Moms mungkin tahu kan soal buah manggis yang menjadi populer di tahun-tahun belakangan ini karena iklan ekstrak kulit manggis yang sering tayang di televisi. Ternyata buah berwarna keunguan ini memiliki banyak manfaatnya.

Tidak hanya dagingnya, kulit manggis juga mempunyai manfaat, khususnya untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini. 

Manfaat kulit manggis yang perlu diketahui 

1. Sebagai anti alergi dan anti inflamasi

Menurut penelitian ilmiah, kulit manggis memiliki zat anti alergi dan anti inflamasi. Berdasarkan sebuah studi tersebut, kandungan yang ada dalam kulit manggis mampu memperbanyak zat prostaglandin serta khasiatnya yang lain terbukti berhasil untuk menghambat kadar histamin di dalam tubuh.

Prostaglandin sendiri berguna untuk meredakan peradangan, dimana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang menjadi mudah terkena alergi.

2. Untuk menurunkan kadar gula darah

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu bisa mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang dapat menyebabkan seseorang terkena kencing manis dini.

Sebuah studi dari Journal of Agricultural and Food menunjukkan bahwa kandungan kulit manggis, alpha-amylase, sebanding dengan zat acarbose yang fungsinya bisa menghambat enzim yang bisa menyebabkan pati di dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan ini sama dengan zat yang ada di dalam resep obat diabetes tipe 2.

Mengapa? Ini karena kemampuan menurunkan gula darah dari kulit manggis berasal dari asam tannic. Senyawa itu juga ada pada zam kompleks proantosianidin oligomer atau OPC. OPC ini banyak tersedia di buah-buahan, biji, bunga, serat kulit kayu, serta sayuran.

Selain itu juga, OPC yang ada pada kulit manggis mengandung zat antioksidan yang berlimpah. Nah, OPC ini mengandung zat antibakteri, antivirus, anti inflamasi, anti kanker, anti alergi, serta vasodilatasi. .

3. Sebagai obat jerawat

Kali ini, manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh adalah sebagai obat jerawat. Studi di Thailand menyatakan bahwa zat antioksidan yang terdapat pada kulit manggis dapat menghilangkan produksi reaktif oksigen yang dimana mengandung zat berbahaya. Dua faktor ini yang dapat memengaruhi tumbuhnya jerawat.

Ditambah, kulit manggis juga sangat efektif sebagai perlindungan radikal bebas Selain itu, kulit manggis berfungsi untuk menekan produksi sitokin pro inflamasi yang terlibat dalam peradangan kulit atau pembentukan jerawat.

4. Dagingnya yang kaya akan serat

Tidak hanya kulitnya, daging buah manggis juga sangat baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan pencernaan. Mengonsumsi buah manggis yang segar bermanfaat untuk masalah pencernaan serta menangkal sembelit, lho.

Dengan tidak langsung, apabila Moms mengonsumsi buah manggis, Moms juga akan meningkatkan asupan prebiotik yang dapat membantu bakteri probiotik menjadi berkembang di dalam usus. 

5. Dapat mencegah penyakit jantung

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah sebagai pencegah penyakit jantung. Kandungan kulit manggis mengandung sejumlah mineral seperti magnesium, tembaga, dan mangan.

Kalium adalah komponen yang penting dari sel dan cairan tubuh sebagai bantuan untuk mengontrol detak jantung serta tekanan darah. Dengan begitu, kulit buah manggis dapat memberikan perlindungan pada penyakit jantung koroner dan juga stroke. 

Baca juga: Ini Manfaat Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like