Susu kedelai memang akhir-akhir ini sering dibahas, khususnya di antara vegetarian. Kalsium yang terkandung di dalam susu kedelai memang masih jarang diketahui. Ternyata, susu kedelai memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

Manfaat dari mengkonsumsi susu kedelai antara lain mengurangi risiko kolesterol, kanker, dan obesitas. Dan susu kedelai juga mampu meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi masalah yang dialami setelah menopause.

Susu kedelai mempunyai sumber energi, protein, gula, serat, dan lemak baik. Termasuk di dalamnya memiliki kandungan berbagai mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berbagai manfaat susu kedelai

Kesehatan jantung

Susu kedelai memiliki kandungan protein yang diperlukan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang mempunyai keuntungan mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavone yang terdapat dalam susu kedelai berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Berbagai studi melakukan penelitian membandingkan susu kedelai dengan susu sapi dalam menurunkan tekanan darah. Dan dilaporkan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik daripada susu sapi pada pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang.

Pasien yang mengidap diabetes tipe 2, mengkonsumsi susu kedelai mempunyai efek yang baik untuk tekanan darah. Jadi, mengkonsumsi susu kedelai sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Mengurangi gejala post-menopause

Manfaat susu kedelai selanjutnya yaitu mampu mengurangi berbagai masalah kesehatan pada wanita setelah menopause. Berbagai penelitian mengemukakan bahwa isoflavone pada kedelai dapat menjaga kadar estrogen pada wanita menopause.

Sistem imun dapat tertekan setelah menopause karena efek penuaan dan berkurangnya estrogen. Isoflavone merupakan komponen yang memiliki kandungan bahan estrogenik dan antioksidan, sehingga dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh pada wanita pada periode ini.

Mencegah osteoporosis

Manfaat lain dari susu kedelai yaitu dapat mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis pada wanita post menopause. Osteoporosis adalah risiko yang dialami banyak wanita pada usia menopause. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan terjadinya penyakit tersebut.

Anti karsinogenik

Mengkonsumsi susu kedelai mempunyai manfaat untuk menurunkan risiko kanker prostat pada pria. Berbagai penelitian juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi susu kedelai untuk menurunkan risiko terjadinya kanker prostat. Serta kanker payudara yang memiliki hubungan dengan kadar estrogen juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi susu kedelai.

Anti oksidan

Efek antioksidan yang dimiliki isoflavone pada susu kedelai mempunyai manfaat yaitu untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Susu kedelai mempunyai efek anti oksidan dan pelindung hati yang mampu membantu menurunkan stress oksidatif dan kerusakan yang terjadi didalam tubuh.

Kerusakan sel karena stress oksidatif dipercaya merupakan penyebab utama dari penyakit kardiovaskular melalui oksidasi LDL dan kanker melalui DNA.

Pada manusia, isoflavone dipercaya dapat mencegah oksidasi LDL dan memperlambat kerusakan DNA. Sistem imun sendiri dipercaya dapat membentuk pertahanan untuk melawan penyakit karena penuaan. Wanita menopause memiliki risiko terhadap penyakit kronis yang berhubungan dengan proses penuaan dan hormon.

Isoflavone dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada populasi tersebut dan memperlambat kerusakan oksidatif DNA pada wanita setelah menopause.

Mencegah obesitas dan menurunkan kolesterol

Obesitas bisa saja terjadi pada pria maupun wanita setelah menopause. Isoflavone pada susu kedelai mempunyai efek hormonal yang mampu memperlambat adipogenesis yang dapat menurunkan pelebaran dari jaringan lemak. Hal ini juga mempengaruhi dalam menurunnya kadar LDL kolesterol dalam darah dan dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular.

Melancarkan pencernaan

Susu kedelai terbukti mempunyai banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Manfaat yang diperoleh dari susu kedelai ini didapatkan dari kandungan isoflavone yang terkandung di dalamnya. Isoflavone yang terdapat dalam susu kedelai juga baik dalam meningkatkan absorpsi usus yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Baca Juga: Kelebihan Susu Almond yang Tidak Dimiliki Susu Lainnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like