Selain dikonsumsi dengan cara dikunyah, daun sirih juga bisa direbus dan diambil khasiatnya. Manfaat rebusan daun sirih juga tidak kalah banyak. Daun sirih mempunyai kandungan sejumlah bahan aktif yang konsentrasinya bergantung pada jenis tanaman, musim, dan cuaca saat itu.

Apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan?

Mengatasi diare

Banyak mikroba yang bisa dilawan oleh kandungan sterol pada daun sirih. Mikroba tersebut adalah E. coli yang sering mengakibatkan diare. Bakteri lain yang dapat dibasmi dengan meminum air rebusan daun sirih, yakni Streptococcus pyrogen, Staphylococcus aureus, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa.

Menyehatkan jantung

Bentuk daun yang seperti hati seakan-akan menunjukkan manfaat daun sirih itu sendiri sebagai tanaman yang dapat menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa daun sirih memang dapat menguatkan organ vital tersebut sekaligus mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan ketidakteraturan irama jantung.

Mengobati luka lambung

Daun sirih yang disiram air panas terbukti mempunyai lendir yang berfungsi untuk melapisi lambung. Hal ini menyediakan manfaat rebusan daun sirih sebagai pelindung dinding lambung sehingga tidak mudah terluka apabila Moms mengalami kenaikan asam lambung maupun hal lainnya.

Sebagai antiseptik

Daun sirih adalah antiseptik alami yang luar biasa. Kandungan daun sirih yang kaya akan polifenol, khusunya chavicol menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih dapat diaplikasikan pada luka untuk membunuh kuman. Kandungan polifenol pada daun sirih juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis.

Minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Meredakan asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan akibat peradangan. Daun sirih mempunyai sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat mengobati dan mencegah asma kambuh.

Penelitian telah menemukan bahwa aktivitas antihistamin daun sirih dapat menurunkan kasus asma bronkial. Selain itu, minyak sirih dan polifenol yang ada dalam daun sirih mempunyai sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan asma.

Meredakan sakit punggung dan otot tegang

Salah satu manfaat daun sirih lainnya adalah obat yang baik untuk orang yang menderita sakit punggung bagian bawah atau sakit pinggang. Untuk meredakan nyeri pinggang, Moms dapat memijat pinggang atau punggung bagian bawah dengan minyak daun sirih atau jus daun sirih yang dicampur dengan minyak kelapa murni. Hal ini juga dapat meredakan nyeri otot, kemerahan, dan pembengkakan.

Obat mimisan

Daun sirih adalah obat yang baik untuk mengatasi hidung berdarah atau mimisan. Daun sirih dapat membantu menghentikan aliran darah dengan cara memasukkan gulungan daun sirih segar ke dalam hidung yang sedang mimisan dan tunggu selama 30 menit untuk menghentikan aliran darah.

Mengobati jerawat dan masalah kulit

Daun sirih adalah obat yang baik untuk jerawat, flek hitam, dan berbagai masalah kulit lain. Khasiat antimikroba dalam daun sirih mampu membantu mengobati sariawan, alergi, gatal, dan bau badan.

Untuk mengobati jerawat dengan daun sirih, hancurkan beberapa lembar daun sirih kemudian campurkan ekstraknya dengan sedikit kunyit. Oleskan campuran tersebut pada jerawat dan alergi.

Lalu cara mendapatkan manfaat daun sirih lainnya adalah dengan mencuci muka atau membasuh dengan air rebusan daun sirih pada kulit yang bermasalah. Menerapkannya secara rutin dapat membantu menghilangkan noda serta jerawat pada wajah atau punggung dalam beberapa hari.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor yang Baik untuk Kesehatan

 

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like