Manfaat gula aren untuk kesehatan banyak digunakan untuk campuran makanan dan minuman. Gula aren sering dijadikan alternatif penggunaan gula putih. Gula aren terbuat dari nira, cairan yang keluar dari batang tanaman pohon aren. Lalu, apa saja manfaat gula aren yang dapat Moms rasakan untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Gula aren mempunyai rasa karamel yang ringan dan rasa manis yang khas. Selain mempermanis makanan dan minuman, gula aren juga mempunyai sejumlah manfaat kesehatan. Beberapa orang banyak yang mengaitkan manfaat gula aren untuk kesehatan dengan perawatan diabetes.

Gula aren dikenal sebagai gula alami karena melibatkan pemrosesan minimum dan tidak ada bahan kimia yang digunakan. Gula aren umumnya berbentuk blok, butiran dan cair. Karena gula aren tidak melalui banyak pemrosesan, gula aren dinilai lebih menyehatkan. Manfaat gula aren untuk kesehatan diperoleh dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi.

Baca juga: Menderita Asam Urat? Konsumsi Makanan Penurun Asam Urat Berikut Ini!

Manfaat gula aren untuk kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Gula aren memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Antioksidan berperan dalam membantu mencegah peradangan dan infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh. Gula aren juga bisa meningkatkan energi dengan cepat. Efek ini mampu mengatasi rasa lelah akibat kekurangan energi.

Efek antiseptik

Gula aren bersifat anti peradangan dan anti mikroba. Keduanya dapat membantu penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Gula aren juga dapat bermanfaat bagi penyembuhan sariawan pada gusi atau bibir. Gula aren dapat melawan reaksi alergi seperti alergi kulit, pernapasan, hingga pencernaan.

Menghangatkan tubuh

Manfaat gula aren selanjutnya yaitu mampu menghangatkan tubuh. Mencampurkan gula aren ke dalam minuman, dan meminumnya ketika tubuh kedinginan, ternyata ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat. Gula ini biasanya menjadi bahan tambahan dalam wedang jahe dan minuman hangat lainnya. Hal ini karena gula aren mampu menjaga stabilitas suhu tubuh.

Meredakan demam dan flu

Sifat antiperadangan sekaligus menghangatkannya, menjadikan gula aren solusi yang bagus untuk mengatasi demam dan flu. Mengonsumsi minuman hangat dengan campuran gula aren mampu mencegah dan meredakan demam dan flu. Gula aren mampu menetralkan suhu tubuh yang bisa menurunkan demam.

Mencegah obesitas

Gula aren cenderung rendah kalori jika dibandingkan dengan gula putih. Konsumsi gula aren dalam jumlah yang cukup mampu mengontrol berat badan dan mencegah timbulnya obesitas. Satu sendok teh (4 gram) gula aren dapat mengandung 15 kalori, sedangkan jumlah gula putih yang sama mengandung 16,3 kalori.

Kalori rendah dalam gula aren sangat cocok dalam menurunkan berat badan secara efektif. Gula aren dapat Moms jadikan sebagai alternatif pemanis untuk diet. Kelebihan berat badan dan obesitas merupakan faktor risiko diabetes dan komplikasinya. Akan tetapi, jumlah konsumsinya juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan.

Melancarkan pencernaan

Manfaat selanjutnya yang dapa Moms peroleh dari gula aren yaitu mampu membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan lambung. Gula aren juga memiliki kandungan serat makanan yang berguna untuk kelancaran pencernaan. Inulin yang terdapat dalam gula aren juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Inulin merupakan serat prebiotik yang dapat difermentasi yang bermanfaat bagi bakteri usus.

Mencegah penuaan dini

Antioksidan dan vitamin B yang terdapat pada gula aren mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit. Tanda-tanda penuaan ini meliputi kerutan, garis halus dan noda hitam.

Gula aren juga memiliki manfaat dalam membantu melindungi kulit dari berbagai macam masalah seperti jerawat dan komedo. Gula aren juga mampu melembapkan dan menghaluskan kulit. Manfaat ini tentu akan membuat kulit menjadi lebih bersih, segar dan tampak awet muda.

Mengatasi kram menstruasi

Gula aren cenderung lebih banyak memiliki kandungan kalium dan zat besi dibanding dengan gula putih. Nutrisi ini mampu membantu mengatasi kram ketika Moms sedang menstruasi. Kandungan kalium dalam gula aren dapat meredakan nyeri serta melancarkan menstruasi. Gula aren juga memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan energi yang berfungsi untuk mengusir rasa lemas dan lemah ketika menstruasi datang.

Mengatasi anemia

Gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi berguna untuk mengatasi anemia yang diakibatkan oleh kekurangan besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi cukup zat dalam sel darah merah yang memungkinkan mereka membawa oksigen (hemoglobin). Hal ini mengakibatkan tubuh akan terasa lelah dan pusing.

Relatif aman untuk penderita diabetes

Gula aren cenderung mempunyai indeks glikemik rendah yang aman bagi penderita diabetes. Gula aren juga memiliki kandungan serat makanan yang disebut inulin, nutrisi ini dikenal mampu menjaga kadar gula darah.

Gula aren juga rendah fruktosa. Fruktosa adalah sejenis gula yang dengan cepat diubah tubuh menjadi trigliserida. Walaupun cenderung aman untuk penderita diabetes, konsumsi gula aren juga tak boleh berlebihan.

Nah itu dia berbagai manfaat yang dapat Moms rasakan dari gula aren. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Manfaat Daun Seledri yang Perlu Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like