Ada banyak pilihan makanan diet sehat yang dapat Moms konsumsi untuk membantu mempercepat proses penurunan berat badan, dan juga tetap menjaga kesehatan tubuh dengan memastikan kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi.

Pola makan yang sehat dan seimbang akan membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Namun jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, maka metabolisme tubuh akan menurun sehingga Moms jadi lebih gampang sakit dan akan mengalami perubahan berat badan secara drastis. Hal tersebut bukannya membantu Moms untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat, namun malah menjadikan tubuh Moms menjadi lebih lemah terhadap serangan penyakit.

Apa itu diet?

Seperti dilansir dari takingcharge.com kebanyakan dari kita akan mengartikan diet sebagai tindakan untuk mengurangi porsi makan guna mengurangi berat badan. Arti diet yang sesungguhnya adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh kita setiap hari, dan kondisi mental dan fisik yang berhubungan dengan pola makan kita.

Nutrisi yang dimasukan ke dalam tubuh kita akan sangat berpengaruh dalam kualitas hidup kita. Tidak hanya itu, bahkan dapat mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan orang-orang yang berada di dekat kita.

Seringkali kita menganggap bahwa diet hanya tentang menurunkan berat badan

Jadi langkah pertama yang harus Moms lakukan sebelum memutuskan apakah akan menurunkan atau menaikan berat badan adalah menganalisa kembali makanan dan minuman yang sering dikonsumsi setiap harinya. Apakah Moms terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, gula, atau makanan lain yang berpotensi untuk mengganggu kesehatan Moms dalam jangka panjang?

Ada baiknya juga Moms melihat pilihan makanan diet sehat di bawah ini untuk dijadikan referensi.

Pilihan makanan diet sehat

1. Ikan

Pilihan makanan diet sehat
ikan, dapat membantu diet sehat

Moms juga dapat mengonsumsi ikan sebagai pilihan makanan diet sehat. Ikan diketahui memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, bahkan nutrisi yang terkandung di dalam ikan lebih baik dibandingkan nutrisi yang terkandung di dalam daging merah ataupun ayam.

Kandungan lemak baik omega-3 dalam ikan dapat membantu Moms menurutkan berat badan. Biasanya kandungan lemak baik ini ada di dalam ikan perairan laut dalam seperti, salmon, tuna, dan makarel.

Memakan ikan juga diketahui dapat memberikan manfaat kesehatan yang lain seperti mencegah penyakit jantung, merangsang pertumbuhan otak dan tulang, memperkecil resiko terkena alzheimer, menurunkan resiko diabetes tipe 1, dan bahkan bisa mengurangi resiko terkena depresi.

Supaya manfaat ikan lebih optimal, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng.

2. Oatmeal

Pilihan makanan diet sehat
oatmeal, salah satu pilihan makanan sehat

Oatmeal adalah salah satu pilihan makanan sehat yang paling sering dijadikan pilihan saat diet. Hal ini karena oatmeal mengandung serat tinggi dan punya indeks glikemik rendah.

Oatmeal terbuat dari tanaman haver dan di luar negeri lebih terkenal dengan sebutan havermut. Oatmeal sendiri kaya akan kandungan serat dan juga bebas lemak jenuh, sehingga bagus sekali untuk pencernaan tubuh sekaligus menjaga berat badan.

Kandungan  protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang terdapat di dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga membuat Moms tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolestrol serta  gula darah tetap normal. Oleh karena itu, untuk menu sarapan program diet Moms, oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Brokoli

Brokoli mempunyai segudang manfaat kesehatan
brokoli, salah satu pilihan makanan diet sehat

Moms bisa mengandalkan brokoli sebagai salah satu pilihan makanan diet sehat. Hal ini disebabkan karena brokoli rendah kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Sayuran yang satu ini juga mampu membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kandungan nutrisi di dalam brokoli yang bisa Moms dapatkan manfaatnya:

  • Magnesium, fosfor, zinc, kalsium, mineral, dan zat besi
  • Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, Vitamin K
  • Protein, Air, dan Folat
  • Karbohidrat kompleks

