Kacang merah merupakan bahan pangan yang pastinya sering Moms temui sehari-hari. Biasanya digunakan untuk memasak sop, sayur, ataupun sebagai hidangan pencuci mulut. Moms juga bisa menemukan kacang merah dalam macam-macam jenis seperti es krim ,roti, puding, dan juga es susu kacang merah.

Namun, banyak orang yang belum tahu apa saja manfaat kacang merah bagi kesehatan. Ada beberapa manfaat yang bisa Moms ketahui. Apa saja manfaatnya?

Manfaat kacang merah bagi kesehatan

1. Dapat melancarkan pencernaan

Manfaat kacang merah untuk kesehatan yang pertama adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan yang tinggi pada kacang merah adalah serat. Di setiap 100 gram, kacang merah dapat menawarkan sekitar 13 gram serat larut dan tidak larut. Serat yang tidak larut ini sering ditemukan pada kulitnya, sementara serat larut banyak pada daging kacang.

Serat tidak larut ini berfungsi untuk mendorong makanan yang kita makan di dalam usus sehingga saluran pencernaan pun menjadi lebih lancar. Serat ini juga bisa membuang racun yang masih tersisa di dalam tubuh dan juga menjaga keasaman lambung Moms.

Hal ini dapat menghindari Moms dari masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Sementara serat larut akan larut dengan air dan mengikatnya menjadi kental seperti gel. Gel tersebut akan tinggal di dalam lambung untuk waktu cukup lama. Karena itu, perut Moms tidak akan dibiarkan kosong terlalu lama. Resiko terserang maag pun berkurang.

Selain itu, pada kacang merah juga terdapat kandung pati, sejenis karbohidrat kompleks yang memiliki sifat mirip dengan serat larut. Pada usus besar, pati akan berfungsi membantu berkembangnya berbagai bakteri baik. Bakteri ini dibutuhkan guna melawan macam-macam masalah pencernaan.  

2. Dapat menjaga kesehatan jantung

Moms bisa mendapatkan sekitar 20 g protein di setiap 100 g kacang merah. Itu bisa mencukupi 40% kebutuhan protein harian tanpa perlu mengkhawatirkan kolesterol atau kadar lemak jenuh naik, tidak seperti ketika mengonsumsi daging. Ditambah, serat larut yang ada pada kacang merah berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan juga jahat.

Manfaat kacang merah untuk kesehatan yaitu bisa mengendalikan tekanan darah. Kacang merah sendiri mengandung mineral yang bisa menekan kadar homosistein (zat pemicu penyakit jantung koroner) di dalam darah. Kacang merah juga bisa meringankan kinerja pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah ke jantung Moms.  

3. Dapat mengendalikan nafsu makan

Karena kaya akan protein, karbohidrat, dan juga serat larut, mengonsumsi kacang merah dapat membuat Moms menjadi kenyang lebih lama. Dengan begini, Moms tidak akan gampang tergoda untuk memakai makanan atau camilan lainnya. Apabila Moms sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, manfaat kacang merah yang ini tidak boleh dilewatkan.

4. Dapat mencegah diabetes

Manfaat kacang merah yang selanjutnya yaitu dapat mencegah diabetes. Kandungan serat pada kacang merah dapat membantu dalam menjaga glukosa agar tidak dilepas terlalu cepat di dalam darah. Sama halnya dengan karbohidrat kompleks.

Perbedaannya dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat komplek tidak akan cepat menghasilkan glukosa di dalam darah. Dengan begitu, kadar gula di darah Moms tidak akan naik secara tiba-tiba sehingga menyebabkan diabetes. Kacang merah juga memanfaat untuk mencegah resistensi insulin yang dapat memperparah kadar gula darah penderita diabetes.  

5. Dapat mencegah kanker

Mencegah kanker juga salah satu manfaat kacang merah. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pola makan tinggi serat dapat mencegah kanker, khususnya kanker payudara. Selain itu juga dapat mengurangi resiko kanker prostat hingga 50%.

Di setiap 100 g kacang merah, Moms bisa mendapatkan kebutuhan serat sebanyak 52% dalam sehari. Apabila rutin mengonsumsi kacang merah, Moms akan terhindar dari resiko kanker.

6. Dapat mencegah penuaan dini

Bukan hanya sebagai pencegah penyakit, manfaat kacang merah juga diketahui dapat menjaga keremajaan tubuh. Kandungan antioksidan pada kacang merah tinggi sampai melebihi antioksidan yang ada di beberapa sayuran dan buah-buahan.

Hal ini dikarenakan, apabila warna kacang merah semakin gelap, maka semakin tinggi pula antioksidannya. Kandungan antioksidan ini dapat mencegah radikal bebas dan juga kerusakan sel-sel tubuh yang menjadi faktor pemicu penuaan diri.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Infused Water yang Segar, dan Mudah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like