Jus wortel sudah terkenal sebagai salah satu sumber vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Tapi, apakah Moms tahu manfaat jus wortel selain untuk kesehatan mata? Ada beberapa manfaat yang bisa Moms ketahui dari jenis sayuran satu ini. 

Beberapa Manfaat Jus Wortel

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan dari jus wortel.

1. Dapat Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat jus wortel yaitu dapat menurunkan resiko kanker, lho. Kanker dapat berkembang ketika sel-sel abnormal terbentuk hingga berkembang biak secara tidak terkendali. Kandungan antioksidan yang ada pada wortel dapat membantu menghentikan kerusakan sel yang diakibatkan oleh sel kanker yang berkembang.

Jus wortel bisa digunakan selama 72 jam pada perawatan sel leukemia serta sel-sel kontrol non tumor yang dapat merangsang kematian sel. Selain itu, makanan yang mengandung betakaroten bisa menurunkan resiko terkena kanker prostat.

Kandungan karetenoid yang tinggi pada jus wortel berguna untuk menurunkan resiko kanker payudara secara keseluruhan. Menurut studi, kandung karetenoid juga bisa menurunkan resiko stres oksidatif serta peradangan di dalam darah. 

2. Dapat Mendukung Kehamilan yang Sehat

Manfaat jus wortel tentu juga bisa dirasakan oleh Moms yang sedang ada di masa kehamilan. Apabila meminum jus wortel selama masa kehamilan makan akan memperkuat tulang bayi di dalam kandungan dan juga mencegah cacat lahir yang dibantu oleh kandungan folat, kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin A.

Saat hamil, Moms membutuhkan 1000 mg kalsium per harinya. Ditambah, vitamin A dan C yang ada pada jus wortel berguna sebagai antioksidan selama kehamilan, yang dimana antioksidan ini berguna untuk melindungi sang ibu dan janin dari serangan radikal bebas serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna menurunkan resiko terkena infeksi.

3. Dapat Memperkuat Fungsi Otak

Manfaat jus wortel kali ini adalah bisa memperkuat fungsi otak. Kandungan beta-karoten pada jus wortel ternyata juga dapat memperkuat fungsi otak serta meningkatkan daya ingat. Karena stres oksidatif yang disebabkan oleh polusi udara serta faktor lainnya dapat memicu kerusakan sel otak dan saraf.

Kondisi tersebut dapat melemahkan sinyal saraf dan berkurangnya fungsi kognitif otak. Selain itu, zat beta-karoten berguna untuk mengurangi resiko demensia seiring bertambahnya usia.

4. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kandungan antioksidan pada wortel dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, peradangan, dan juga rusaknya sel. Manfaat jus wortel dalam memperkuat imun tubuh dikarenakan oleh vitamin C di dalamnya yang bisa mencegah serangan penyakit seperti flu.

5. Dapat Meningkatkan Metabolisme

Jus wortel berguna untuk meningkatkan sekresi empedu yang dimana bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, jus wortel termasuk minuman yang rendah kalori tapi mengenyangkan. Jadi, Moms bisa menjadikan jus wortel sebagai alternatif untuk program diet.

6. Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit ternyata merupakan salah satu manfaat jus wortel juga. Apabila Moms mempunyai riwayat masalah kulit, mengonsumsi jus wortel adalah pilihan tepat. Kandungan vitamin C pada wortel bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

Ditambah, kandungan beta-karoten di wortel dapat mengurangi peradangan kulit yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan. Kandungan ini juga efektif untuk melawan kerusakan kulit karena paparan matahari serta menjaga dan merawat kesehatan kulit. 

7. Dapat Menurunkan Kolesterol

Wortel mengandung sumber kalium yang baik. Orang yang sedang melakukan diet rendah kolesterol akan mengonsumsi makanan yang tinggi akan potasium. Sehingga, jika Moms mengonsumsi jus wortel secara rutin, maka akan membantu dalam menjaga kadar kolesterol di dalam darah. Apabila kadar kolesterol rendah, maka akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung serta stroke.

Moms disarankan untuk membuat sendiri jus wortel di rumah dibanding membeli di luar karena selain higienis, Moms juga dapat mengkreasikan jus wortel sesuai selera. Nah, setelah tahu beberapa manfaat jus wortel, apa Moms mau memasukkan minuman sehat ini ke dalam menu sehari-hari?

Baca juga: Manfaat Buah Nanas Bagi Pencernaan yang Sayang Untuk Dilewatkan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like