Terong adalah salah satu bahan makanan yang serbaguna. Cara mengolah bahan makanan yang satu ini juga bermacam, mulai dengan digoreng, disayur, sampai dijadikan sambal. Namun, apakah Moms tahu bahwa terong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Bukan hanya rasanya yang  lezat, Moms mempunyai 6 alasan mengapa harus rutin mengonsumsi terong. Cari tahu pada penjelasan di bawah ini. 

Beberapa manfaat terong bagi kesehatan tubuh Moms 

1. Dapat Mengontrol kadar gula darah

Manfaat terong bagi kesehatan yang pertama yaitu mampu mencegah kadar gula darah naik. Makanan yang memiliki serat yang tinggi seperti terong dapat membantu proses pencernaan menjadi lambat sehingga penyerapan gula pun juga melambat. 

Terong juga mempunyai kandungan polifenol yang merupakan antioksidan. Kandungan polifenol mampu membantu mengurangi penyerapan gula serta meningkatkan sekresi insulin. Sehingga, kadar gula darah pun akan tetap terkendali. 

2. Dapat mengontrol kolesterol

Menurunkan kadar kolesterol merupakan salah satu manfaat terong bagi kesehatan. Biasanya, makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah juga mampu untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kadar gula darah yang tinggi akan menyebabkan kadar kolesterol dan juga trigliserida meningkat. 

Kondisi ini disebabkan oleh insulin yang bukan hanya mempengaruhi metabolisme gula di dalam tubuh, namun juga pada metabolisme lemak. Terong yang dapat mengontrol kadar gula darah ternyata juga baik bagi Moms untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. 

3. Dapat menurunkan berat badan

Kalori yang rendah serta serat yang tinggi menjadikan terong ungu sebagai makanan ideal bagi Moms yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, Moms juga dapat menggunakan terong sebagai pengganti bahan makanan lain yang memiliki kalori lebih tinggi. 

Baca juga: Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Diet Moms

4. Dapat membantu mencegah kanker

Manfaat terong bagi kesehatan yang lainnya yaitu dapat membantu mencegah kanker. Terong ungu memiliki kandungan polifenol yang dipercaya mempunyai efek anti kanker. Sedangkan, komponen lain di dalam terong juga mampu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebass, sehingga dapat mencegah pertumbuhan sel tumor serta penyebaran sel kanker di dalam tubuh. 

5. Kulit menjadi lebih lembut dan bercahaya

Yang satu ini merupakan manfaat terong yang tentunya paling disukai Moms. Perlu Moms ketahui, terong ternyata dapat mengatasi permasalahan kulit kering dan juga kusam. Terong mengandung antioksidan serta terdiri dari 92% air. 

Maka, dengan mengonsumsi terong Moms dapat membantu melembabkan serta menutrisi kulit dari dalam. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu menangkal radikal bebas yang dapat membunuh sel-sel kulit Moms sehingga kulit pun kenyal dan terlihat lebih sehat. 

6. Dapat meningkatkan fungsi otak

Meningkatkan fungsi otak juga merupakan salah satu manfaat terong bagi kesehatan. Bukan hanya daging buahnya, kulit terong ternyata juga mengandung manfaat, lho. Kulit terong mengandung nasunin, yaitu zat antioksidan yang baik bagi kesehatan otak. Zat tersebut dapat melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas dan juga melancarkan proses distribusi gizi yang ada di dalam sel-sel tubuh.

Terdapat nutrisi lain di dalam terong, yaitu antosianin. Dengan rutin mengonsumsi terong, Moms akan lebih cekatan serta cepat dalam berfikir. 

Baca juga: Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Moms

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like