Daun salam merupakan tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan karena mempunyai aroma yang khas. Selain digunakan sebagai penyedap masakan, daun salam ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat yang bisa Moms peroleh? Berikut penjelasannya.

Manfaat Daun Salam

Mengobati Diabetes

Manfaat daun salam yang pertama adalah dapat menjadi obat diabetes. Daun salam memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Zat tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat daun salam selanjutnya adalah dapat menurunkan kolesterol. Hal ini berarti bahwa daun salam mempunyai efek baik bagi kesehatan jantung. Zat polifenol dalam daun salam juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga mencegah komplikasi penyakit jantung yang sering kali menyerang pasien dengan diabetes.

Menurunkan berat badan adalah manfaat lain dari daun salam. Apabila Moms sedang berjuang dalam menurunkan berat badan atau diet, Moms bisa mendapatkan salah satu manfaatnya bagi kesehatan.

Dilansir dari Times of India, mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu meluruhkan lemak. Akan tetapi, Moms tetap harus memperhatikan kebersihannya.

Mengurangi Nyeri

Manfaat daun salam bagi kesehatan juga dipercaya ampuh mengatasi peradangan dan nyeri sendi. Minyak yang diproduksi dari daun salam memiliki sifat anti peradangan yang bisa digunakan untuk mengurangi nyeri yang diakibatkan keseleo, ketegangan otot, arthritis, rematik ataupun akibat lain.

Memijat kepala menggunakan minyak daun salam juga membantu untuk menyembuhkan sakit kepala atau migren.

Sebagai obat antijamur

Daun salam mengandung etanol yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antijamur.

Untuk kesehatan rambut

Panaskan campuran daun salam dan minyak zaitun atau kemiri selama beberapa menit. Gunakan hot oil tersebut untuk memijat kulit kepala setiap dua hari sekali.

Mengobati luka 

Daun salam diyakini dapat membantu untuk mengobati luka karena hasil penelitian melaporkan bahwa daun salam mempunyai sifat pengurangan peradangan di daerah sekitar luka.

Penelitian ini baru dilakukan pada tikus saja, belum pernah dilakukan pada manusia, akan tetapi peneliti optimis reaksinya akan sama seperti manusia. Manfaat lain dari daun salam, yakni sebagai antioksidan alami.

Bagaimana Moms, tertarik untuk mencobanya? Ternyata manfaat daun salam sangat banyak ya selain untuk kebutuhan bumbu dapur.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like