaannya menjadi lebih baik, serta gejala dari penyakit maag akan berkurang. 

Mengatasi penyakit kulit

Penyakit kulit akan memunculkan berbagai gejala yang akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, seperti gatal-gatal ataupun muncul bercak pada kulit yang akan mengurangi rasa percaya diri. Agar masalah kulit teratasi banyak orang yang mempercayakan pada daun kelor.

Dalam daun kelor terkandung antiseptik yang dapat membunuh kuman atau bakteri penyebab penyakit kulit. Beberapa penyakit kulit yang bisa diatasi dengan menggunakan daun kelor yaitu gatal-gatal karena alergi, penyakit herpes, kulit bernanah dan luka.

Untuk mengatasi masalah kulit dengan menggunakan daun kelor, Moms cukup menumbuk daun kelor sampai halus. Selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah. Agar hasilnya maksimal ada baiknya lakukan cara ini dengan rutin.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Plum yang Mungkin Belum Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like