Di tengah wabah virus Corona ini, Moms sebaiknya mengonsumsi makanan penambah daya tahan tubuh. Karena sistem imun yang kuat dipercaya dapat mencegah berbagai macam virus penyakit. 

Sistem imun tubuh mampu melawan virus-virus penyakit dari luar. Dan jika sistem imun tubuh Moms rendah, virus pun akan mudah menyerang tubuh untuk dijadikan sebagai tempat berkembangnya penyakit. 

Moms dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan beristirahat yang cukup, olahraga, serta konsumsi makanan yang bergizi. 

Nah, berikut ini beberapa makanan bergizi yang bisa Moms konsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh. 

Beberapa makanan bergizi sebagai penambah daya tahan tubuh 

1. Jeruk

Penambah Daya Tahan Tubuh

Buah jeruk sudah terkenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C di dalamnya mampu membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan bibit penyakit. 

Namun, vitamin C tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Oleh karena itu, Moms perlu mengonsumsi kelompok buah citrus seperti jeruk, lemon, limau, dan jeruk nipis sebagai makanan penambah daya tahan tubuh. Buah-buahan tersebut merupakan sumber vitamin C terbaik. 

2. Brokoli

Penambah Daya Tahan Tubuh

Makanan penambah daya tahan tubuh selanjutnya yaitu brokoli. Sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Brokoli memiliki kandungan vitamin A, C, E, dan juga antioksidan yang mampu melawan sumber penyakit. 

Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya mampu mencegah proses oksidasi serta radikal bebas pada sel dan juga organ tubuh. Antioksidan akan membantu organ tubuh tetap kuat dan bisa menangkal penyakit. 

Baca juga: Penting Diketahui! Inilah Perbedaan Gejala Virus Corona dengan Flu Biasa

3. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu makanan penambah daya tahan tubuh. Jenis makanan yang satu ini dapat membantu Moms meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan senyawa sulfur di dalamnya. Senyawa sulfur berguna untuk sistem imun tubuh. 

Bukan hanya itu, bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah serta memperlambat pengerasan pembuluh darah. Dengan selalu menambahkan bawang putih ke dalam makanan, Moms bisa memperkuat sistem imun tubuh. 

4. Jahe

Penambah Daya Tahan Tubuh

Moms juga dapat mengonsumsi jahe sebagai penambah daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan jahe yang mampu membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Selain itu, jahe juga bisa meredakan penyakit kronis serta menurunkan kadar kolesterol. 

Cara mengonsumsi jahe, Moms hanya perlu meminum air rebusan atau menjadikannya sebagai bumbu makanan. 

5. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan tuna merupakan kelompok ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3. Nutrisi asam lemak omega-3 ini baik untuk tubuh dalam melawan berbagai penyakit. 

Asam lemak omega-3 mampu melawan peradangan, penyakit autoimun, serta mengatasi gejala sindrom metabolik. 

Kelompok ikan berlemak ini dapat dikonsumsi sebagai makanan penambah daya tahan tubuh karena makanan yang bernutrisi tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah penyebaran virus. 

Baca juga: Makanan Penambah Darah yang Perlu Dikonsumsi Jika Kekurangan Darah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like