Diet sangatlah identik dengan tujuan menurunkan berat badan. Walaupun sebenarnya ada beberapa tujuan mengapa mereka menjalani diet sehat seperti membentuk tubuh atau meningkatkan berat badan.

Nah, untuk menjalaninya, Moms perlu mengonsumsi menu diet sehat tergantung dengan tujuan dari diet itu sendiri. Hal ini perlu diperhatikan karena akan menentukan hasil diet yang akan dicapai. 

Penasaran apa saja yang harus Moms konsumsi saat menjalani diet? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Apa saja jenis diet untuk menurunkan berat badan?

Sebelum mengetahui menu diet sehat, Moms harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis diet sehat yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa jenis diet sehat yang bisa Moms coba jika ingin menurunkan berat badan.

Diet vegan

Orang-orang yang melakukan diet vegan tidak akan mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan seperti telur, keju, yogurt, susu, daging, madu, mayones, serta produk turunan lainnya. Ada beberapa orang yang menjalani diet vegan mengaku bahwa mereka bukan hanya bertujuan untuk menjaga kualitas kesehatan atau menurunkan berat badan saja, namun juga ingin menjaga lingkungan dengan cara menghindari konsumsi produk hewani.

Diet keto

Diet sehat yang satu ini dilakukan dengan mengonsumsi menu makanan diet sehat tanpa karbohidrat atau rendah karbohidrat. Karena tidak ada asupan karbohidrat yang masuk, tubuh pun akan berada pada kondisi ketosis yang mengakibatkan gula darah drop dan lemak akan dijadikan sebagai sumber energi tubuh. Diet ini cocok untuk dilakukan orang-orang yang menderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Diet mayo

Diet sehat mayo dilakukan hanya dalam waktu dua minggu saja dan Moms akan memperoleh penurunan berat badan yang cukup signifikan. Pantangannya hanya mengonsumsi makanan yang digoreng dan juga garam. Selain itu, Moms juga perlu mengimbangi diet dengan rutin berolahraga serta minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari.

Diet south-beach

Diet south-beach bisa disebut sebagai diet sehat yang rendah karbohidrat. Jenis diet ini memprioritaskan makanan yang rendah akan karbohidrat serta tinggi protein dan lemak sehat.

Diet mediteranian

Kebanyakan makanan yang dikonsumsi oleh orang yang menjalani jenis diet sehat satu ini yaitu berupa tanaman seperti buah, sayuran, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, serta kentang. Orang yang menjalani diet mediteranian tetap mengonsumsi telur, keju, susu, serta yogurt, tetapi dalam porsi sedikit.

Mengonsumsi ikan atau jenis seafood yang lain juga dilakukan dua kali dalam seminggu. Moms sangat disarankan untuk mengonsumsi lemak sehat saat melakukan program diet sehat yang satu ini. Moms tetap boleh mengonsumsi gula dan daging merah tetapi hanya sesekali. 

Baca juga: Manfaat Rajin Minum Jus Seledri yang Wajib Moms Ketahui

Apa menu diet sehat alami yang perlu dikonsumsi?

Apabila Moms kesulitan untuk memilih satu dari beberapa jenis diet di atas atau hanya ingin menjaga kesehatan tanpa memiliki target untuk menurunkan berat badan, Moms cukup menjalankan pola makan yang sehat setiap harinya. 

Konsumsi menu diet sehat alami pada porsi yang seimbang dan hindari konsumsi makanan yang tidak sehat. Di bawah ini makanan yang dapat Moms konsumsi sehari-hari, diantaranya:

Sayuran

Sayuran tentunya termasuk ke dalam menu diet sehat alami yang wajib dikonsumsi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin, mineral, serat di dalamnya. Selain itu, sayuran juga tidak menganduk lemak sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi Moms yang sedang melakukan diet.

Beberapa jenis sayuran sangat baik untuk dikonsumsi secara mentah, namun ada juga sayuran yang baik untuk dikonsumsi saat sudah dimasak, misalnya tomat. Tomat mengandung lycopene yang justru mudah diserap oleh tubuh apabila sudah melewati proses pemanasan.

Buah-buahan

Makanan yang termasuk ke dalam menu diet sehat selanjutnya adalah buah-buahan. Buah-buahan mengandung mineral, vitamin, dan juga serat yang tinggi sehingga membantu menjaga kesehatan tubuh serta melancarkan sistem pencernaan.

Mengonsumsi buah yang paling baik yaitu dengan mengonsumsinya secara langsung setelah dipotong-potong. Namun, jika Moms kurang suka mengonsumsi buah dalam bentuk potongan, Moms bisa mengolahnya menjadi jus. Moms juga perlu menghindari penggunaan gula agar tidak menambah asupan kalori.

Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh juga termasuk ke dalam menu diet sehat, lho. Makanan yang satu ini kaya akan kandungan vitamin, serta dan juga protein di dalamnya. Selain jagung dan gandum utuh, Moms juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan. Hindari penggunaan gula, garam, serta mengolahnya dengan minyak atau sumber lemak yang lain agar kesehatan jenis makanan ini tetap terjaga.

Daging tanpa lemak

Daging adalah sumber protein yang terbaik bagi tubuh. Hanya, menu diet sehat yang satu ini dapat berubah menjadi makanan yang jahat apabila Moms menyertai lemak daging serta lemak tambahan di dalam penyajiannya.

Oleh karena itu, pilihlah daging yang tanpa lemak dan hindari mengolahnya menggunakan mentega ataupun minyak supaya tidak menambah kandungan lemak jahat.

Oatmeal

Oatmeal kaya akan kandungan serat yang bisa membantu penyerapan lemak di dalam tubuh. Maka dari itu, menu diet sehat yang ini sangatlah baik untuk dikonsumsi ketika perut masih kosong di pagi hari.

Moms bisa mencampur oatmeal dengan buah-buahan yang segar serta susu rendah lemak guna memperkaya rasa dan juga kandungan nutrisi. Tetapi, hindari penggunaan gula yang berlebihan agar kalorinya tidak bertambah.

Ikan

Menu diet sehat satu ini kaya akan kandungan omega-3 serta protein yang baik untuk tubuh. Meskipun menganduk lemak, ternyata lemak dalam ikan merupakan lemak sehat yang bisa membantu melawan lemak jahat di dalam tubuh.

Tetapi, Moms harus mengolah ikan dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus tanpa menggunakan minyak agar tetap bisa memperoleh manfaat sehat dari ikan. 

Baca juga: Cara Membuat Salad Buah untuk Dikonsumsi Saat Diet

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like