Jeruk nipis adalah sumber antioksidan yang mampu melindungi tubuh serta mencegah atau menghentikan kerusakan oleh radikal bebas ataupun bahan kimia yang dapat merusak sel. Moms pasti akan mendapatkan jeruk nipis saat ingin mengonsumsi soto atau untuk dicampurkan dengan teh.

Nah, selain untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, lho. Penasaran apa saja manfaat jeruk nipis? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa saja manfaat jeruk nipis yang bisa Moms dapatkan?

1. Dapat membantu menurunkan berat badan

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Moms. Tubuh pun bisa membakar kalori lebih banyak serta menyimpan lebih sedikit lemak. 

Moms bisa memperoleh manfaat jeruk nipis yang satu ini dengan mengonsumsi segelas air jeruk nipis setiap pagi atau dengan menghisap potongan jeruk nipis sebelum makan.

Baca juga: Penyembuhan Demam Berdarah Menggunakan 3 Makanan Ini  

2. Dapat mencegah kerusakan sel tubuh

Manfaat jeruk nipis yang kedua yaitu mampu mencegah kerusakan sel tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh, yang dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit berbahaya seperti demensia, diabetes, serta kanker. 

3. Dapat meningkatkan sistem imun tubuh

Meningkatkan sistem imun tubuh merupakan salah satu manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Mengapa? Karena jeruk nipis mengandung banyak vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Moms. Selain itu, vitamin C juga bisa mempercepat proses sembuhnya luka. 

4. Baik untuk kesehatan kulit

Kandungan vitamin C didalam jeruk nipis diperlukan untuk produksi kolagen, yang dimana sangat baik untuk menjaga kulit Moms agar tetap kencang. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan pada jeruk nipis juga mampu mencegah terjadinya penuaan dini. 

Baca juga: Manfaat Buah Mengkudu yang Harus Moms Tahu

5. Dapat mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat jeruk nipis yang selanjutnya yaitu bisa membantu menurunkan tekanan darah, yang dimana merupakan faktor utama dari penyakit jantung. Selain itu dengan mengonsumsi jeruk nipis, Moms akan mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah. 

6. Membantu mencegah batu ginjal

Kandungan asam sitrat yang ada pada jeruk nipis mampu mencegah pembentukan batu ginjal. Orang yang rutin mengonsumsi buah sitrus seperti lemon dan jeruk nipis akan beresiko lebih rendah untuk mengalami gangguan batu ginjal. 

7. Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh karena berguna untuk mencegah terjadi anemia defisiensi besi. 

Nah, salah satu manfaat jeruk nipis yang bisa Moms dapatkan yaitu mampu meningkatkan penyerapan zat besi. Sehingga, Moms bisa terhindar dari anemia. 

8. Dapat mengurangi resiko kanker

Buah sitrus seperti jeruk nipis sudah dipercaya bisa membantu Moms dalam untuk menurunkan resiko munculnya jenis kanker tertentu. Manfaat jeruk nipis yang satu ini bisa diperoleh dari kandungan flavonoid yang ada pada jeruk nipis. 

9. Baik untuk otak

Kandungan zat kimia yang ada di dalam jeruk nipis mampu menjaga sel-sel otak sehingga terlindungi dari bahan-bahan berbahaya di dalam tubuh. Fungsi dari perlindungan ini akan membantu Moms agar terhindar dari penyakit otak seperti Parkinson serta Alzheimer. 

10. Mencegah terjadinya penyakit gusi

Mencegah terjadinya penyakit gusi adalah salah satu manfaat jeruk nipis yang bisa Moms dapatkan. Kekurangan vitamin C akan menyebabkan suatu kondisi yaitu scurvy. Penyakit ini akan ditandai dengan gusi bengkak, gigi goyang, serta pendarahan. Maka dari itu, dengan mengonsumsi jeruk nipis, Moms dapat mencegah terjadinya penyakit gusi ini. 

Baca juga: Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like