Nasi merah sering dikonsumsi orang-orang yang sedang diet karena nasi merah dianggap mampu untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya apa alasan nasi merah lebih sehat dari nasi putih?

Apa saja kandungan gizi yang membuat nasi merah lebih sehat dari nasi putih?

Nasi merah sering digunakan untuk mengganti nasi putih sebagai makanan pokok. Bahkan tidak jarang dijadikan sebagai asupan utama bagi orang-orang yang sedang diet ataupun sedang menjalani pola hidup sehat.

Lalu apakah Moms tahu perbedaan dari segi kandungan gizi apa yang membuat nasi merah lebih sehat dari nasi putih? Berikut ini penjelasannya. 

1. Mengandung serat yang lebih tinggi

Beras merah adalah salah satu jenis beras yang sangat bernutrisi, lho. Hal ini disebabkan karena proses produksinya dilakukan tanpa pembuangan kulit. Dalam satu gelas beras merah terdapat 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 218 kalori, 45.8 gram karbohidrat, serta 3.5 gram serat. 

Sedangkan beras putih, pada porsi yang sama, mengandung 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 242 kalori, 53.2 gram karbohidrat, serta 0.6 gram serat. Kandungan serat pada beras merah lebih tinggi dibanding beras putih, yang dimana ini merupakan alasan nasi merah lebih sehat dari nasi putih.

2. Mengandung lebih banyak vitamin

Alasan nasi merah lebih sehat dari nasi putih yang selanjutnya yaitu nasi merah mengandung lebih banyak vitamin. Beras merah adalah sumber vitamin B6, niacin, dan juga thiamine yang baik. Di dalam satu porsi beras merah terdapat 0.3 mg kandungan vitamin B6, 2.6 mg niacin, serta 0.2 mg thiamine. 

Beberapa beras putih yang ada di pasaran menambahkan vitamin B yang biasanya hilang saat masa pengolahan., Vitamin B sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut serta kulit.

3. Kaya akan mineral

Pada satu porsi beras merah bisa memberikan kandungan magnesium sebanyak 86 mg  dan juga kandungan fosfor sebanyak 150 mg. Sedangkan beras putih hanya memberikan kandungan magnesium sebanyak 24 mg dan kandungan fosfor sebanyak 69 mg. Dan kandungan magnesium ini penting untuk menjaga fungsi jantung, saraf, serta imunitas. 

Sementara kandungan fosfor dibutuhkan tubuh untuk menjaga fungsi tulang, gigi, dan juga ginjal. Inilah alasannya mengapa nasi merah lebih sehat untuk dikonsumsi.

4. Indeks glikemik yang lebih rendah sehingga baik untuk mengontrol gula darah

Apabila Moms mengonsumsi beras merah maka akan memiliki kadar gula darah lebih rendah setelah makan dibanding ketika mengonsumsi beras putih. Inilah alasan lain kenapa nasi merah lebih sehat dari nasi putih.

Hal ini disebabkan karena indeks glikemik pada beras merah lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Karena kandungan polifenol, serat, dan juga phytic acid yang ada pada beras merah lebih tinggi.

Jika indeks glikemik pada sebuah makanan terbukti rendah, maka makanan tersebut lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi orang yang menderita diabetes. Apabila Moms mengganti nasi putih dengan nasi merah, maka resiko terkena diabetes pun menurun.

5. Mengandung lebih sedikit kalori

Alasan yang menyebabkan nasi merah lebih sehat dari nasi putih adalah karena mengandung lebih sedikit kalori. Moms dapat menurunkan berat badan jika mengganti nasi putih dengan nasi merah karena nasi merah mengandung lebih sedikit kalori.

Ditambah, nasi merah mempunyai kadar serat lebih tinggi dan bisa membuat Moms lebih cepat merasa kenyang sehingga tidak makan secara berlebihan. 

Tapi, Moms tidak akan menjadi langsing hanya dengan mengonsumsi nasi merah ini. Moms perlu mengurangi konsumsi kalori serta membakar kalori dengan cara berolahraga.

Baca juga: Olahraga Pagi atau Malam, Lebih Sehat yang Mana?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Hesty

Nice info

You May Also Like