Setelah berpuasa seharian, Moms pasti memerlukan gizi yang seimbang saat berbuka puasa. Bulan puasa adalah waktu yang tepat bagi Moms untuk memulai program hidup yang sehat. Oleh karena itu, untuk memulai hidup sehat, Moms dapat berbuka puasa dengan mengonsumsi makanan sehat. Nah, sebenarnya menu buka puasa apa saja yang sehat untuk dikonsumsi? Dapatkan jawabannya pada penjelasannya di bawah ini. 

1. Kurma

Kurma dapat dijadikan sebagai salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai pilihan menu buka puasa sehat dan juga praktis. Mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa merupakan sunnah Rasulullah. Buah kurma mengandung serat, zat besi, mineral, serta gula alami di dalamnya. 

Apabila Moms merasa sakit kepala atau pusing saat berpuasa, hal ini mungkin disebabkan oleh kadar gula darah yang rendah. Oleh karena itu, makanlah kurma minimal 3 buah sebagai menu buka praktis. 

2. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat dan akan membuat Moms merasa lebih cepat kenyang. Sehingga, memakan oatmeal sebagai menu buka puasa saat menjalani diet bisa Moms jadikan pilihan. Moms bisa menambahkan buah-buahan segar, madu, serta susu rendah lemak agar bisa memperoleh rasa yang beragam. 

3. Kolak biji salak

Moms dapat membuat kolak biji salak sebagai menu buka puasa. Kandungan karbohidrat pada ubi dapat mengembalikan tenaga yang terkuras setelah Moms berpuasa seharian. 

4. Sup

Menu buka puasa yang dapat Moms coba yaitu sup. Sup dengan sayuran segar dapat Moms kreasikan dengan menambahkan jamur, bakso, daging ayam, dan bahan lainnya. Sup memiliki manfaat yang dapat mengembalikan energi yang terkuras selama berpuasa. 

5. Kelapa muda

Kelapa muda dapat dijadikan pilihan yang paling mudah jika ingin melepas dahaga setelah berpuasa. Kandungan yang ada di dalam air kelapa muda mampu mengembalikan ion tubuh yang hilang.

Moms dapat mencampurkan es sehingga kelapa muda akan terasa lebih dan menambahkan gula merah jika ingin rasa yang lebih manis. 

6. Ikan bakar

Memilih ikan bakar sebagai salah satu menu buka puasa sangat bagus bagi Moms yang sedang menjalani diet. Ikan adalah lauk yang rendah lemak. Sebaiknya Moms jangan membakar ikan hingga terlalu gosong karena makanan gosong bisa menyebabkan resiko penyakit kanker lebih tinggi. 

7. Salad sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan makanan yang kaya akan serat dan juga vitamin. Dengan mengonsumsi sayur dan buah sebagai menu buka puasa, Moms dapat mengembalikan tenaga yang hilang setelah berpuasa. Mengonsumsi sayur dan buah juga tidak membuat perut menjadi terasa begah. Moms bisa membuat salad sayur dan buah yang sesuai dengan selera agar lebih bervariasi. 

Itulah menu buka puasa yang bisa Moms coba selama bulan Ramadhan. Berpuasa bisa membuat tubuh Moms menjadi lebih sehat, tetapi Moms juga harus memperhatikan makanan yang akan dipilih untuk berbuka puasa. 

Baca juga: Cara Membuat Salad Buah yang Simple serta Lezat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like