Jika Moms suka makan tomat yang sudah dimasak atau masih mentah, sebaiknya terus lakukan kebiasaan ini. Karena, tomat dipercaya mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat tomat bagi kesehatan? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa saja manfaat tomat untuk kesehatan?

1. Kesehatan jantung

Saat sedang mengiris tomat, Moms akan menyadari bentuk dalam irisan yang mirip dengan bilik-bilik jantung. Ternyata, kandungan yang ada pada tomat dapat menjaga kesehatan jantung, lho. Ada beberapa manfaat tomat bagi kesehatan khususnya jantung, diantaranya:

Likopen

Terdapat hubungan positif antara likopen dan kesehatan jantung. Karakteristik likopen terhadap lemak dipercaya dapat merusak lemak di dalam darah serta mengendalikan kadar lemak yang berlebihan di dalam darah, yang dapat memicu terhambatnya pembuluh darah. Selain itu, likopen juga mempunyai kemampuan untuk menurunkan trigliserida serta kolesterol jahat di dalam tubuh. 

Beta karoten

Orang yang mengonsumsi beta karoten yang tinggi dapat memperkecil resiko terkena sindrom metabolisme. Sindrom metabolisme merupakan suatu gangguan proses metabolisme tubuh yang ditandai dengan tingginya tekanan darah, gula darah, kadar gula di dalam darah serta besarnya lingkar pinggang. 

Vitamin C

Kadar vitamin C yang tinggi di dalam plasma darah mampu menurunkan peluang Moms untuk menderita penyakit jantung. 

2. Kesehatan tulang

Manfaat tomat bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tulang. Selain memiliki dampak positif untuk kesehatan jantung, likopen juga bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Kadar likopen yang tinggi di dalam tomat mampu menurunkan kesempatan Moms mengalami patah tulang. Maka, manfaat tomat untuk tulang yaitu mampu mencegah perkembangan osteoporosis pada tubuh Moms. 

Baca juga: Tidak Nafsu Makan? Ini Makanan yang Bisa Jadi Penyelamat!

3. Kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata merupakan salah satu manfaat bagi kesehatan yang dapat diperoleh. Ini dikarenakan oleh beta karoten yang ada pada tomat. Saat dicerna, beta karoten akan menjadi vitamin A. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin A yang menjadikannya kaya akan vitamin A. 

Vitamin A dapat meningkatkan produktivitas retina khususnya pada pencahayaan yang kurang serta dalam menginterpretasikan warna dan juga meningkatkan perkembangan mata. 

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat tomat bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Kombinasi pasta tomat serta minyak zaitun mampu melindungi kulit Moms dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari serta mendorong produksi pro-kolagen.

Seperti yang Moms ketahui, kolagen merupakan zat yang memberikan struktur untuk kulit serta menjadikan kulit kencang dan awet muda. 

Baca juga: Kurangi Konsumsi Jenis Seafood Ini Apabila Moms Punya Kolesterol Tinggi

5. Mengatasi sembelit

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan air, seperti tomat, akan membantu Moms melembabkan serta mendukung pergerakan usus yang normal. Selain itu, tomat juga sering dipakai sebagai buah pencahar. 

6. Baik dimakan ketika hamil

Manfaat tomat bagi kesehatan yang satu ini adalah baik untuk dimakan saat hamil. Moms memerlukan asupan folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan. Karena folat berguna untuk pertumbuhan sel serta DNA bayi yang ada di kandungan. 

Asam folat merupakan bentuk sintetis dari folat. Nah, ini tersedia di dalam suplemen namun Moms juga bisa memperolehnya dari tomat. 

7. Meningkatkan kesuburan pria

Meningkatkan kesuburan pria merupakan salah satu manfaat tomat bagi kesehatan. 

Likopen merupakan kandungan yang ada di dalam tomat. Kandungan ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan pria. Zat antioksidan di dalam tomat juga mampu menangkal radikal bebas masuk ke tubuh karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Makanan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan lemak dan kalori menumpuk, yang dimana mampu menurunkan kualitas sperma. 

Selain itu, likopen juga mampu meningkatkan jumlah sperma sampai 70%. Saat likopen masuk ke dalam tubuh, tubuh pun akan menyerap 20% hingga 30% dari total likopen yang masuk. 

Likopen akan tersebar ke beberapa bagian tubuh, dan yang paling banyak memperoleh likopen adalah testis, tempat sperma diproduksi. 

Cara memilih tomat yang baik 

Moms dapat memilih tomat segar yang kulitnya halus serta warnanya berkilau. Carilah tomat yang berwarna hijau, orange, atau merah. 

Selain itu, Moms juga dapat membeli tomat kalengan, saus, pasta tomat, atau yang telah dikeringkan. Produk olahan ini biasanya lebih banyak mengandung natrium untuk mengawetkan buah ini sendiri. 

Baca juga: Buah-buahan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like