Manfaat Pada Yogurt yang Bisa Moms Temui

Manfaat Pada Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan dengan sumber probiotik yang tinggi. Probiotik merupakan bakteri baik yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Tapi, apakah Moms tahu manfaat lain dari yogurt? Mari cari tahu manfaat pada yogurt yang bisa Moms temui. 

Beberapa manfaat pada yogurt 

1. Dapat menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilansir dari WebMD menyatakan, orang dewasa yang biasa mengonsumsi yogurt sebanyak 2-3 porsi per harinya atau lebih, akan mengalami tensi darah hingga mencapai 50% dibanding mereka yang sama sekali tidak mengonsumsi yogurt.

Manfaat pada yogurt ini berasal dari kandungan kalium yang dapat mengurangi kelebihan natrium yang ada di dalam tubuh. Natrium merupakan kandungan mineral yang berguna untuk meningkatkan tekanan darah. Biasanya banyak ditemukan pada makanan dengan kandungan garam yang tinggi.

2. Merupakan sumber protein 

Manfaat pada yogurt yang bisa Moms temui yaitu yogurt sebagai sumber protein yang sangat baik. Protein merupakan kandungan mineral penting yang dibutuhkan dan digunakan saat menjalankan fungsi tubuh.

Itulah sebabnya, apabila seseorang kekurangan protein, mereka akan mengalami macam-macam gangguan misalnya rambut atau kuku yang rapuh, kesulitan untuk berpikir jernih, sampai hilangnya massa otot. Selain itu, protein juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah, lho. 

Namun, kadar proteinnya tidak akan sama di setiap jenis yogurt yang berbeda. Kandungan protein tertinggi pada yogurt ada pada jenis greek yoghurt. Di setiap 6 ons greek yogurt mengandung 15-20 gram protein. Itu setara dengan 3 ons daging tanpa lemak.

Sementara, yogurt biasa hanya mengandung 9 gram protein. Nah, bagi Moms yang membeli makanan, jangan lupa untuk mengecek label informasi gizi termasuk pada yogurt. 

3. Dapat mengganti energi setelah olahraga

Sering merasa lapar sehabis berolahraga? Apabila Moms ingin mengganjal perut tapi juga menghindari makan berlebihan, pilihlah yogurt. Salah satu manfaat pada yogurt yaitu dapat mengganti energi setelah olahraga. Karena, kombinasi karbohidrat dan protein yang ada pada yogurt bisa mengganti energi Moms yang terkuras sewaktu berolahraga. 

4. Membantu sistem pencernaan menjadi lancar

Sudah banyak orang yang tahu manfaat pada yogurt satu ini. Hal ini disebabkan karena kandungan probiotik pada yogurt, yaitu bakteri baik yang dapat membantu memusnahkan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi di usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.  

5. Dapat menjaga kesehatan tulang

Pada umumnya, yogurt mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang.  

Mengonsumsi yogurt dapat membantu Moms dalam pencegahan terjadinya osteoporosis. Karena yogurt mengandung vitamin D dan juga kalsium yang berguna untuk memperkuat tulang. Selain itu, vitamin D bisa membantu tubuh menyerap kalsium secara lebih baik.

Riset dari Marmara University mengemukakan bahwa mengonsumsi yoghurt tidak mengikis lapisan email gigi. DItambah, asam laktat yang ada pada yogurt berfungsi sebagai pelindung gusi dari infeksi.

6. Sebagai sumber vitamin serta mineral 

Yogurt kaya akan asupan vitamin B kompleks, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, zink, serta selenium. Kandungan vitamin B12 dalam yoghurt juga berguna untuk membantu sistem saraf Moms menjadi berfungsi secara baik serta pelindung dari penyakit jantung. 

7. Dapat memperkuat sistem imun

Memperkuat sistem imun adalah salah satu manfaat pada yogurt yang dapat Moms temui. Kandungan mineral dan gizi penting pada yogurt berguna untuk meningkatkan produksi sel T, yaitu salah satu sel darah putih pada tubuh yang berfungsi untuk melawan penyakit.

Moms cukup makan sekiranya 400 gram yogurt setiap harinya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi dan juga bakteri.

8. Dapat menurunkan berat badan

Yogurt sering disebut sebagai camilan sehat tanpa membuat gemuk. Ini dikarenakan oleh kandungan protein, kalsium serta probiotiknya yang menimbulkan produksi hormon anti lapar, misalnya seperti peptide YY dan GLP-1.

Itulah sebabnya Moms cepat kenyang setelah memakan yogurt dan tidak ada keinginan untuk makan lagi sampai waktu makan selanjutnya. Disarankan untuk memilih greek yogurt lebih padat kadar proteinnya.

Tidak hanya itu, manfaat pada yogurt yang bisa Moms ketahui adalah sebagai penyeimbang kadar kolesterol serta memelihara fungsi otot dan sistem saraf.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x