Dengan beragam kandungan baik yang ada, manfaat brokoli yang bisa didapatkan bagi tubuh Moms adalah:

  • Mencegah penyakit jantung
  • Memelihara kesehatan pembuluh darah
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kepadatan tulang
  • Menurunkan resiko kanker
  • Mencegah penuaan dini

4. Putih telur

Pilihan makanan diet sehat
putih telur, salah satu pilihan makanan diet sehat

Tidak seperti kuning telur, putih telur mengandung protein tinggi namun rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet Moms. Biasanya putih telur dikonsumsi oleh para binaragawan sebagai pilihan menu diet sehat. Di dalam putih telur terdapat kandungan 10% protein, dan 90% air. Selain itu, putih telur juga diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi namun disertai kandungan kalori yang rendah sehingga dapat membantu diet Moms.

Meski perbedaan kandungan protein antara kuning dan putih telur tak begitu besar, yang membedakan keduanya adalah kualitasnya. Protein yang ditemukan dalam putih telur adalah protein kompleks yang mempunyai kualitas yang tinggi.

Protein kompleks sendiri mempunyai kandungan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Ditambah lagi, pilihan makanan sehat ini tak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai diabetes.

5. Camilan rendah kalori

Cemilan rendah kalori dapat membantu diet sehat
cemilan rendah kalori dapat membantu diet sehat

Moms tidak perlu meninggalkan kebiasaan untuk makan camilan, akan tetapi, pastikan jika camilan yang Anda konsumsi memang rendah kalori dan tak mengandung gula tinggi. Saat ini pilihan camilan sehat cukup banyak tersedia di pasaran sebagai pilihan makanan sehat.

Selalu periksa label nilai gizi yang tertera dalam kemasan makanan sebelum Moms membeli camilan sehat. Perhatikan dengan cermat besaran kandungan gula, lemak, serta kalori yang terdapat di dalam camilan tersebut.

6. Apel

Apel mempunyai banyak manfaat kesehatan
Aapel, salah satu pilihan makanan diet sehat

Apel merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi orang ketika sedang diet. Buah satu ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha Moms dalam menurunkan timbangan berat badan.

Satu buah apel diketahui mempunyai kandungan sekitar 95 kalori, yang sebagian besarnya berasal dari kandungan karbohidrat. Meski mengandung kalori yang cukup tinggi, apel merupakan buah yang bebas lemak, natrium, dan kolesterol.

Serat yang terkandung di dalam apel adalah serat larut air yang ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Ini berarti Moms bisa jadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, untuk mencegah Moms mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan.

Selain konsumsi makanan diet yang sehat

Dengan segudang manfaat yang didapatkan dari pilihan makanan diet sehat di atas, dijamin Moms dapat cepat menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, jangan lupa untuk diiringi dengan gaya hidup yang sehat dan juga rutin berolahraga agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Minum air putih

Selain jenis makanan yang disebutkan di atas, satu faktor penting yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita adalah dengan meminum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya. Kita disarankan untuk meminum setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya, atau 2 liter. Namun Moms harus juga melihat kegiatan Moms setiap hari, apakah hari itu Moms melakukan banyak kegiatan yang akan membuat Moms membutuhkan lebih banyak konsumsi air putih.

minum air putih dengan porsi cukup akan memberikan dampak kesehatan yang bagus

Terdapat banyak manfaat jika Moms meminum air putih dengan jumlah cukup setiap harinya. Seperti dilansir dari accesshealthla.org berikut adalah manfaat yang akan Moms dapatkan:

  • Meningkatkan energi dan menghilangkan kelelahan yang dialami tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan dengan menghilangkan rasa lapar dan juga meningkatkan metabolisme tubuh
  • Menghilangkan racun yang mengendap di dalam tubuh
  • Menjaga kecerahan kulit. Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membantu mencegah penuaan dini lho Moms!
  • Membantu proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit

So, dari sekian banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjaga pola makan dan minum secara konsisten, jangan lagi tunggu besok ya untuk memulai dietnya Moms.

Baca juga: Sedang Diet? Konsumsi Makanan Rendah Kalori Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like